Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word
Label Undangan Akan Terisi Otomatis Mengikuti Daftar Undangan yang Dibuat
Membuat label undangan yang benar sehingga bisa terisi otomatis berdasarkan data nama dan alamat bisa dilakukan dengan mudah di Microsoft Word. Tutorial ini bisa Anda kerjakan di semua versi Office, tetapi saya menyarankan versi terbaru agar step-stepnya sama persis dengan yang dipraktikkan di screenshot.
Ada sedikitnnya 14 screenshot, jadi saya menyarankan Anda untuk tidak melewatkan satupun langkah agar pembuatan label undangan berjalan dengan sukses.
- Pertama, buatlah dokumen Excel yang berisi nama dan alamat. Bagaimana isinya bebas, yang penting dua kolom ini wajib ada. Setelah dibuat, simpan file di folder yang harus diingat.
- Sekarang jalankan Microsoft Word di PC Anda, lalu klik Mailings - Labels.
- Ketika terbuka jendela dialog baru, klik Options.
- Terbuka lagi jendela dialog baru, kali ini klik New Labels.
- Lagi, muncul jendela baru seperti ini. Nah, isikanlah informasi-informasi yang diminta.
Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2016
Isian dalam label
Label Name : Isi dengan nama label yang akan dipakai Top margin : ini adalah jarak antara tepi atas kertas sampai dengan tepi label atas Side margin : Sedangkan ini adalah jarak antara sisi samping kertas hingga pinggir label pertama bagian samping Vertical pitch : Ukuran tinggi label yang ditambahkan dengan jarak vertikal label di bawahnya Horizontal pitch : Angka lebar jarak label ditambah jarak horizontal dengan label di sampingnya label berikutnya. Label height : Berapa tinggi label Label width : Berapa lebar label Number across : Berapa jumlah kolom yang dinginkan Number down : Berapa jumlah baris Page size : Bebas, tapi rekomendasi saya pilihlah ukuran custom Page width : Berapa jarak lebar kertas label Page height : Berapa juga ukuran ketinggian kertas label
- Setelah isian berhasil disimpan, sekarang klik New Document.
- Maka kertas akan langsung dikelompokkan dalam potongan-potongan kecil.
- Lanjutkan dengan mengklik Mailings - Select Recipients - User an Existing List.
- Ketika file explorer terbuka, carilah dokumen Excel berisikan nama-nama orang yang akan diundang tadi.
- Selanjutnya klik Mailings - Insert Merge field dan pilih Nama.
- Ini adalah judul kolom untuk file nama-nama undangan yang tadi dibikin di langkah pertama di atas.
- Maka, sekarang kotak pertama sudah berisikan nama.
- Letakan kursor di kotak pertama, kemudian enter dan tambahkan kata di untuk menunjukkan tempat. Dan tekan enter sekali saja untuk membuat baris baru.
- Ulangi langkah di atas, klik Mailings - Insert Merge Field, kali ini klik Alamat. Maka, sekarang terisilah label alamat tepat di bawah imbuhan "di" tadi.
- Salin semua label di kolom pertama, lalu gandakan ke kolom kedua. Jadi, kita sudah punya dua kolom yang terisi label yang sama.
- Agar datanya berurutan, letakkan kursor di label nama kolom kedua kemudian klik Mailings - Ruless - Next Record.
- Sekarang kotak kedua mendapatkan imbuhan label <<Next Record>>.
- Salin isian di kolom kedua lalu gandakan ke kolom-kolom lainnya sampai semua kolom terisi penuh. Agar rapi, klik CTRL + A lalu ubah ke orientasi tengah dengan menekan CTRL + E.
- Untuk melihat bagaimakah hasil akhirnya, klik saja tombol Preview Result.
- Nah, ini dia hasilnya. Semua kolom sudah terisi dengan data-data yang sudah dibuat di awal tadi.
Berikutnya, Anda tinggal mencetak label undangan yang sudah kita buat. Itulah dia tutorial bagaimana cara membuat label undangan agar terisi otomatis.
Gambar header Pinterest.
Sign up for our
newsletter