1. Entrepreneur

Mengubah Kata-kata Menjadi Profit: Panduan Praktis Membuat Copywriting Iklan yang Menjual di ChatGPT

Mengoptimalkan Iklan Anda dengan Copywriting yang Persuasif di ChatGPT

Copywriting adalah seni dan teknik menulis yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Penulisan Copywriting biasa digunakan dalam berbagai jenis iklan, termasuk iklan cetak, iklan online, materi promosi, brosur, leaflet, surat penawaran, situs web, dan banyak lagi.

Keterampilan copywriter dalam membuat copywriting sangat berpengaruh terhadap keefektifan tujuan penyampaian pesan dalam pemasaran. Karenanya, copywriting sangat penting dalam iklan untuk mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa copywriting sangat penting dalam iklan

Menarik perhatian pelanggan

Copywriting yang baik harus mampu menarik perhatian target audiens dengan menyampaikan pesan yang jelas, menarik, kreatif dan persuasif.

Meningkatkan kesadaran merek

Dengan copywriting yang menarik, Anda juga dapat meningkatkan kesadaran merek dan memperkenalkan produk atau layanan Anda kepada calon pelanggan.

Mempengaruhi keputusan pembelian

Copywriting yang persuasif dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda.

Menciptakan keterikatan dan hubungan yang kuat dengan pelanggan

Anda dapat menyusun copywriting sesuai dengan gaya bahasa dari target pelanggan untuk membangun keterikatan dan hubungan yang kuat serta mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.

Perkembangan artificial intelligence yang kian tak terbatas membuat copywriter kini tidak perlu repot membuat copywriting secara manual. Software bernama ChatGPT bisa membantu copywriter untuk membuat copywriting sesuai kebutuhan bisnisnya. Lalu, bagaimana cara membuat copywriting di ChatGPT? Simak penjelasan berikut!

Cara Membuat Copywriting di ChatGPT

  • Masukkan email dan password akun ChatGPT Anda, lalu klik Continue

  • Ketikkan instruksi atau perintah penulisan copywriting di kotak paling bawah bertuliskan Send a Message. Pada tahap ini, Anda bisa memasukkan instruksi mendetail terkait copywriting yang Anda inginkan, misalnya “Buatkan copywriting untuk iklan mobil dengan target pelanggan karyawan dengan mobilitas tinggi”

Contoh Penulisan Copywriting di ChatGPT

Anda bisa memasukkan instruksi pembuatan copywriting untuk iklan. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis iklan dan brand Anda. Pembuatan copywriting dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda ingin membuat copywriting yang singkat, Anda hanya perlu memasukkannya dalam detail instruksi.

Jika satu copywriting dirasa tidak cukup, Anda bisa mengetikkan jumlah copywriting yang di inginkan. Dengan begitu, Anda bisa memilih copywriting mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Perhatikan contoh dibawah ini!

Anda bisa menulis instruksi penulisan copywriting secara detail untuk mendapatkan hasil terbaik. Misalnya dengan menyebutkan siapa target konsumen Anda, jenis iklan yang akan di buat, spesifikasi produk atau layanan, manfaat dan keunggulan produk atau layanan, dan lain sebagainya. Lihatlah contoh dibawah ini!

Anda juga bisa meminta penulisan copywriting dengan formula tertentu, seperti formula AIDA, PAS, atau FAB seperti contoh berikut!

Tips Membuat Copywriting untuk Iklan di ChatGPT

Kenali target audiens Anda

Dengan mengenali karakteristik target audiens, Anda bisa menuliskannya dalam instruksi pembuatan copywriting di ChatGPT agar mendapat hasil yang lebih relevan dan menarik untuk pelanggan.

Perika Ejaan

Seperti yang diketahui bahwa ChatGPT menyajikan jawaban dengan bahasa yang mudah dipahami oleh penggunanya. Kendati demikian, akan lebih baik jika Anda tetap melakukan pengecekan dan melakukan sentuhan akhir pada copywriting yang disajikan agar memberikan hasil yang lebih optimal.

Fokus pada manfaat produk

Jangan hanya menjelaskan fitur produk, tapi fokus pada manfaat yang akan dirasakan oleh calon pembeli. Cantumkan manfaat atau keunggulan produk dalam instruksi di ChatGPT.

Sisipkan call-to-action

Call-to-action (CTA) menjadi langkah penutup yang penting. Dengan begitu, pelanggan tau apa yang harus dilakukan setelah melihat iklan Anda. Jadi, jangan lupa untuk menuliskan instruksi pembuatan copywriting secara mendetail, termasuk kalimat CTA.

Itulah panduan dan tips untuk membuat copywriting di ChatGPT. Anda bisa memaksimalkan pengguaan ChatGPT untuk pembuatan copywriting bergantung pada instruksi yang Anda tuliskan. Karenanya, Anda bisa melakukan uji coba dengan berbagai instruksi untuk mendapat copywriting yang paling cocok.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again