Canon Luncurkan Generasi Kedua DSLR Full-Frame EOS 6D

Juga merupakan DSLR full-frame pertama yang dibekali layar sentuh fleksibel

Canon EOS 5D mungkin adalah salah satu DSLR full-frame terpopuler, sekaligus yang paling digandrungi oleh kalangan pengguna DSLR Canon sendiri. Namun di tahun 2012, Canon mengumumkan EOS 6D yang dimaksudkan untuk menjembatani migrasi pengguna DSLR APS-C ke full-frame, dan kini penerusnya sudah tiba.

Canon EOS 6D Mark II sangatlah mirip dengan pendahulunya. Akan tetapi jangan tertipu penampilannya, sebab hampir semua pembaruannya tersembunyi di dalam. Yang paling utama adalah sensor full-frame baru beresolusi 26,2 megapixel, naik dari 20,2 megapixel milik 6D generasi pertama.

Tak cuma naik resolusinya saja, rentang ISO yang didukung pun kini berada di angka 100 - 40000, naik dari batasan pendahulunya, yakni 25600. Dipadukan dengan prosesor DIGIC 7, hasil foto 6D Mark II sudah pasti lebih baik ketimbang versi pertamanya.

Performanya pun ikut meningkat; 6D Mark II dibekali sistem autofocus 45 titik yang kesemuanya bertipe cross-type. Jumlah ini lebih banyak empat kali lipat dibanding 6D lawas yang hanya memiliki 11 titik AF cross-type. Sistem Dual Pixel CMOS AF juga siap dimanfaatkan dalam sesi perekaman video.

Sayang sekali resolusi video maksimum yang bisa ditangkap hanya 1080p 60 fps. Kalau Anda mengincar video 4K, Anda harus naik pangkat lagi ke 5D Mark IV. Masih seputar performa, 6D Mark II siap memotret secara konstan secepat 6,5 fps dalam posisi Continuous AF aktif – naik dari 4,5 fps pada 6D orisinil.

Selebihnya, Anda mendapatkan kamera yang hampir identik, terkecuali bagian layarnya. LCD 3 inci milik 6D Mark II ini ternyata sudah dilengkapi panel sentuh, dan bisa dilipat maupun diputar sesuai kebutuhan. Di kategori DSLR full-frame, layar semacam ini yang dibekali panel sentuh tergolong amat langka.

Bodi 6D Mark II sendiri diklaim siap beroperasi di cuaca tidak bersahabat. Konektivitas seperti Wi-Fi, NFC, Bluetooth maupun GPS turut hadir melengkapi performa dan kualitas gambar menawan yang dijanjikannya.

Canon 6D Mark II bakal tersedia di pasaran mulai akhir bulan Juli ini seharga $1.999 (body only) – jauh lebih ramah kantong ketimbang 5D Mark IV. Ada dua bundel lensa yang ditawarkan: $2.599 bersama lensa 24–105mm f/3.5–5.6 STM, atau $3.099 bersama lensa 24–105mm f/4L IS.

Sumber: PetaPixel dan Canon.