1. DScovery

7 Cara Membuat CV ATS Friendly untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (DENGAN CONTOH)

Masih banyak sekali yang belum mengetahui apa itu ATS dan CV bagaimana yang ATS friendly. Pada artikel ini, kamu akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly beserta contohnya.

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu dokumen yang sangat amat penting khususnya bagi jobseeker yang sedang mencari pekerjaan. CV atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai daftar riwayat hidup biasanya akan memuat data diri, kemampuan atau skill baik itu hard skill maupun soft skill, serta kontak pemiliknya.

Dokumen CV ini pun biasanya digunakan sebagai salah satu dokumen pertimbangan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan dalam memilih kandidat yang tepat untuk mengikuti tes rekrutmen selanjutnya (biasanya wawancara atau tes psikotes).

Karena CV ini dapat menjadi salah satu pertimbangan besar bagi jobseeker dalam mencari pekerjaan, maka sangat penting juga untuk memperhatikan pembuatan CV yang baik dan benar. Dewasa ini, banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem Applicant Tracking System (ATS) dalam proses seleksi CV.

Walaupun begitu, masih banyak sekali yang belum mengetahui apa ATS ini dan CV bagaimana yang ATS friendly. Pada artikel ini, kamu akan diajak DailySocial.id untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly beserta contohnya.

Apa itu Curriculum Vitae (CV)?

7 Cara Membuat CV ATS Friendly untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (DENGAN CONTOH) | Cottonbro Pexels

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu berkas yang biasanya akan dikumpulkan kepada recruiter atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Selain CV, biasanya perusahaan akan membutuhkan beberapa berkas administrasi awal yang akan digunakan untuk bahan pertimbangan seleksi kandidat pekerja.

Dokumen tersebut di antaranya adanya surat lamaran pekerjaan, ijazah, transkrip nilai, KTP, dan lain sebagainya. CV atau yang dalam bahasa Indonesia disebut daftar riwayat hidup merupakan suatu dokumen yang berisi poin-poin penting mengenai identitas diri, pengalaman bekerja atau organisasi, juga kemampuan dari sang pemilik CV.

CV dan surat lamaran pekerjaan memiliki perbedaan yang amat mencolok. Dokumen CV merupakan berkas yang bersifat menginformasikan secara umum pada siapapun. Sementara itu, surat lamaran kerja merupakan surat yang ditujukan secara pribadi pada suatu perusahaan dengan tujuan untuk memberitahukan posisi yang akan dilamar calon pekerja. 

Apa itu ATS?

ATS adalah singkatan dari Applicant Tracking System yang mana merupakan suatu program atau software yang digunakan oleh perusahaan untuk menyeleksi CV dari kandidat pekerja. Melalui ATS, perusahaan yang tadinya harus menyeleksi banyak berkas CV kandidat pekerja, jadi dapat menghemat waktu dan mendapatkan CV dengan skill yang relevan dengan cepat. Sebenarnya bagaimana cara kerja dari perangkat lunak ini?

Perusahaan awalnya mendapatkan banyak sekali CV dari banyak calon pekerja bersamaan dengan dokumen lamaran kerja lain. Setelahnya, recruiter akan memasukkan seluruh data CV tersebut ke ATS. Nah, selanjutnya ATS akan bekerja dengan memindai berkas CV dan menyarankan kandidat pekerja yang sesuai untuk tes rekrutmen berikutnya.

Banyak dari perusahaan yang menggunakan ATS untuk melakukan seleksi atas kandidat pekerjanya. Agar kamu dapat memperoleh peluang yang lebih tinggi untuk melanjutkan ke tahap rekrutmen selanjutnya, sangat penting untuk kamu dapat membuat CV yang ramah dengan software ATS.

Kenapa CV Harus ATS Friendly?

7 Cara Membuat CV ATS Friendly untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (DENGAN CONTOH) | Cottonbro Pexels

Sangat penting bagi CV kamu untuk dapat ATS friendly atau ramah dengan software ATS. Mengapa demikian? Berikut ini adalah alasan mengapa CV kamu harus ramah ATS.

ATS Dipakai oleh Banyak Perusahaan dalam Proses Perekrutan

Perangkat Lunak ATS dewasa ini telah banyak digunakan oleh perusahaan, terlebih perusahaan besar yang seringkali mendapatkan ribuan CV setiap membuka lowongan pekerjaan. 

