Tipz

Cara Mudah Membuat Akun Instagram Menjadi Verified dalam 5 Langkah

Ikuti 5 langkah berikut untuk mendapatkan badge centang biru dari Instagram.

Sudah banyak akun Instagram yang bertebaran dengan badge centang biru atau verified, dan banyak pula yang menginginkan hal serupa. Badge centang biru memang sering dipakai oleh figur publik seperti tokoh politik, selebriti, musisi, brand, perusahaan, hingga influencer.

Namun, akun yang verified tidak hanya didapatkan oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan yang identik dengan popularitas. Ada syarat-syarat tertentu yang bahkan bisa dipenuhi jika kamu bukan seorang selebriti ataupun tokoh politik, misalnya.

Mau tau caranya membuat akun Instagram-mu menjadi verified? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Verifikasi?

Akun yang verified atau mendapat badge centang biru adalah tanda atau simbol bahwa akun tersebut telah diverifikasi oleh pihak Instagram. Artinya, badge verified tersebut merupakan hasil konfirmasi Instagram atas keaslian akun tersebut.

Badge verified memang sering dianggap sebagai pembeda antara akun palsu dengan yang asli. Bayangkan, berapa akun yang mencoba mengaku sebagai Dian Sastro jika dirinya tidak mengajukan verifikasi centang biru ke Instagram?

Memang dulu Instagram sangat tertutup dengan cara mendapatkan verifikasi ini. Namun, sejak 2018, Instagram secara blak-blakan memberitahukan cara mengajukan verifikasi akun ini bagi penggunanya.

Tujuan Verifikasi Instagram

Pihak Instagram mengatakan, bagde centang biru ini bukan ditujukan sebagai endorse atau mendukung brand/kampanye tertentu, melainkan sebagai konfirmasi keaslian akun. Selain itu, ada tujuan tertentu seseorang ingin akunnya diverifikasi oleh Instagram, di antaranya:

  1. Menunjukkan eksistensi diri di dunia maya. Banyak akun-akun Instagram yang mendapat verified tapi bukan benar-benar orang yang terkenal. Namun, dengan berkembangnya media sosial, siapapun bisa mencapai tangga popularitas yang biasanya dimiliki oleh orang-orang terkenal.Jika kamu suka membagikan opini terhadap suatu hal, memberikan edukasi, dan atau bahkan dikenal sebagai pembuat konten lucu dan relevan, bagde centang biru akan sangat membantumu dikenal oleh banyak orang.
  2. Sebagai sarana brand awareness. Akun verified tak hanya berlaku bagi individu saja, melainkan juga berguna bagi brand atau perusahaan. Akun brand atau perusahaan yang verified dapat membantu konsumen menikmati konten-konten dari brand yang disukainya.Selain itu, badge verified juga dapat digunakan untuk melancarkan berbagai campaign guna membantu menyebarkan brand awareness yang bertujuan menggaet konsumen-konsumen baru.

4 Syarat Akun Instagram Centang Biru

Akun verified Instagram identik memiliki followers yang banyak. Namun, Instagram tidak menentukan batasan minimum jumlah followers yang harus dimiliki untuk meminta verifikasi dari Instagram.

Kamu hanya harus menjadi unik, autentik, melengkapi data, dan terkenal.. Semisal permintaanmu ditolak, bisa jadi karena kamu belum memenuhi salah satu dari 4 syarat berikut ini.

Unik

Syarat pertama yaitu kamu harus memiliki akun unik, beda dari pengguna lainnya. Ini artinya, kamu tidak bisa mengajukan dua akun yang memiliki identitas yang sama. Selain itu, Instagram hanya akan memberi verifikasi pada satu akun untuk setiap orang atau bisnis tertentu.

Autentik

Syarat kedua adalah autentik atau keaslian akun. Identitas yang diberikan harus sesuai dengan akun yang ingin diverifikasi dan bukanlah peniru, fans, roleplay, terhadap tokoh atau brand tertentu.

Kamu juga harus mengonfirmasi bahwa konten-konten yang kamu unggah murni milikmu sendiri, bukan karya orang lain. Ini dilakukan Instagram agar terhindar dari penipuan atau kejahatan yang bisa saja dilakukan oleh akun-akun peniru.

