1. DScovery

Cara Cetak Kartu NISN Online Secara Cepat Melalui Ponsel

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) di Indonesia adalah nomor yang menjadi identitas setiap pelajar yang menempuh pendidikan di dalam negeri. Berikut ini cara cetak kartu NISN Online secara cepat melalui ponsel.

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, nomor ini menjadi identitas bagi para pelajar di Indonesia mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK. Bentuk nomor pada NISN diisi dengan berbagai kombinasi kode yang berfungsi untuk membedakan identitas antar pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa pelajar yang sudah memiliki NPSN maka sudah pasti akan memiliki NISN. Nomor Induk Siswa Nasional yang berisi kode ini berlaku sepanjang masa selama, nomor ini diberikan pada pelajar yang mengenyam pendidikan pada suatu lembaga sekolah di Indonesia.

NISN tidak hanya digunakan sebagai identitas para pelajar, tetapi bisa juga digunakan sebagai layanan sistem ketika pelajar tersebut akan melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya dan untuk mempermudah pendataan pada Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dalam penerapan program perencanaan pendidikan.

Para pelajar bisa mengecek Nomor Induk Siswa Nasional secara online melalui online. NISN ini biasanya dibutuhkan juga dalam bentuk cetak untuk mendaftar pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, untuk itu berikut cara cetak kartu NISN Online secara cepat:

Kunjungi situs resmi Kemendikbud

Pada tahap ini pelajar perlu mengunjungi laman website resmi milik kemendikbud dengan alamat website http://nisn.data.kemdikbud.go.id./ . Setelah berhasil masuk, maka pelajar akan diminta untuk memasukan nomor NISN, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung.

Klik Pencarian

Pastikan data yang dimasukan telah benar, seperti tidak adanya typo atau salah memasukan nomor NISN. Jika data yang diminta sudah benar, maka kamu dapat mengklik pada tombol “Cari Data” pada bagian paling bawah dan tunggu hingga halaman website memunculkan data yang kamu inginkan.

Klik Menu Cetak 

Jika data NISN milik mu sudah muncul, pastikan kembali bahwa data yang tertera sudah benar. Setelah itu pilih ikon print ada kiri atas halaman file, jika tidak ada maka kamu dapat menggunakan rumus “CTRL + P” untuk memunculkan fitur download.

Perhatikan tujuan file yang tercantum pada pilihan file, kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama, kamu dapat memilih tujuan file sebagai save as pdf jika ingin menyimpan file secara digital terlebih dahulu pada penyimpanan ponsel.

Kedua, kamu dapat memilih tujuan file langsung pada perangkat printer yang tersambung di ponsel milik mu, biasanya perangkat ponsel dapat terhubung secara langsung dengan ponsel dengan menggunakan aplikasi pendukung pada ponsel.

Sekian cara cetak kartu NISN online secara cepat melalui ponsel milik mu. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again