1. Entrepreneur

Panduan Lengkap Cara Melihat Instagram Insight

Tutorial Melihat Instagram Insight untuk melihat profil follower dan statistik postingan

Instagram telah menjadi platform penting, tidak lagi hanya untuk membagikan momen, tetapi saat ini banyak yang menggunakan Instagram untuk membangun personal branding hingga kepentingan bisnis. Analisa data mengenai interaksi dan pertumbuhan akun sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan akun Instagram yang dimiliki.

Salah satu fitur untuk mengukur perkembangan akun Instagram yaitu dengan menggunakan Instagram Insight. Instagram Insight adalah alat analitik mengenai content performance atau kinerja konten berinteraksi dengan audience. Saat ini, Instagram Insight hanya tersedia untuk akun bisnis dan juga akun yang memiliki engagement rate yang tinggi.

Instagram Insight memungkinkan kamu untuk melihat metrik pertumbuhan akun, konten baik berupa foto, video, reels, iklan, dan instagram story. Adanya Instagram Insight kamu akan lebih mudah untuk melihat konten mana yang disukai oleh audiens, membandingkan kinerja dari setiap konten, serta mengukur efektivitas kampanye yang kamu lakukan melalui Instagram.

Sebelum dapat melihat Insight Instagram kamu, kamu perlu beralih ke akun professional.

Cara Mengubah ke akun Instagram profesional

  • Buka laman profil Instagram kamu, klik ikon tiga garis di pojok kanna atas dan pilih setting atau pengaturan
  • Pilih menu account
  • Pilih switch to proffesional account
  • Pilih kategori akun kamu
  • Pilih jenis akun kamu (Content Creator atau Business)
  • Selesai

Cara Melihat Instagram Insight

  • Melihat dari post Instagram kamu dengan opsi View Insights di bagian pojok kiri bawah postingan konten kamu. Pada bagian ini, kamu dapat melihat julah reach, accounts engaged, profile visit, impression, dan interactions. 

  • Melihat Insight Instagram story dengan cara geser ke atas story yang telah diunggah dan pilih ikon grafik batang di sebelah kiri. Dari sini, kamu dapat melihat jumlah accounts reached, engagement, interactions, navigation, dan profile visit.

  • Melihat Insight akun kamu melalui laman profil akun Instagram kamu dan pilih Profesional dashboard. Pada profesional dashboard, kamu dapat melihat grafik kenaikan atau penurunan jumlah followers, lalu kamu dapat melihat total keseluruhan accounts reached dan accounts engaged pada periode waktu tertentu, sehingga kamu dapat mengetahui konten mana yang paling diminati audience.

Reach account: Jumlah akun yang telah melihat postingan kamu.

Content interactions: Interaksi yang dilakukan oleh followers melalui postingan kamu, baik dengan melakukan like, comment, save dan share.

Engagement: Jumlah akun yang berinteraksi dalam postingan kamu, baik berupa like, comment, save dan share.

Profile activity: Banyaknya akun yang mengunjung profil kamu, follow, dan melakukan aksi seperti telepon atau menghubungi via email.

Navigation: Jumlah akun yang melihat story Instagram kamu, dengan detail forward, excited, back, dan next story.

Dengan mengetahui cara membaca Instagram Insight serta mengetahui setiap fiturnya, kamu akan lebih mudah mengembangkan akun kamu karena berhasil membaca target audiens Instagram kamu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again