Cara Membuat Meta Description untuk Halaman Utama dan Artikel di Blogger.com

Meta description mempunyai peran yang sangat penting dalam penerapan teknik-teknik search engine optimization atau SEO. Sebab meta description akan menjadi keterangan yang ditampilkan oleh mesin pencari saat web muncul di halaman hasil pencarian.

Dengan demikian berarti meta description merupakan konten paling penting yang akan diindeks oleh mesin pencari. Bukan konten lainnya. Di bagian ini pulalah blogger harus mengoptimalkan kata kunci sekaligus sales letter yang menarik.

Di tutorial ini kita akan membahas cara membuat meta description untuk halaman utama (home) dan halaman artikel (single post/postingan) di blog platformblogger.com. Keduanya saling berkaitan, jika fitur meta di home tidak diaktifkan, maka di postingan pun tidak akan muncul. Makanya kita akan lakukan secara berurutan, pertama untuk halaman utama dahulu.

  • Masuk ke dashboard blogger.com Anda, klik Setting - Preferences atau Pengaturan - preferensi penelurusan. Di panel tersebut temukan panel Tag meta - deskripsi kemudian klik link Edit.

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengganti Header Blog Berbentuk Teks dengan Gambar di Blogger.com

  • Ubah ke Ya/Yes lalu isikan meta description untuk halaman Home Anda. Panjang karakter yang direkomendasikan tidak lebih dari 160. Lebih dari itu tidak akan dibaca oleh mesin pencari. Boleh tapi tidak efektif.

  • Setelah itu Anda baru bisa membuat meta description untuk halaman artikel. Silahkan buat entri baru seperti biasa. Nah sekarang perhatikan di sebelah kanan ada panel Descripsi Penelusuran. Nah di kotak itulah Anda akan membuat meta description yang sesuai dengan kaidah SEO yang Anda anut

Selamat mencoba dan happy blogging!

Sumber gambar header Shutterstock.