Categories

Interview

Cara FishGo Membantu Nelayan Indonesia

Memiliki cita-cita menyejahterakan nelayan melalui bantuan teknologi

Prayogo Ryza - 8 May 2019

Satu lagi startup asal Indonesia yang mencoba mengembangkan solusi untuk membantu nelayan Indonesia. Mereka adalah FishGo. Startup asal Bali ini merupakan pemenang gelaran The NextDev 2018. Berbekal solusi yang dikembangkan, mereka bercita-cita untuk membantu menyejahterakan nelayan di Indonesia.

CEO FishGo I Gede Merta Yoga Pratama kepada DailySocial menjelaskan bahwa aplikasi yang mereka kembangkan memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah tangkapan ikan, khususnya para nelayan tradisional. Layanan ini memanfaatkan teknolgi penginderaan jauh dan sistem informasi geografi untuk menentukan area potensial untuk menangkap ikan.

“Masalah yang ingin diselesaikan oleh FishGo adalah jumlah tangkapan nelayan tradisional yang tidak menentu, sehingga berdampak kepada pendapatan mereka. Hal ini bersumber dari metode penangkapan yang dilakukan oleh nelayan yang masih sanga tradisional, seperti memanfaatkan burung, bentuk awan, pola angin, dan lain-lain.”

“Oleh karena itu kami hadir menwarkan solusi berupa aplikasi yang dapat membantu nelayan menangkap ikan dengan memberikan informasi terkait lokasi yang memiliki potensi terbaik dan waktu paling sesuai untuk melakukan penagnkapan, sehingga nelayan akan mendapatkan kepastian setiap kali beliau melaut,” terang Merta.

FishGo didirikan Merta dengan Anak Agung Gede Aditya Pratama dan Donna Priskila B. Sebagai sebuah startup baru, secara operasional mereka telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah di Bali.

Kini FishGo sudah membantu 16 nelayan dari 16 kelompok yang berbeda untuk pengenalan penggunaan aplikasi. Selain itu mereka juga mengedukasi nelayan tentang penggunaan GPS Eksternal yang sudah diinput koordinat area potensial penangkapan ikan. Data GPS yang terekam kemudian dibandingkan dengan prediksi untuk terus meningkatkan akurasi.

“[Saat ini] Beberapa layanan yang dimiliki FishGo masih dalam pengembangan fitur, dan kami sedang mengembangkan fitur tambahan yang memerlukan beta test terlebih dahulu ke pengguna kini sebelum nanti rampung dan ready untuk kita launch,” imbuh Merta.

Selain area potensial untuk menangkap ikan, aplikasi FishGo juga menyediakan beberapa fitur lainnya, seperti ramalan cuaca dan kondisi ombak. Ke depan mereka juga akan mengembangkan fitur online fish market untuk menghubungkan nelayan dengan yang membutuhkan supply ikan.

FishGo bergabung dengan beberapa startup sejenis, seperti FishOn, Nalayan.id, mFish, dan Aruna untuk membantu memberdayakan teknologi bagi nelayan. Tahun ini FishGo menargetkan bisa membantu 1000 nelayan tradisional dalam kegiatan menangkap ikan sehari-hari.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter