StartupDScovery

Panduan Mudah Investasi Reksa Dana untuk Pemula dalam 5 Langkah

Berikut 5 langkah mudah bagi kamu yang ragu untuk memulai investasi reksa dana.

Investasi reksa dana adalah alternatif paling menjanjikan bagi kamu yang ingin investasi tapi hanya punya modal minim. Sebelumnya, kita sudah membahas perkenalan dengan reksa dana.

Sekarang waktunya kamu belajar untuk memulai investasi dengan reksa dana. Kamu bingung cara memulainya? Tenang, kami sudah membuat cara mudah investasi reksa dana bagi pemula. Yuk, jangan lewatkan infonya!

Tentukan Tujuan dan Jangka Waktu Investasi

Mungkin banyak orang yang menjadikan kebebasan finansial sebagai tujuannya berinvestasi. Akan tetapi, mengingat adanya kebutuhan hidup, tagihan, target pencapaian, kamu harus bisa menentukan prioritas.  Dalam hal ini, tentukan tujuan yang ingin kamu capai dan berapa lama melakukan investasi reksa dana.

Misalnya, dalam 5 tahun, kamu ingin menggunakan hasil investasi reksa dana tersebut untuk modal membangun rumah sebesar Rp 50 juta. Cara mudah untuk menentukan tujuan adalah dengan menjawab unsur “berapa nominalnya”, “dalam berapa lama”, dan “untuk apa”.

Pilih Jenis Reksa Dana yang Sesuai dengan Tujuan

Setelah menentukan tujuan, pilih jenis reksa dana mana yang sekiranya cocok dan memungkinkan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Jika target kamu adalah jangka pendek, maka pilih reksa dana dengan risiko yang rendah seperti reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap.

Tetapi, jika kamu ingin menuai hasilnya dalam jangka panjang, seperti contoh di atas, maka lebih baik pilih reksa dana dengan return tinggi seperti reksa dana saham dan campuran. Jika kamu seorang muslim, sebaiknya kamu juga mempelajari unsur syariah dan tata cara investasi reksa dana syariah bagi pemula.

Lakukan Riset dan Pilih Platform/Aplikasi Reksa Dana Terbaik

Setelah menentukan jenisnya, lakukan riset terhadap pihak yang akan kamu gunakan jasanya untuk mengatur uang reksa dana. Pilihlah tempat yang dapat menawarkan investasi reksa dana terbaik. Kamu bisa memilih antara bank partner, manajer investasi, atau marketplace reksa dana.

Jika menggunakan jasa manajer investasi, biasanya kamu akan mendapat privilege untuk dapat melihat market untuk menambah pengetahuan. Kalau dengan bank partner, kamu akan ditawari program dari bank terkait, misalnya untuk mendorong agar konsisten berinvestasi. Kalau kamu ingin lebih mandiri, kamu bisa menggunakan marketplace reksa dana.

Pahami Prospektus Produk Reksa Dana

Prospektus dapat dikatakan sebagai manual book untuk memulai investasi reksa dana. Kamu bisa mengakses informasi mengenai perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, sampai dengan tata cara penjualan/pembelian investasi reksa dana secara online.

Intinya, semua mekanisme investasi bisa kamu dapatkan dari prospektus. Setelah memilih produk reksa dana terbaik, kamu perlu mengecek prospektusnya sebagai perbandingan. Misalnya, pada produk A minimal pembelian adalah Rp 100.000, minimal top up Rp 100.000, dan dikenai biaya pembelian 1%.

Sedangkan, minimal pembelian di produk B adalah Rp 200.000, minimal top up Rp 50.000, tetapi tidak dikenai biaya pembelian. Nah, perbedaan-perbedaan seperti itu tentunya menjadi pertimbangan sendiri untuk membeli produk mana yang masuk budget.

Beli dan Pantau Produk Reksa Dana

Setelah melakukan keempat tahapan tersebut, tahapan selanjutnya yaitu membeli produk yang sudah kamu pilih. Ikuti cara pendaftaran di platform/aplikasi yang kamu pilih. Biasanya dengan menyertakan KTP atau NPWP.

Jangan lupa untuk memantau produk reksa dana yang sudah kamu beli selama minimal 2 minggu setelah pembelian. Jangan khawatir terhadap nilainya karena reksa dana termasuk instrumen investasi yang tidak terlalu fluktuatif.

 

Begitulah cara mudah memulai investasi reksa dana. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber gambar header: Unsplash


Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again