Lengkap

Syarat ketiga, kamu harus melengkapi data yang diperlukan untuk kebutuhan profil. Kamu harus membuat biografi yang unik, foto profil yang jelas, dan minimal satu konten telah terunggah di akun tersebut.

Selanjutnya, kamu tak boleh mencantumkan link “Tambahkan Saya” ke akun media sosial lainnya. Terakhir, akun tersebut harus terbuka untuk publik dan tak boleh di-private.

Terkenal

Syarat terakhir, kamu harus merepresentasikan orang atau brand yang sudah dikenal masyarakat. Instagram akan meninjau hal ini dari berita dan dan berbagai sumber lainnya untuk membuktikan seberapa dikenal identitas tersebut oleh masyarakat.

Definisi terkenal sendiri sangat subjektif. Maka dari itu, Instagram memiliki kriteria sendiri untuk menilai ketenaran identitas tersebut. Sayangnya, Instagram belum bisa membagikan kriteria ini kepada publik.

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Verified

Ada banyak cara membuat akun Instagram-mu verified atau mendapat badge centang biru. Kamu bisa memakai berbagai strategi marketing atau personal branding untuk meningkatkan engagement agar semakin banyak orang mengenal akunmu.

Setelah merasa layak mendapat badge centang biru, lakukan langkah-langkah ini.

Lengkapi Profil

Langkah pertama yaitu melengkapi data-data kebutuhan profil. Misalnya username dan nama yang jelas. Jangan lupa juga untuk memasukkan biografi yang menarik, serta foto profil yang jelas.

Jika kamu bukanlah tokoh atau figur publik yang terkenal, maka kamu akan sulit mengajukan verifikasi jika kamu tidak terlihat memiliki persona yang meyakinkan di Instagram. Ini artinya, kamu harus membuat akunmu aktif membagikan konten dan memiliki engagement yang bagus.

Ikuti Aturan Instagram

Selain itu, kamu juga harus patuh terhadap aturan di Instagram Community Guidelines. Ini karena kamu akan menerima konsekuensi jika tidak mengikuti aturan tersebut.

Misalnya, jika kamu tertangkap basah mengurus verifikasi dari jasa verified akun Instagram atau memperjualbelikan tanda verified yang kamu punya. Maka, Instagram tidak segan untuk mencabut bagde centang biru yang sudah didapat.

Ubah Menjadi Akun Bisnis

Ganti fungsi akunmu menjadi akun bisnis. Ini menunjukkan bahwa akunmu terlihat profesional. Meski kamu tak berniat meraup keuntungan dari akun tersebut, mengganti kea kun bisnis tetap memberikan kesan bahwa akun tersebut memiliki intensi untuk merawat atau menumbuhkan akun tersebut.

Selanjutnya, tautkan akun dengan fanpage di Facebook. Sebaiknya, kamu membuat fanpage tersebut terlebih dahulu. Sama halnya di Instagram, pastikan kamu juga konsisten mengunggah konten di fanpage tersebut.

Ajukan Permintaan Verifikasi Akun

Jika kamu sudah yakin menjadi sosok yang berhak mendapat badge centang biru tersebut, maka ajukan permintaan verifikasi akun. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings atau
  2. Klik Request Verification
  3. Akan muncul notifikasi untuk melengkapi formulir seperti username, nama lengkap, dikenal sebagai (known as), dan kategori.
  4. Selanjutnya unggah foto tanda pengenal. Untuk individu, kamu bisa menyantumkan KTP atau Paspor. Sedangkan untuk brand atau bisnis, bisa memasukkan dokumen bisnis seperti NIB.
  5. Pastikan data yang kamu masukkan adalah benar adanya. Jika sudah, maka klik Send atau

Tunggu Proses Verifikasi Selesai

Setelah semua langkah-langkah tersebut dilakukan, kamu tinggal menunggu review atau peninjauan dari pihak Instagram. Biasanya, Instagram akan mengonfirmasi permintaanmu dalam satu minggu. Jika permintaanmu ditolak, maka kamu baru bisa mengajukan verifikasi kembali 30 hari setelahnya.

Itu tadi 5 cara membuat akun Instagram-mu menjadi verified. Kamu tak perlu khawatir jika belum mendapat badge tersebut karena tidak ada batasan terhadap permintaan verifikasi.

Kamu hanya perlu membuat akun Instagram-mu tumbuh, lalu terus mencoba mengajukan verifikasi hingga dapat. Selamat mencoba!

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter