MSME Tutorial

Instagram Ads: Cara Beriklan yang Mudah dan Murah untuk Bisnis Anda

Cara beriklan dengan platform iklan berbayar di Instagram, Instagram Ads.

Cara beriklan di Instagram Ads adalah salah satu strategi promosi yang kini marak digunakan oleh pemilik bisnis online. Selain efektif, pasang iklan di Instagram Ads juga sangat mudah dan murah, bahkan untuk pemula yang baru ingin mencoba memasang iklan online berbayar.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui cara lengkap memasang iklan melalui Instagram Ads mulai dari cara pasang Instagram Ads, cara bayar, hingga iklan Anda tayang. Tapi, sebelum masuk ke tutorial pasang iklan Instagram, kenalan dulu yuk dengan platform iklan dari Instagram ini.

Apa Itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah platform beriklan di Instagram yang dapat digunakan oleh pengguna akun bisnis Instagram. Sama halnya seperti Facebook Ads, Instagram Ads juga merupakan iklan berbayar. Namun, beriklan dengan Instagram Ads tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mulai beriklan dengan modal mulai dari Rp.20.000,-.

Dengan banyaknya pengguna Instagram saat ini, beriklan dengan Instagram Ads menjadi solusi efektif bagi para online shop owners dalam mempromosikan produk dan usahanya. Anda bisa menjangkau ratusan ribu hingga jutaan calon pelanggan hanya dengan memasang iklan di Instagram Ads.

 

Contoh Post Instagram Ads

 

Contoh Story Instagram Ads

 

 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memasang iklan tertarget di Instagram Ads sehingga iklan yang Anda tayangkan akan lebih optimal. Jika Anda tidak memasang iklan dengan target tertentu, Instagram juga akan membantu Anda dengan menargetkan calon audience dengan kriteria yang sama seperti audience Anda saat ini.

Cara Pasang Instagram Ads

Untuk bisa mulai mengikuti cara beriklan di Instagram Ads, pastikan Anda telah mengubah akun Instagram Anda atau toko online Anda ke Business Account. Selain itu, pastikan juga Anda telah membuat postingan yang akan Anda iklankan. Anda bisa mengiklankan postingan dari feed atau dari Instagram story. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Login ke Instagram.
  • Buka post atau story yang ingin Anda iklankan.
  • Klik tombol Boost Post pada postingan feed atau tombol Boostpada postingan story.

 

 

  • Selanjutnya, pilih goal Anda dalam memasang Instagram Ads. Terdapat tiga goals yang dapat Anda pilih. Anda bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke profil Anda, meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda, atau meningkatkan jumlah direct messages.

 

 

  • Lalu, klik Next.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke pengaturan target iklan. Anda bisa pilih target secara otomatis dari Instagram atau custom target Anda sendiri. Untuk cara iklan Instagram tertarget atau custom target, klik Create Your Own.

 

 

  • Kemudian, masukkan nama audience yang Anda targetkan. Anda bisa memasukkan nama apa saja pada kolom ini. Sebagai contoh, Anda bisa memasukkan nama “Remaja” atau “Ibu-Ibu Muda” sesuai dengan target iklan Anda pada kolom tersebut.

 

 

  • Selanjutnya, klik Locations dan pilih lokasi mana saja yang ingin Anda jangkau. Untuk jangkauan lokasi, Anda bisa kembali melihat produk yang Anda pasarkan. Apabila Anda adalah pebisnis di bidang makanan, mungkin Anda ingin menargetkan audience yang tidak terlalu jauh.

 

 

  • Setelah lokasi, masukkan Interest dari target audience Anda. Misalnya jika Anda menjual produk olahraga, Anda bisa memasukkan interest pada sport, fitness, gym, dan lainnya.

 

 

  • Lalu, tentukan target usia serta jenis kelamin audience Anda pada Age & Gender.

 

 

  • Jika custom target audience telah selesai, klik tanda centang di pojok kanan atas. Lalu, klik Next untuk masuk ke tahap selanjutnya.

 

 

  • Tahap selanjutnya adalah menentukan budget beriklan Anda. Anda bisa memulai dengan Rp.20.000/hari hingga Rp.10.000.000/hari. Untuk durasi, Anda bisa beriklan mulai dari 1 hingga 30 hari. Semakin banyak budget dan semakin lama durasi iklan tentu akan memperluas jangkauan iklan Anda. Jadi, pilih budget dan durasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

  • Jika sudah menentukan budget & duration, klik Next.
  • Anda akan melihat review iklan Anda, mulai dari goal, audience, dan budget yang sebelumnya telah Anda atur.
  • Kemudian, Anda juga bisa melihat tampilan iklan Anda dengan klik Preview Ad.

