Tipz

Panduan Mudah Investasi Emas untuk Pemula

Berikut 7 langkah mudah untuk investasi emas dengan aman bagi pemula.

Salah satu kelebihan investasi emas adalah aman dan kestabilan nilainya. Tak heran, jika banyak yang menggunakan emas sebagai investasi masa tua atau untuk “jaga-jaga” jika terjadi kondisi krisis.

Kamu tertarik tapi belum terbayang cara memulai investasi emas? Jangan khawatir. Kami sudah merangkum cara investasi emas dalam 7 langkah agar pemula seperti kamu bisa berinvestasi dengan aman.

Tentukan Tujuan Investasi Emas secara Jelas

Langkah pertama yaitu sudah pasti menentukan tujuan. Jika tujuanmu sebatas ingin bebas secara finansial, tidak apa-apa. Namun, sebaiknya tentukan secara spesifik. Ini akan membantumu menentukan berapa target gram emas yang harus dikumpulkan.

Misalnya, kamu butuh investasi emas untuk biaya membeli rumah. Maka, hitung berapa gram emas yang kamu butuhkan sesuai nominal biaya membeli rumah dan dalam kurun waktu berapa lama.

Amati dan Bandingkan Harga Emas

Langkah kedua ini juga cukup penting. Sebelum membeli emas, sebaiknya pantau harga emas yang beredar. Kamu bisa mengeceknya di berbagai platform yang berseliweran di internet.

Selain itu, bandingkan juga harga emas dari berbagai merek. Juga, perhatikan harga selisih dan buyback emas agar kamu tidak rugi ketika ingin menjualnya kembali atau mencairkan emas.

Memang, harga emas cenderung stabil, tetapi bukan tak mengalami penurunan sama sekali. Beli emas di harga paling murah, lalu jual emas saat harganya melambung tinggi.

Ketahui Tingkat Kemurnian Emas

Terdapat beberapa kadar kemurnian emas, dari 14 karat (58,30%) hingga 24 karat (99,99%) atau yang paling murni. Pastikan kamu memilih tingkat kemurnian yang baik agar sesuai dengan harganya.

Dalam aturan terbaru Kementerian Perdagangan yang mengatur tentang emas digital di bursa berjangka, emas yang harus dijual oleh layanan online harus mengandung kemurnian sebesar 99,99% atau sama dengan 24 karat.

Tentukan Jenis Investasi

Selanjutnya adalah memilih jenis investasi emas. Maksudnya, kamu bisa memilih antara investasi emas secara offline atau online. Kalau kamu ingin membeli langsung, tinggal datang ke butik atau gerai emas terdekat, misalnya dari butik milik Antam atau Pegadaian.

Selain itu, kamu juga bisa memilih cara investasi emas secara online. Layanan ini sudah dibuka oleh banyak aplikasi investasi emas digital seperti Pegadaian Digital. Brankas LM dari Antam, Pluang, Tamasia, Indogold, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa memilih cara investasi dengan menabung emas secara online yang sudah disediakan berbagai platform seperti DANA, OVO, Bareksa, dll. Opsi ini memungkinkanmu menyicil takaran gram emas kecil mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Beli Emas di Tempat Terpercaya

Pastikan kamu memilih tempat investasi emas terbaik. Kamu bisa membandingkan beberapa perusahaan produsen emas seperti Antam dan UBS. Atau juga memilih tempat menabung emas yang kredibel seperti Pegadaian, aplikasi online Pluang, DANA, Tamasia, Indogold, dan sejenisnya.

Yang penting, kamu harus bisa membandingkan harga jual dan beli, harga selisih, buyback, biaya cetak emas jika memilih layanan menabung emas, biaya penitipan emas, dan fitur-fitur lainnya.

Siapkan Penyimpanan Emas

Setelah membeli, pastikan kamu telah menyiapkan tempat penyimpanan emas yang aman, misalnya brankas berkode. Namun, jika kamu takut kemalingan, kamu bisa menitipkannya di tempat kamu membeli emas.

Selain itu, ingat bahwa emas memiliki pertumbuhan nilai yang lambat. Maka, rutinlah berinvestasi emas agar tujuan yang sudah dibuat di awal tadi tercapai dengan baik.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Mencairkan Emas

Jangan buru-buru menjual emas. Jangan menjual emas saat harganya rendah, tetapi jual emas di saat harganya sedang tinggi.

Emas identik dengan model investasi jangka panjang. Minimal, orang akan menyimpan emas dalam 5 tahun agar bisa menikmati keuntungan dari harga emas yang notabene memiliki pertumbuhan nilai yang lambat.

Demikian cara mudah investasi emas untuk pemula. Bagi kamu yang Muslim, investasi emas bukan sesuatu yang haram dalam Islam. MUI bahkan mengeluarkan fatwa bahwa investasi emas adalah mubah atau boleh hukumnya, bahkan dianjurkan.

Yuk mulai sadar investasi agar bisa menyambut masa depan tanpa pusing mikirin uang!

Sumber gambar header: Unsplash

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter