1. DScovery

Cara Membuat Brand Persona: Pengertian, Tujuan dan Dimensinya

Brand persona adalah identitas yang dimiliki oleh suatu merek untuk meningkatkan kesadaran khalayak terhadap produk. Tapi kamu tahu gak sih sebenarnya gimana cara membuat brand persona? Yuk intip penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Untuk meningkatkan kesadaran dan mempertahankan eksistensi suatu merek, maka seorang pengusaha perlu mengetahui posisi apa yang ingin dimiliki suatu merek di pandangan audiens. Merek atau brand adalah sebuah tanda atau nama yang diberikan kepada suatu produk sehingga mudah dikenal oleh audiens.

Brand persona adalah hal penting yang perlu dimiliki suatu produk atau jasa, karena akan berhubungan juga dengan pola pemasaran yang dilakukan perusahaan. Berikut ini penjelasan mengenai cara membuat brand persona yang dapat dilakukan untuk membangun suatu usaha bisnis. Simak artikel dibawah ini!

Pengertian Brand Persona

Brand persona adalah karakteristik yang dimiliki oleh sebuah brand atau merk yang menjadi ekspresi dan ciri khas dari sebuah produk. Menurut Kotler dan Keller (2012), brand persona adalah gabungan yang mengkaitkan sifat manusia sebagai landasan pembentukan persona suatu merek.

Brand persona menjadi bagian dari kekuatan produk dimata konsumen, suatu produk akan diperkenalkan dan diketahui ciri khasnya melalui brand persona.Brand persona menjadi hal penting untuk dapat menarik dan mempertahankan eksistensi sebuah produk dalam persaingan bisnis. Brand persona juga ditentukan agar suatu produk dapat lebih diterima oleh konsumen yang merasakan kemiripan, persamaan bahkan kebutuhan akan produk.

Brand persona sering juga dianggap sebagai identifikasi terhadap konsep yang dimiliki suatu produk, sehingga menimbulkan ketertarikan dan perhatian khalayak dalam proses pemasarannya. Melalui pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan brand persona adalah pemberian sifat untuk menunjukan ciri khas yang dapat memikat minat konsumen terhadap merek tertentu.

Tujuan Brand Persona

Brand persona dibuat tentu karena memiliki tujuan tertentu yang diharapkan oleh seorang pebisnis atau pemilik produk. Berikut ini beberapa tujuan pembuatan brand persona:

  • Menghubungkan merek dengan konsumen

Tujuan brand persona adalah untuk membangun hubungan merek dengan konsumen. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa brand persona adalah sifat manusia yang digabung kepada suatu merek, hal ini untuk menunjukan adanya keterikatan konsumen terhadap produk. Hubungan ini bisa didasari karena pesan yang disampaikan dari suatu brand sehingga memicu pengalaman personal milik individu.

  • Memberikan gambaran identitas konsumen

Brand persona juga bertujuan untuk membantu memberikan gambaran identitas konsumen, karena jika seorang pengusaha ingin menentukan brand persona suatu produk maka ia perlu mengetahui identitas konsumen yang ingin diraihnya.

  • Untuk membedakan merek dengan pesaing

Brand persona bertujuan untuk membedakan suatu merek dengan produk merek pesaing. Melalui brand persona suatu produk atau merek dapat mempertahankan posisinya sesuai dengan pesan yang disampaikan kepada khalayak.

  • Mempertahankan eksistensi merek di pangsa pasar

Brand persona bertujuan untuk mempertahankan eksistensi merek di pangsa pasar. Brand persona akan menjadi ciri khas dan gambaran yang dipahami oleh audiens mengenai konsep suatu produk, jika brand persona yang dimiliki suatu individu sudah kuat maka akan lebih mudah untuk audiens mengingatnya.

