24 August 2015

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Aktivasi Sistem Operasi Windows 7 Original

Jika selama ini sobat menggunakan Windows 7 bajakan dan telah membeli lisensi original lalu ingin aktivasi Windows 7, maka sobat tidak perlu harus meng-install ulang OS.

Selama product key yang sobat beli memang diperuntukkan untuk versi yang tepat, maka cukup melakukan aktivasi atau mengganti key yang lama/bajakan.

Proses aktivasi Windows 7 atau mengganti productkey tidak berbeda jauh. Lebih jelasnya, yuk kita langsung saja masuk ke tutorialnya.

Cara Pertama

  • Klik tombol start kemudian klik kanan pada menu Computer - Properties.

  • Anda akan dihantarkan ke jendela baru, di sini jika OS Windows 7 Anda belum aktif maka akan ada pilihan ActivateNow. Jika sudah dan ternyata bajakan, akan ada menu Change product key. Klik menu tersebut, entah ingin mengaktifkan atau mengganti product key.

 

  • Lanjut, saat muncul jendela popup, masukkan product key yang baru saja Anda beli dan klik Next lalu tunggu sampai ada notifikasi bahwa Windows 7 telah aktif.

Info Menarik:Cara Mudah Melihat Password WiFi di Komputer Sendiri (Windows 7)

Cara Kedua

  • Jika Anda terkendala dengan cara pertama, masih ada cara termudah yang bisa dicoba. Tapi sebelum mulai, pastikan komputer terhubung ke internet. Klik tombol start - Accessories - Command Prompt (run as administrator).

  • Saat jendela command prompt jalan, ketikkan perintah smlgr.vbs /ipk kode Anda lalu enter.

  • Setelah ada konfirmasi bahwa product key berhasil diinput, sekarang ketikkan perintah slmgr.vbs /ato dan tekan enter.

Selamat mencoba!

Sumber gambar header Adriano Castelli/Shutterstock.