12 February 2015

by Bambang Winarso

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector di Komputer Windows 7

Bad sector dapat didefinisikan secara sederhana sebagai keadaan dimana sebagian kecil atau beberapa bagian perangkat harddisk mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dibaca ataupun ditulis oleh sistem.

Bad sector dalam skala yang kecil memang tidak merusak komputer, namun jika dibiarkan maka seperti penyakit ia akan meluas dan apabila sudah sangat parah dapat mengakibatkan berbagai masalah pada komputer. Misalnya kinerja komputer melambat secara signifikan, sering mati tanpa sebab, gagal booting dan lain-lain.

Agar bad sector tidak meluas dan semakin parah, maka sebaiknya perbaiki harddisk bad sector secara berkala. Caranya bisa dengan menggunakan tool bawaan Windows atau bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga.

 

Info Menarik:Cara Install Aplikasi LibreOffice 4.4 di Linux

 

Di artikel ini, saya akan berikan langkah demi langkah bagaimana memperbaiki harddisk bad sector menggunakan tool bawaan Windows 7.

  • Klik tombol Start - Computer atau klik kanan - Open Windows Explorer.

  • Klik kanan pada disk partisi, contohnya partisi D kemudian klik Properties.

 

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2007

 

  • Di jendela Properties Anda pilih menu tab Tools - Check now...

  • Akan muncul jendela baru lagi yang berukuran lebih kecil, beri tanda centang pada opsi Scan for and attempt recovery of bad sectors kemudian klik Start.

  • Selanjutnya tunggu sampai proses scan selesai, waktu yang dibutuhkan bisa sangat lama jadi tinggalkan saja komputer Anda dan kerjakan aktivitas lain. Tapi mas saya kok melihat pesan error ini ya?

 

Info Menarik:[Panduan Pemula] Membuat Folder di Layar Start Screen Windows Phone

 

  • Tenang, klik tombol OK di pesan tersebut. Berarti komputer Anda mempunyai masalah pada file system-nya. Untuk itu Anda harus melakukan memperbaikai masalah tersebut. Tidak perlu ke mana-mana, klik kembali tombol Check now di jendela Properties. Kemudian beri tanda centang di opsi Automatically fix file system errors dan terakhir klik tombol Start.

  • Setelah prosedur di atas selesai, baru ulangi kembali langkah memperbaiki harddisk bad sector di atas.

Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan soal cara memperbaiki harddisk bad sector di Windows 7 ini, jangan sungkan untuk menggunakan kolom komentar di bawah ini.

Sumber gambar header Shutterstock.