ATS ini akan digunakan untuk melakukan pemindaian atas CV dan nantinya perusahaan akan mendapatkan kandidat yang informasi CV-nya relevan dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Nah, sangat penting bagi kamu untuk dapat membuat CV yang ramah dengan ATS ini agar CV kamu dapat terbaca oleh sistem.

Akan sangat sayang sekali bukan apabila sebenarnya kamu memiliki pengalaman kerja yang cocok dengan suatu lowongan namun CV kamu tidak terbaca oleh sistem? Untuk itu, sangat penting sekali bagi kamu yang jobseeker untuk memperhatikan CV yang pas untuk software ATS.

Memperbesar Peluang untuk Lolos ke Rekrutmen Berikutnya

Software ATS bekerja dengan memindai dokumen yang memiliki relevansi dengan posisi pekerjaan yang dibuka lowongannya oleh perusahaan. Hal ini dapat dilakukan karena ATS akan memilih suku kata maupun kata yang berhubungan dengan role yang dilamar oleh pekerja.

Nantinya, setelah ATS memberikan rekomendasi kandidat, recruiter juga akan memeriksa dokumen secara langsung. Dengan membuat CV yang ATS friendly, kamu akan memiliki potensi yang lebih besar untuk lolos ke tahap rekrutmen berikutnya, baik itu tes psikotes maupun interview. 

Perekrut Mendapatkan Informasi yang Relevan Seputar Kandidat dan Posisi yang Dilamar

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, setelah ATS memberikan rekomendasi calon kandidat, recruiter akan memeriksa kembali CV yang telah direkomendasikan.

ATS sebelumnya telah menyortir CV yang memiliki relevansi yang kuat dengan job role yang perusahaan tawarkan. Nah, dengan pemindaian dari ATS ini, recruiter akan memperoleh kandidat dengan relevansi yang kuat dengan posisi yang tersedia pada perusahaan. 

Mudah Dibaca oleh Siapapun

Format CV yang dapat dibaca oleh ATS akan cenderung memiliki template yang jelas dan straightforward. Dengan format CV yang sesuai dengan ATS, kamu akan cenderung membuat CV yang lebih mudah dibaca oleh siapapun.

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) yang ATS Friendly

7 Cara Membuat CV ATS Friendly untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (DENGAN CONTOH) | Cottonbro Pexels

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa CV harus ATS friendly, apakah kamu langsung ingin membuat CV yang ramah ATS? Tentunya kamu perlu untuk mengetahui cara untuk membuat CV ATS dahulu. Berikut ini penjelasan mengenai cara membuat CV yang ATS Friendly.

Lakukan Riset akan Posisi yang Dilamar

ATS akan melakukan sortir atas CV yang memiliki korelasi yang kuat dengan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan begitu, sangat penting untuk kamu untuk menuliskan konten CV yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Pada contohnya, apabila kamu ingin melamar pada pekerjaan yang berhubungan dengan kreatif desain. ATS dapat mengenali kamu sebagai kandidat yang cocok apabila kamu memiliki kata kunci (keyword) pengalaman di bidang pekerjaan desain.

Perangkat lunak ini pun dapat mengenal keahlian seperti Corel Draw, Photoshop, dan banyak keahlian grafis lain yang cocok untuk posisi kreatif desain perusahaan. Nah, untuk itu penting sekali untuk menyesuaikan konten CV dengan jabatan yang kamu lamar ya!

Pakai Template yang Mudah Dibaca dan ATS Friendly

Langkah untuk membuat CV ramah ATS lainnya adalah kamu perlu untuk memakai atau membuat template yang ramah ATS. CV dengan format yang ramah ATS biasanya ditandai dengan konten yang straightforward dan tidak memerlukan grafik-grafik tertentu untuk menunjukkan skill atau kemampuan.

CV yang memiliki konten yang terus-terang akan dengan mudah dibaca baik itu oleh ATS serta recruiter. Selain itu, template yang ATS friendly akan menghindari adanya kesalahan formatting.

Pakai Font yang ATS Friendly

Langkah membuat CV yang ATS friendly selanjutnya adalah kamu perlu untuk menggunakan font CV yang mudah terbaca. Font untuk CV yang direkomendasikan di antaranya adalah Calibri, Helvetica, Cambria, Arial, Verdana, Georgia, dan Lato. 

Buat Subjudul yang Jelas

Cara selanjutnya untuk membuat CV yang baik dan benar dan ATS friendly adalah kamu perlu untuk menambahkan subjudul yang jelas agar mudah terbaca oleh pembaca dan ATS. Data yang perlu untuk ditambahkan pada CV di antaranya adalah pengalaman kerja, pengalaman organisasi, riwayat pendidikan, kemampuan atau skill.

