1. DScovery

5 Cara Membuat Mind Mapping, Efektif Membantu Kegiatan Belajarmu

Jika kamu kesulitan memahami materi, kamu bisa membuat mind map dengan langkah-langkah berikut.

Kamu pasti pernah merasa kesulitan ketika harus memahami suatu materi, bukan? Biasanya, kesulitan tersebut akan menghambat proses belajarmu, karena harus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahaminya.

Nah, untuk mengatasi kesulitan tersebut, kamu bisa mulai dengan menerapkan cara membuat mind mapping. Lantas, apa saja tujuan mind mapping dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Tujuan Mind Mapping

Pada dasarnya, mind mapping bertujuan untuk membantu kelancaran dalam proses belajar. Nah, berikut adalah beberapa penjelasan lengkap mengenai tujuan mind mapping. antara lain:

Membantu Proses Pembelajaran

Mind mapping bertujuan untuk membantu memahami materi agar lebih mudah dipahami. Sebab, mind mapping berisi sekumpulan informasi yang saling terhubung dengan topik utamanya.

Untuk memudahkanmu dalam belajar, mind mapping dapat membantumu untuk fokus memahami materi secara mendetail. Selain itu, mind mapping yang penuh warna juga dapat membuat kegiatan belajarmu menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Membantu Meningkatkan Pemahaman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mind mapping dapat membantumu untuk meningkatkan pemahaman karena berisi berbagai informasi yang saling berkaitan. Dengan mind mapping, kamu juga bisa memahami sebab-akibat dari suatu kejadian atau peristiwa.

Meningkatkan Produktivitas

Jika kamu biasanya memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memahami suatu materi, namun dengan menggunakan mind mapping kamu bisa memahaminya dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, visualisasi mind mapping yang menarik juga akan membuatmu lebih bersemangat untuk semakin produktif dalam kegiatan belajar.

Mengasah Kreativitas

Mind mapping terdiri dari sekumpulan informasi yang berisi gambar serta garis yang bercabang dan saling berkaitan. Kamu dapat membuatnya sendiri sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Tentunya hal ini juga akan berdampak positif dalam mengasah kreativitas.

Cara Membuat Mind Mapping

Membuat mind mapping cukup mudah, karena kamu hanya perlu menyiapkan topik atau materi yang ingin kamu tulis. Sebelum mulai membuatnya, kamu juga perlu menyiapkan beberapa materi dan alatnya, seperti gambar-gambar, kertas, spidol, dan alat tulis lainnya.

Berikut adalah penjelasan langkah-langkah dalam membuat mind mapping.

1. Menyiapkan Topik Utama

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan topik utama yang akan kamu bahas. Selain berasal dari materi yang ingin kamu bahas, kamu juga dapat menggunakan topik utama yang berasal dari masalah atau keresahanmu.

Setelah menentukan topik utama, kamu harus membaginya menjadi 1-3 kata kunci yang masih berhubungan. Kata kunci inilah yang nantinya akan menjadi sub-topik dari topik utamamu yang luas.

2. Uraikan Topik Utama Menjadi Beberapa Sub-Topik

Dari topik utama, kamu bisa menguraikannya kembali ke dalam beberapa sub-topik yang masih berasal dari kata kunci dari topik utama tersebut. Misalnya, jika topik utamamu mengenai ekonomi, maka kamu bisa menggunakan topik-topik seputar ekonomi, seperti ekonomi makro dan ekonomi mikro. Dari beberap sub-topik ini, nantinya kamu dapat melakukan klasifikasi secara lebih mendetail.

3. Kembangkan Sub-Topik

Biasanya, setelah kamu menemukan sub-topik yang terkait dengan topik utamamu, kamu akan menemukan berbagai ide yang saling berkaitan dengan topikmu. Pilihlah beberapa ide yang sesuai dengan topik yang ingin kamu bahas. Agar lebih mudah dibaca, kamu perlu menentukan ide yang memiliki pengertian lebih luas terlebih dahulu, sebelum menentukan ide yang mendetail.

4. Buatlah Garis untuk Menghubungkan Setiap Topik beserta Turunannya

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat mind mapping adalah menghubungkan setiap topiknya melalui garis-garis yang saling berkaitan dengan topik utama. Garis berfungsi agar pembaca dapat memahami isi dari mind mapping tersebut.

5. Gunakan Warna yang Berbeda pada Setiap Garis yang Terhubung

Setiap garis mewakili setiap kata kunci maupun turunan dari topik-topik yang telah ditentukan. Agar mind map mudah dibaca, kamu perlu membedakan warna garis sesuai topik dan kata kunci yang kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa cara untuk membuat mind mapping untuk membantu kegiatan belajarmu. Langkah-langkah tersebut cukup mudah dimengerti dan diaplikasikan, bukan? Jadi, selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again