Dimensi Brand Persona

Brand persona dalam pengukuran keberhasilan atau penilaian audiens dibedakan menjadi beberapa dimensi. Berikut ini dimensi-dimensi utama yang ada dalam karakteristik brand persona:

  • Sincerity

Dimensi brand persona yang pertama adalah sincerity (ketulusan), berkaitan dengan ketulusan dan kualitas suatu merek produk yang dipasarkan. Dimensi sincerity membahas mengenai merek yang memiliki karakteristik seperti, kejujuran, sederhana, rendah hati dan lain sebagainya.

  • Excitement

Dimensi brand persona excitement (ketertarikan) adalah dimensi mengenai suatu karakter yang dinilai berinovasi tinggi untuk tampil berbeda. Dimensi ini berfokus pada bagaimana sebuah brand dinilai mampu meningkatkan rasa ketertarikan konsumen.

  • Competence

Dimensi competence (kompetensi) menjelaskan mengenai karakter suatu merek untuk bisa diandalkan dan dipercaya oleh para konsumen. Dimensi competence juga sebagai karakteristik merek mengenai keamanan yang dapat diperoleh konsumen atas nama merek tersebut.

  • Sophistication

Dimensi sophistication (keduniawian) merupakan dimensi brand persona yang membahas mengenai citra, prestise yang dimiliki suatu produk. Biasanya hal ini berhubungan juga dengan nilai-nilai suatu perusahaan

  • Ruggedness

Dimensi ruggedness (ketahanan) menjelaskan mengenai karakter brand yang berkaitan dengan daya tahan produk dan bagaimana merek produk tersebut dapat mendukung aktivitas hidup konsumen. Dimensi ini menjelaskan persona suatu merek yang dikenal daya tahannya.

Cara Membuat Brand Persona 

Untuk membuat brand persona kita perlu memperhatikan beberapa poin penting yang dapat mempengaruhi pembentukan karakteristik merek. Berikut ini tahapan-tahapan cara membuat brand persona yang dapat kamu lakukan:

  • Mengetahui nilai-nilai perusahaan

Untuk membuat brand persona suatu merek maka kita perlu mengetahui nilai-nilai dan ciri khas yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini juga bertujuan untuk membangun brand identity suatu produk 

  • Menentukan tujuan dan manfaat produk

Membuat brand persona juga perlu memperhatikan tujuan dan manfaat dari produk atau merek yang akan dipasarkan pada publik. Menentukan tujuan dan manfaat produk merupakan hal penting untuk membuat brand persona, karena pada bagian ini kita sudah mengetahui pesan apa yang ingin disampaikan dan langkah berikutnya hanya perlu menyesuaikan dengan karakteristik dari target audiens.

  • Menentukan target audiens

Brand persona juga dibuat dengan menentukan target audiens, karena hal ini akan berkaitan dengan tujuan dan pencapaian pemasaran suatu produk. Dengan menentukan target audiens maka kita akan berupaya untuk menentukan apa yang menjadi karakteristik audiens tersebut, dan bagaimana agar merek atau pesan komunikasi yang disampaikan dapat diterima dan relevan oleh mereka.

  • Membuat style guide brand persona

Untuk membuat brand persona kita perlu membuat style guide brand persona, maksud dari style guide adalah panduan gaya berupa hal-hal yang menjadi ciri khas dalam melakukan publikasi konten merek. Style guide ini bisa berupa tulisan, pemilihan warga, hingga pada pemilihan font. Hal ini bertujuan untuk mendukung brand persona yang dimiliki merek tertentu.

Itu dia cara membuat brand persona pada suatu produk, pada intinya pemberian brand persona bertujuan untuk mengenalkan kepada publik mengenai identitas sebuah produk yang dipasarkan. Brand persona digunakan juga untuk mengetahui dan menentukan target audiens yang ingin diraih. 

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, maka dapat kita ketahui bahwa menentukan brand persona pada suatu produk sangatlah penting. Karena melalui brand persona itulah publik mampu mengenali manfaat yang dapat diberikan oleh produk tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again