Categories

Game

Capcom Pertimbangkan Untuk Menggarap Lebih Banyak Game Remake?

Developer yakin Resident Evil 2 akan menjadi game yang terjual jutaan kopi, apalagi respons khalayak pada penyingkapannya di E3 2018 sangat positif.

Yoga Wisesa - 3 August 2018

Dengan yang arahan tepat, nostalgia bisa dijadikan senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan produk. Sebagai buktinya, penjualan NES dan SNES Classic Edition laris manis, lalu remake Shadow of the Colossus menjadi kandidat game terbaik di tahun ini. Contoh lainnya: remake Resident Evil 2 yang Capcom pamerkan di E3 2018 menyabet penghargaan Best of Show di Game Critics Awards.

Dan ada peluang besar Resident Evil 2 bukanlah judul terakhir yang dibangun ulang oleh developer dari Jepang itu dan dihidangkan buat para pemilik platform game current-gen. Berdasarkan laporan keuangan yang diungkap perusahaan di tanggal 30 Juli kemarin, Capcom menunjukkan kepercayaan diri mereka terhadap pendekatan ini. Di waktu ke depan, perusahaan kemungkinan akan merilis lebih banyak permainan remake.

Menjawab pertanyaan seorang investor terkait ekspektasi perusahaan terhadap penjualan Resident Evil 2 dan langkah remake pada judul lain, Capcom menjelaskan bahwa permainan tersebut merupakan salah satu ‘judul besar’ mereka. Developer yakin Resident Evil 2 akan menjadi game yang terjual jutaan kopi, apalagi respons khalayak pada penyingkapannya di E3 2018 sangat positif.

Demi menjamin kesuksesan Resident Evil 2, Capcom tengah fokus pada strategi promosi. Karena dibangun berdasarkan game yang telah ada, developer tak perlu lagi memikirkan setting serta cerita, dan bisa mengerahkan sumber daya buat menciptakan ulang asetnya. Jumlah modal yang Capcom gunakan kabarnya setara dengan pengembangan permainan Resident Evil sebelumnya.

Terkait remake dan perilisan ulang di masa yang akan datang, Capcom bilang mereka sedang melakukan eksplorasi terhadap sejumlah franchise. Hal ini merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam memanfaatkan IP-IP miliknya.

Menariknya lagi, ada dampak unik dari pengumuman yang Capcom lakukan di E3 2018, khususnya Resident Evil 2 dan Devil May Cry 5. Sejak pengungkapan dua permainan ini, terdapat kenaikan pembelian game-game sebelumnya di seri tersebut – salah satunya adalah DmC: Devil May Cry. Capcom berencana untuk menerapkan strategi marketing buat ‘menstimulasi’ pembelian konsumen lebih jauh lagi.

Ada satu alasan lain mengapa Capcom yakin pada strategi remake dan ‘rerelease‘ yang mereka ambil: kesuksesan tak terduga dari Street Fighter 30th Anniversary Collection. Developer tidak mengeluarkan terlalu banyak modal dalam menggarap game yang disiapkan buat merayakan ulang tahun Street Fighter ke-30 itu, namun sambutan media ternyata cukup positif, dan jumlah penjualannya melampaui dugaan.

Resident Evil 2 sendiri sudah punya jadwal rilis, akan meluncur pada tanggal 25 Januari 2019 di Windows, Xbox One dan PlayStation 4.

Via IGN.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter