1. Entrepreneur

Cara Bikin Toko Online Menggunakan Wix, UMKM Wajib Punya!

Tutorial membuat toko online bagi bisnis di platform pembuat website Wix.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, pelaku usaha perlu mampu berinovasi dan berdaptasi dalam mengembangkan bisnisnya. Berbisnis online menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk berkembang. Salah satu caranya dapat dimulai dengan membuat toko online.

Toko online dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk menjual dan mempromosikan produk usaha secara lebih luas lagi. Dalam mewujudkan hal tersebut, pelaku usaha dapat memanfaatkan platform toko online untuk bisnis seperti Wix.

Wix merupakan sebuah platform berbasis cloud yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk membuat website toko online. Tak hanya itu, Wix juga dapat digunakan untuk blog, portofolio dan lain sebagainya.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait Wix, mulai dari pengertian, kegunaannya bagi pelaku usaha, serta cara membuat toko bisnis online di platform tersebut. Simak selengkapnya.

Mengenal Wix, Pembuat Toko Online untuk UMKM

Platform Wix dinilai sangat cocok bagi pelaku usaha yang ingin menjalankan bisnisnya. Wix sendiri menyediakan fitur yang dapat mempermudah kegiatan bisnis online. Platform ini memiliki lebih dari 500 template yang siap pakai untuk toko online.

Selain itu, Wix juga memiliki fitur drag dan drop serta editor visual yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda. Platform ini didukung oleh kecerdasan buatan yang dinamakan Artificial Design Intelligence (ADI) yang membantu pelaku usaha menyusun tampilan toko.

Meski dapat digunakan secara gratis, platform ini menjamin keamanan website toko online milik pelaku usaha. Di samping itu, pelaku usaha juga dapat mengakses fitur tambahan yang premium dengan layanan berbayar.

Langkah Membuat Website Toko Online untuk Bisnis

Pelaku usaha dapat membuat website toko online-nya sendiri di platform Wix, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman Wix di sini. Lalu, klik ‘Get Started’ atau mulai.

  • Buat akun Wix dengan terlebih dulu mendaftarakan alamat e-mail dan password Anda.

  • Jika sudah selesai, selanjutnya Anda cukup menjawab pertanyaan yang tersedia. Apabila mengalami kesulitan mendaftar, Anda hanya perlu mengkoneksikan dengan akun Facebook atau Google.

  • Lalu, pilih jenis website. Wix menyediakan banyak pilihan jenis website. Bagi pelaku usaha yang ingin membuat toko online, silakan pilih ‘Online Store’.

  • Selanjutnya, Anda akan masuk ke dasboard toko online.

  • Lengkapi data dan informasi usaha Anda.
  • Mulai unggah produk usaha Anda.

  • Atur metode pembayaran yang digunakan oleh toko Anda.
  • Tentukan metode pengiriman dan pengantaran toko Anda.
  • Atur domain sesuai dengan identitas toko Anda.
  • Tentukan template design yang cocok bagi toko Anda.
  • Toko online selesai dibuat.

Manfaat Toko Online Wix bagi Pelaku Usaha

Dengan membuat toko online di platform Wix, pelaku usaha akan merasakan manfaat positif bagi kelangsungan bisnis. Ada pun beberapa keuntungan yang diperoleh pelaku usaha, antara lain sebagai berikut:

  • Usaha terkesan profesional. Dengan menggunakan template toko online yang dirancang secara profesional, pelaku usaha dapat merancang situs bisnisnya sendiri tanpa perlu melakukan coding.
  • Adanya jaminan pembayaran yang aman. Wix memungkinkan Anda menerima semua metode pembayaran credit/debit cards, Apple Pay, PayPal, dan lainnya.
  • Dengan Wix, pelaku usaha dapat mengelola strategi penetapan harga, listingan produk, dan kebijakan pengiriman di toko online.
  • Selain itu, Wix menyertakan fitur untuk menyederhanakan manajemen inventaris, perluasan multisaluran, analitik, dropshipping, dan pajak.

Demikian penjelasan terkait pengertian, kegunaan, serta cara membuat toko bisnis online di platform Wix.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again