Tips lain yang dapat kamu terapkan adalah kamu dapat menggunakan bahasa inggris dalam penulisan CV kamu. Mengapa demikian? Karena kebanyakan ATS saat ini baru mendukung pemindaian kata kunci dengan bahasa Inggris. 

Selain itu, penggunaan tabel akan sangat tidak disarankan dalam penulisan CV ATS, karena dapat berpotensi untuk tidak terbaca. Subjudul yang baik untuk CV biasanya akan dipisah menggunakan heading. Kata kunci untuk subjudul yang baik di antaranya adalah Profile, Contact, Work Experience, Education, dan Skills.

Edit CV dengan berbagai Informasi yang Relevan

Setelah kamu melakukan riset akan posisi pekerjaan yang kamu, waktunya untuk kamu menuangkan konten yang sesuai dengan jabatan atau posisi yang kamu lamar.

Jangan lupa untuk teliti dalam memasukkan kata karena adanya kesalahan tulis dapat menjadikan kata yang seharusnya dapat menjadi informasi relevan untuk kamu jadi tidak terbaca oleh mesin lho!

Simpan Dokumen dengan Format Sesuai dengan Ketentuan

Langkah akhir dalam proses penyusunan CV adalah penyimpanan berkas. Ikuti petunjuk instruksi dari recruiter dalam memilih penyimpanan ini. Jika tidak ada arahan untuk format dokumen, format dokumen PDF dapat menjadi pilihan yang sangat baik. 

Dokumen PDF akan cenderung memiliki tampilan yang lebih rapi jika dibandingkan dengan tampilan dokumen DOCX yang suka berubah-ubah dipengaruhi dengan versi Microsoft Word. 

Tes CV dan Minta Pendapat Orang Lain

Langkah terakhir untuk memastikan bahwa CV kamu telah ramah dengan ATS adalah dengan melakukan tes dengan berbagai tes online ATS yang ada pada mesin pencarian. Selain itu, kamu juga dapat melakukan konsultasi dengan teman maupun kerabat kamu yang paham dengan CV yang baik dan benar.

Contoh Curriculum Vitae (CV) ATS

Berikut ini adalah contoh CV ramah ATS yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk CV kamu! Sebelumnya, DailySocial.id akan memberikan disclaimer bahwa data yang ada dalam contoh CV ini merupakan rekaan semata. Kamu dapat mengubah data diri dari contoh CV ini sebagai referensi CV kamu.

AURA PRANAJA

085xxxxxxxxx | aurapranaja@gmail.com | Surakarta, Jawa Tengah

linkedin.com/in/aurapranaja

Profile

Aura is a fresh graduate with bachelor’s degree in Journalistic from Universitas Padjajaran. She is very passionate about raising her skills and experience in writing. Aura is having so much eager in content writing, so she is currently building a personal blog and joining a digital marketing course to study more about Search Engine Optimization (SEO). Aura finds interest in pursuing a professional career as a content writer.

Work Experience

PT. Amanah Jaya Swasembada

Content Writer                                                                                  June 2022 - Present

- Crafting Search Engine Optimization (SEO) articles 

- Drafting articles to Content Management System (CMS)

- Crafting articles for external clients

Organizational Experience

Student Press and Publishing Agency   

Head of Editorial Team                                                January 2019 - December 2019

- Organizing division members in carrying out meetings or other activities

- Developing concepts and work programs, especially tasks for team member

- Ensuring that work programs are accordant with the plans                                      

Education

Universitas Padjajaran                                            

Bachelor’s degree in Journalistic, GPA: 3.60                    August 2017 – August 2021

Skills

Language: Bahasa Indonesia (Native), English

Non-Technical:Teamwork, Creativity, Leadership

Technical:Microsoft Office, Semrush, Content Management System (CMS), Ahrefs, Search Engine Optimization (SEO)

Certificate: TOEFL Mastery Certificate by Skill Academy

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem ATS sehingga mereka dapat melakukan proses pemindaian CV dengan lebih cepat. ATS dapat membantu perusahaan dalam proses rekrutmen khususnya dalam hal penghematan waktu.

Nah, itu tadi adalah cara dan contoh CV ATS friendly yang dapat kamu jadikan sebagai referensi bagi CV kamu. Semoga artikel ini membantu kamu dalam penulisan CV yang baik dan benar ya. Semangat selalu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again