1. DScovery

8 Cara Membatalkan Interview Kerja dan Contohnya

Terdapat beberapa cara membatalkan interview kerja yang bisa dicoba.

Apakah kamu sudah memiliki jadwal interview dan sedang dalam proses perekrutan? Kamu punya keinginan untuk membatalkannya, tetapi takut dianggap tidak profesional? Jangan khawatir, menolak interview tidak akan membuat kamu tampak tidak profesional. Selain itu, kamu telah melakukan tindakan yang tepat dengan memberitahu pihak recruiter.  

Menurut pakar karir terkemuka Alison Doyle, ada beberapa alasan mengapa penting untuk memberi tahu recruiter bahwa kamu tidak dapat menyelesaikan tahapan interview. Pertama, itu sopan. Kedua, ketidakhadiran kamu akan mengganggu proses perekrutan dan mencegah kamu memiliki kesempatan di perusahaan tersebut di masa depan. Oleh karena itu, jika kamu masih bingung, berikut adalah beberapa cara untuk membatalkan wawancara kerja. 

Alasan Pembatalan Interview Kerja

Jika kamu ingin tahu bagaimana biasanya interview kerja dibatalkan, kamu harus mengetahui alasannya. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa alasan umum mengapa orang menolak wawancara kerja.

  • Telah diterima kerja di perusahaan lain.
  • Setelah penelitian, tidak lagi merasa cocok untuk pekerjaan atau perusahaan.
  • Tidak dapat pergi ke tempat interview.
  • Saat interview, ada hal lain yang harus diperhatikan.

Cara Membatalkan Interview Kerja

  1. Beri tahu rekruter dengan cepat

Sebaiknya, segera beritahu rekruter bahwa kamu ingin menunda interview. Dengan cara ini, mereka akan mengetahui dengan cepat bahwa kamu tidak dapat menghadiri wawancara.

Disarankan untuk memberi tahu ini beberapa hari sebelum tanggal yang sudah ditentukan. Jangan membatalkan beberapa jam sebelum wawancara karena ini terlalu mendadak.

  1. Sampaikan dengan singkat dan mudah dipahami

Career Sidekick mengatakan bahwa dengan cara yang paling singkat, kamu dapat mengakhiri sebuah wawancara.  Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu berbicara atau mengirim email yang panjang untuk menyampaikan tujuanmu. Jika kamu tidak dapat menjelaskan secara rinci alasan pembatalan kamu, itu tidak masalah.

  1. Cantumkan tanggal dan posisi waktu interview

Jangan lupa untuk menyebutkan tanggal, waktu, dan pekerjaan yang akan kamu lamar. Perlu diingat bahwa beberapa orang terlibat dalam tahapan interview, seperti tim HRD dan user. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat membantu mereka dalam proses perekrutan. 

  1. Jelaskan mengapa wawancara dibatalkan

Coba hindari alasan yang tidak masuk akal atau bertele-tele. Karena kamu jujur, rekruter akan menghargai kejujuran kamu. oleh karena itu mereka dapat mulai mencari orang lain untuk mengisi posisi yang kosong. Ada banyak alasan mengapa interview dibatalkan. 

  1. Berikan permohonan maaf

Selanjutnya, hal yang sangat penting adalah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin telah terjadi sebagai akibat dari pembatalan wawancara kerja. Ini adalah cara terbaik untuk membangun hubungan yang baik dengan recruiter dan perusahaan yang terkait.

  1. Berkata sopan

Meskipun kamu ingin membatalkan lamaran pekerjaan di perusahaan tersebut, itu tidak berarti dia harus menulis pesan dengan cara yang tidak sopan. Seperti halnya dia ingin mengajukan lamaran di Alfamart, dia juga harus membatalkan janji interview kerja dengan cara yang sopan.

  1. Persiapkan kembali jika diperlukan

Tidak ada salahnya untuk mencoba meminta jadwal ulang untuk interview jika kamu tidak dapat menghadirinya karena situasi yang tidak terduga atau mendadak. Coba kirim penjelasan dan permintaan maaf ke recruiter melalui email atau telepon. Jangan lupa untuk memberi tahu HRD bahwa kamu masih tertarik dengan posisi tersebut dengan menjelaskan alasan Anda yang dapat diterima. Ini akan memungkinkan mereka mengatur ulang wawancara. 

  1. Tetap ingat untuk mengucapkan terima kasih

Meskipun terlihat mudah, banyak orang yang lupa ucapan ini. Terima kasih karena telah menunjukkan rasa terima kasih kamu terhadap proses perekrutan yang sedang dilakukan. 

Contoh Email Pembatalan Interview Kerja

Subject: Nama kamu—Pembatalan interview

Kepada 

Nama HRD/HRD yang terhormat

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas undangan Anda untuk wawancara untuk [posisi yang kamu lamar] di [Nama perusahaan]. Meskipun saya sangat berterima kasih atas proses perekrutan ini, saya harus membatalkan wawancara yang dijadwalkan pada Selasa, 15 Januari, pukul 10 pagi. Itu karena saya telah dipekerjakan di tempat lain. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah Anda alami. Saya berterima kasih atas pertimbangannya. 

Salam, 

(Namamu)

Ini adalah penjelasan singkat tentang bagaimana kamu dapat membatalkan interview kerja dengan cara yang profesional, menggunakan bahasa atau kalimat sopan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi mereka yang ingin membatalkan interview kerja di perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again