1. Trikinet

Cara Bikin Blog Gratis di WordPress.com dengan PC

WordPress.com adalah layanan blog gratisan yang memberikan subdomain secara cuma-cuma

Di tutorial terdahulu, Trikinet menyuguhkan panduan lengkap cara bikin blog gratis di WordPress.com menggunakan smartphone. Tetapi jika Anda lebih prefer menggunakan PC, maka tutorial ini akan lebih cocok untuk diikuti.

Yap, masih sama kita kembali membahas tutorial membuat blog gratisan di WordPress.com namun kali ini kita akan menggunakan perangkat PC atau laptop.

  • Pastinya pertama jalankan browser di laptop atau PC Anda, lalu buka laman WordPress.com.
  • Setelah terbuka sempurna, klik menu link Mulai di kanana atas jendela PC Anda.

  • Kemudian daftarkan email, nama pengguna dan isi kolom password. Klik Buat Akun Anda untuk lanjut ke proses berikutnya.

  • Setelah berhasil daftar, Anda akan diminta untuk memilih nama blog atau domain.

  • Ketikkan nama blog yang Anda inginkan, sampai kemudian muncul berbagai pilihan domain dari yang gratis hingga yang premium. Sesuai judul, kita akan menggunakan domain gratisan terlebih dahulu. Jadi, klik tombol pilih di opsi subdomain gratis (Free) seperti yang ditandai di dalam screenshot ini.

 

  • Selanjutnya akan muncul lagi opsi premium lainnya. Sama, karena pilih yang gratisan maka klik link Mulai dengan situs kosong.

  • Selesai, blog Anda sudah jadi dan siap dipergunakan.
  • Oya, jangan lupa juga untuk membuka email dan melakukan konfirmasi ya. Supaya blog bisa dibikin tanpa kendala.
  • Dari panel ini, Anda sebenarnya sudah bisa langsung melakukan penyesuaian. Tapi saya menyarankan, sebaiknya Anda melakukan langkah lanjutan melalui dashboard. Karena di sana jauh lebih lengkap dan terorganisir. Jadi, klik saja menu Admin WP yang saya tandai dengan jarum di screnshot ini. Atau, Anda dapat masuk ke dashboard dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin di browser Anda.

  • Nah, seperti inilah tampilan dashboard Anda. Di sini terdapat berbagai macam menu dan fitur yang nantinya dapat Anda pergunakan misalnya untuk mengubah desain, membuat tulisan baru, membuat halaman, mengatur permalink dan lain sebagainya. Ke depan kita akan bahas satu per satu.

Selamat blogging, semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again