24 July 2013

by Iqbal Farabi

Canonical Buka Penggalangan Dana untuk "Superphone" Ubuntu Edge

Langkah menarik dilakukan oleh Canonical baru-baru ini. Dalam upayanya untuk mengembangkan sebuah produk perangkat flagship bagi sistem operasi Ubuntu untuk perangkat mobile, Canonical membuka penggalangan dana melalui situs crowdfunding Indiegogo. Penggalangan dana ini ditujukan untuk mengembangkan produk yang mereka sebut sebagai "superphone" dengan nama Ubuntu Edge.

Tentunya untuk mengklaim julukan "superphone" tadi, Canonical perlu mempersiapkan perangkat yang memiliki keunggulan dibandingkan perangkat-perangkat ponsel pintar yang sudah ada saat ini. Paling tidak, dari segi spesifikasi di atas kertas, Canonical menjanjikan bahwa Ubuntu Edge akan memiliki kemampuan yang setara dengan komputer personal. Spesifikasi tersebut diantaranya adalah memori RAM sebesar 4 GB, kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB, serta prosesor "multi-core tercepat yang tersedia".

Tidak berhenti di sana, perangkat berukuran 4,5 inci ini nantinya akan memiliki layar berbahan dasar kristal safir yang dikatakan hanya bisa tergores oleh berlian. Sayangnya, untuk kamera Ubuntu Edge hanya menggunakan spesifikasi standar untuk ponsel pintar flagship yakni kamera belakang beresolusi 8 megapiksel dan kamera depan beresolusi 2 megapiksel.

Dengan spesifikasi teknis seperti yang disebutkan tadi, Ubuntu Edge dirancang sebagai perangkat yang bisa beroperasi sebagai komputer personal. Dengan ketersediaan port HDMI, Ubuntu Edge bisa terhubung layar monitor. Tinggal ditambahkan keyboard, maka Ubuntu Edge akan berperan sebagai CPU.

Belum cukup, Ubuntu Edge pun bisa menjalankan lebih dari satu sistem operasi dengan model dual boot. Selain sistem operasi Ubuntu sendiri, Ubuntu Edge bisa menjalankan sistem operasi Android. Strategi yang menurut saya sangat menarik mengingat Android saat ini memiliki jumlah pengguna terbesar di pasar sistem operasi mobile.

Tentunya butuh dana yang tidak sedikit untuk mengembangkan perangkat semacam ini. Untuk itu, Canonical menargetkan penggalangan dana yang cukup fantastis untuk pengembangan Ubuntu Edge. Tak kurang dari 32 juta dolar AS ditargetkan oleh Canonical. Saat tulisan ini ditulis, dengan sisa waktu penggalangan dana masih 29 hari lagi, Canonical sudah berhasil mengumpulkan 3,6 juta dolar AS.

Tertarik dengan Ubuntu Edge? Kunjungi halaman penggalangan dana perangkat ini di situs Indiegogo pada tautan iniย atau simak video dari CEO Canonical, Mark Shuttleworth, berikut ini.

[youtube id="eQLe3iIMN7k" width="620" height="360"]