 

 

  • Langkah terakhir adalah mengisi saldo Instagram Ads dan klik tombol Boost post untuk memulai Instagram Ads Anda.

Cara Bayar Instagram Ads

Ketika Anda mengikuti cara pasang Instagram Ads di atas, pada langkah terakhir Anda diminta untuk mengisi saldo untuk pembayaran iklan. Terdapat beberapa metode yang bisa Anda pilih untuk mengisi saldo pembayaran Instagram Ads, di antaranya menggunakan kartu debit dan kredit, transfer bank, dan Doku Wallet. 

Pada tutorial di bawah ini akan ditunjukkan cara bayar iklan Instagram dengan cara transfer bank. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Pada tahap review Instagram Ads, klik Payment.

 

 

  • Kemudian, masukkan informasi pembayaran mulai dari nama negara, mata uang, dan zona waktu. Apabila semua sudah benar, klik Next.
  • Lalu, masukkan nominal saldo yang akan Anda top-up dan pilih metode pembayaran.

 

 

  • Anda akan melihat beberapa metode pembayaran yang tersedia. Untuk metode transfer bank sendiri terdapat tiga pilihan, antara lain transfer bank via bank BNI, transfer bank via bank Mandiri, dan transfer bank lainnya. Jika Anda menggunakan bank selain BNI dan Mandiri, pilih Bank Transfer (Other Banks).
  • Kemudian, klik Add Funds. Anda akan dialihkan ke browser untuk melanjutkan proses pembayaran.

 

 

  • Masukkan nama dan email. Lalu, klik Continue.

 

 

  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan instruksi pembayaran ke bank Permata dengan nominal yang telah Anda masukkan sebelumnya.

 

 

  • Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, atau mobile banking dengan instruksi yang ada pada halaman tersebut. Selain pada halaman tersebut, Anda juga bisa melihat instruksi pembayaran pada inbox alamat email yang Anda masukkan sebelumnya.

 

 

 

  • Setelah Anda melakukan pembayaran dengan cara transfer bank, kemudian saldo akan otomatis terisi. Jika saldo telah mencukupi, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran Instagram Ads Anda.

Cara Mengetahui Iklan Instagram Sudah Tayang

Setelah mengisi saldo dan memasang iklan di Instagram Ads, iklan Anda tidak akan langsung ditayangkan, melainkan Instagram akan meninjau terlebih dahulu apakah iklan Anda layak ditayangkan atau tidak.

Anda mungkin bertanya-tanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu persetujuan iklan dari Instagram? Instagram akan meninjau iklan Anda selama maksimal 1x24 jam sebelum menyetujui iklan Anda untuk tayang.

Lalu, bagaimana cara mengetahui iklan Instagram sudah tayang? Anda bisa melihat iklan Anda yang sudah tayang melalui menu Ad tools pada profil Instagram Anda.

Kelebihan Beriklan dengan Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu dari sekian banyak platform iklan berbayar yang bisa Anda coba. Selain mudah dan murah, ternyata terdapat beberapa kelebihan Instagram Ads dibandingkan platform iklan berbayar lain. Kelebihan-kelebihan ini bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk beriklan di Instagram Ads.

  • Menjangkau lebih banyak. Ketika Anda memasang iklan di Instagram Ads, Anda bisa melihat angka jangkauan iklan Anda. Jangkauan Instagram Ads mulai dari ribuan hingga jutaan per harinya tergantung dari biaya yang Anda keluarkan.
  • Meningkatkan brand awareness. Jika Anda adalah pebisnis pemula yang fokus meningkatkan brand awareness, Instagram Ads adalah sarana yang cocok untuk itu. Pilihan goals yang tersedia di Instagram Ads sangat sejalan dengan misi meningkatkan awareness audiences terhadap brand Anda.
  • Target yang spesifik. Anda bisa membuat target iklan yang spesifik dengan menentukan lokasi, minat, gender, hingga usia yang spesifik pada fitur custom audiences. Hal ini tentu sangat membantu iklan Anda sampai kepada audiences yang tepat.
  • Format iklan beragam. Pada Instagram Ads, format iklan yang akan ditayangkan cukup beragam. Diantaranya dalam bentuk post pada feed, post pada explore, dan story.

Itu dia informasi mengenai cara memasang iklan dengan fitur iklan berbayar Instagram Ads. Cara beriklan di Instagram Ads bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mencoba iklan berbayar untuk bisnis online Anda. Dengan modal mulai dari dua puluh ribu rupiah, Anda sudah bisa menjangkau banyak calon pelanggan dengan Instagram Ads. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again