Categories

Interview

Caping Ramaikan Ranah Aplikasi Mobile News Reader di Indonesia

Sudah tersedia pada perangkat Android dan iOS

Adjie Priambada - 3 December 2015

Laju pertumbuhan teknologi yang cepat telah membawa banyak perubahan pada gaya hidup, contohnya dalam membaca berita. Berbeda dengan 10 tahun lalu, kini membaca berita sudah dapat dilakukan melalui perangkat bergerak seperti ponsel pintar. Meski di Indonesia sudah mulai ramai pasarnya, namun pemain baru tetap saja bermunculan di segmen aplikasi pembaca konten berita. Salah satunya adalah Caping yang merupakan besutan PT Englory InterTech.

Product Development Manager Caping Vivi Wiryadinata mengatakan, “Beberapa tahun lalu masyarakat masih suka menggunakan Personal Computer (PC) untuk mencari informasi. Sekarang, Indonesia sudah memasuki era smartphone. […] Namun, kami menyadari adanya batasan. Misalnya, mengunjungi situs akan memakan banyak data, penampilan situs yang belum dioptimasi untuk tampilan smartphone akan sangat terbatas. Karena itulah Caping hadir dan berdiri di sisi masyarakat sebagai aplikasi baca yang didukung dengan sistem teknologi canggih.”

“Di Caping, user dapat mengatur kategori berita menurut kesukaan dan kebutuhan mereka. Maka, hanya kategori berita yang mereka pilih saja yang akan muncul di newsfeed user. Mereka tidak perlu lagi repot-repot membuka laman situs atau portal berita. Cukup dengan aplikasi Caping saja mereka sudah dapat update informasi dan isu-isu yang sedang hangat,” lanjutnya.

Caping sendiri merupakan produk pertama milik PT Englory InterTech, sebuah perusahaan baru yang bergerak di bidang teknologi. Caping resmi meluncur di Google Play Store untuk Android pada bulan Agustus 2015 dan sebulan kemudian menyusul di App Store untuk perangkat iOS. Ke depannya aplikasi ini juga direncanakan untuk dapat diunduh melalui MoboMarket.

Pada dasarnya Caping mengagregasi berita dari sekumpulan portal berita ternama untuk menjadi konten dalam aplikasinya. Namun, Caping juga memiliki tim editorial yang mengkurasi topik, berita hangat, juga memproduksi artikel-artikel sesuai trending topic dan hot issue yang terdapat dalam kategori Capitorial.

Selain itu Caping juga mempunyai forum diskusi yang diharapkan dapat membuat aktivitas membaca tidak lagi menjadi satu arah. Nilai lebih lain yang ditawarkan adalah dari sisi topik yang menghadirkan kategori Humor dan FunPic.

Dengan tagline “we care what you care!”, Caping memiliki visi untuk menjadi aplikasi baca dan sarana pertukaran informasi paling disukai masyarakat dan berharap dapat meningkatkan efisiensi pengguna saat mencari informasi yang diinginkan. Misinya, menjadi salah satu platform berita terlengkap dan juga sebagai sarana bagi para pembacanya untuk saling bertukar pikiran, menunjukkan pendapat, dan bertemu teman baru.

“Kami percaya bahwa setiap manusia memiliki obsesi untuk mengutarakan pendapat, ingin agar suaranya dapat didengar dan bermanfaat bagi yang lain. Maka, kami menyediakan sarana untuk obsesi tersebut,” ucap Vivi.

Hadirnya Caping di tengah masyarakat Indonesia sebenarnya bukan barang yang baru. Sebelumnya pasar aplikasi news reader di Indonesia juga telah diramaikan oleh beberapa pemain lokal seperti Kurio, BaBe, Baca, dan masih banyak lagi. Secara global ada Google Play Newsstand dan Flipboard yang bermain di sektor ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter