1. DScovery

Cara Membuat Penutupan Makalah dalam Karya Ilmiah beserta Contohnya!

Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang digunakan untuk menjelaskan atau menganalisis topik tertentu. Dalam proses pembuatannya dibutuhkan penutupan makalah yang tidak sekedar menjiplak penjelasan awal makalah. Berikut ini cara membuat penutupan makalah yang baik beserta contohnya!

Makalah adalah sebuah karya tulis yang berisi pendahuluan, isi dan penutup. Makalah digunakan untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan bahkan laporan mengenai suatu topik atau kegiatan tertentu. Makalah adalah karya tulis yang bersifat ilmiah dan berisi mengenai suatu topik yang dibahas untuk dideskripsikan, dianalisis dan diolah hingga mencapai suatu hasil kesimpulan.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat penutupan makalah yang baik. Berikut ini artikel penjelasan mengenai cara membuat teks penutupan makalah dalam karya ilmiah, dimulai dari struktur hingga contoh pembuatannya:

Struktur Makalah Karya Ilmiah

Untuk membuat makalah, kamu harus tahu terlebih dahulu struktur penulisan yang terdapat dalam sebuah makalah karya ilmiah. Berikut ini struktur penulisan makalah karya ilmiah:

  • Cover

Cover adalah struktur makalah karya ilmiah yang berisi mengenai judul, nama penulis, nama dosen atau pengajar, program studi, fakultas, universitas hingga tahun dibuatnya sebuah makalah. Cover berisi mengenai gambaran umum mengenai siapa yang membuat, apa yang dibuat, kapan dibuat dan dari mana dibuatnya.

  • Kata Pengantar

Kata pengantar berisi mengenai salam pembuka yang disampaikan penulis sebelum memasukan isi pendahuluan dari topik yang disampaikan. Biasanya kata pengantar juga berisi mengenai tujuan pembuatan makalah dan manfaat yang diharapkan penulis, beserta ungkapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu.

  • Daftar Isi

Merupakan serangkaian struktur yang biasanya ada dalam sebuah makalah, atau proposal penelitian lainnya untuk menunjukan urutan halaman dan isi konten yang ada dalam makalah karya ilmiah tersebut. Daftar isi berguna untuk membantu pembaca dalam mencari isi konten yang diinginkan dalam suatu makalah.

  • Pendahuluan

Struktur makalah karya ilmiah yang pertama adalah pendahuluan, yaitu membahas mengenai latar belakang, topik atau isu yang akan dibahas oleh penulis. Struktur ini juga membahas mengenai rumusan, tujuan dan manfaat yang akan diberikan dari makalah ini terhadap para pembaca atau audiens.

  • Isi

Struktur isi berisi mengenai pembahasan atau inti dari isu dan topik permasalahan yang diangkat, biasanya penjabaran mengenai jawaban untuk rumusan masalah yang telah ditetapkan pada pendahuluan. Isi merupakan hal penting dalam sebuah makalah, karena disinilah penulis akan menganalisis, menjabarkan, mendeskripsikan dan bahkan mengolah hasil temuannya di lapangan untuk menjadi sebuah data yang dapat dipertanggung jawabkan.

  • Penutup

Penutup adalah struktur makalah karya ilmiah yang membahas mengenai kesimpulan atau saran yang dapat diberikan penulis untuk penelitian selanjutnya. Pada bagian penutup ini, penulis akan membahas mengenai kesimpulan atau poin penting yang menjadi intisari dari makalah tersebut.

  • Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi mengenai sumber rujukan atau referensi yang digunakan oleh penulis atau peneliti guna mendukung penulisan makalahnya. Daftar pustaka bisa mengenai jurnal nasional atau internasional, data laporan dari situs resmi, pemberitaan di media online dan lain sebagainya. 

Cara Membuat Penutupan Makalah

Setelah mengetahui struktur penulisan makalah karya ilmiah, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara membuat penutupan makalah dalam karya ilmiah.Terkadang seseorang menganggap bahwa struktur penutup dalam makalah hanya copy paste dari penjelasan-penjelasan sebelumnya, padahal penulisan penutup makalah yang baik tidak seperti itu. 

Karena jika hanya mengandalkan copy paste atau pengulangan bisa jadi menimbulkan replikasi atau pengulangan informasi yang sudah jelas sebelumnya. Untuk membuat sebuah penutupan makalah yang baik, berikut ini cara membuatnya:

  • Memperhatikan arah hasil penelitian

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat penutupan makalah adalah memperhatikan arah hasil penelitian atau tulisan. Karena hal inilah yang akan menjadi intisari atau poin penting dari isi makalah yang menunjukan tercapainya tujuan penulisan makalah dan terjawabnya rumusan masalah pada bagian pendahuluan.

  • Menjelaskan faktor yang mempengaruhi hasil penelitian

Untuk menyusun penutupan makalah juga perlu menjelaskan faktor yang mempengaruhi hasil penelitian tersebut, hal ini dapat disampaikan pada bagian penutupan makalah. Mengapa penelitian memiliki hasil sebagai berikut, apa saja faktor yang mempengaruhinya. Penulis harus mampu meringkas hal tersebut menjadi poin-poin penting tanpa menghilangkan makna dari tulisan tersebut.

  • Memberikan saran untuk mengembangkan penelitian

Penutupan makalah juga perlu memperhatikan pemberian saran untuk mengembangkan penelitian atau topik tulisan makalah sejenisnya. Hal ini bisa dilihat dari berbagai faktor yang dirasakan penulis selama melakukan analisis dan pengolahan data, apa saja kekurangan yang dapat dilengkapi pada makalah selanjutnya.

Contoh Penutupan Makalah

Berikut ini sejumlah contoh penulisan penutupan makalah karya ilmiah dengan topik pendidikan sebagai contoh yang dapat menjadi referensi atau pertimbangan dalam makalah mu:

  • Contoh 1

Kesimpulan

Berdasarkan sejumlah data yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pola berpikir seseorang. Pendidikan dapat mempengaruhi tingkat intelegensi seseorang dalam berpikir kritis, sehingga tingkat pendidikan seseorang juga akan berdampak pada proses berpikir individu. Jadi hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara tingkat pendidikan dengan kemampuan berpikir kritis seseorang.

Saran

Penelitian yang dilakukan sebelumnya berfokus pada pendidikan sebagai faktor yang mempengaruhi proses berpikir kritis seseorang, meskipun demikian penelitian ini masih terbatas karena menganalisis satu faktor saja. Penulis memberikan saran untuk penelitian selanjutnya untuk fokus pada faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi proses berpikir kritis.

  • Contoh 2

Kesimpulan

Pendidikan adalah hal yang penting dan wajib dilaksanakan bagi setiap warga negara indonesia sebagai bentuk hak yang mereka miliki. Berdasarkan analisis penjelasan yang telah dipaparkan, maka diketahui bahwa saat ini di Indonesia pendidikan masih belum merata. Masih banyaknya kekurangan infrastruktur serta subsidi pendidikan yang belum tepat sasaran, sehingga menyebabkan masih banyaknya peserta didik yang merasa kesulitan untuk membayar pendidikan sekolah.

Saran

Penelitian yang telah dilakukan penulis mendapatkan hasil bahwa pendidikan di Indonesia saat ini masih belum merata, oleh sebab itu berikut ini beberapa saran yang dapat diberikan untuk menjadi solusi lembaga pendidikan di Indonesia:

  1. Meningkatkan infrastruktur pendidikan terutama di wilayah pinggiran kota.
  2. Menghapuskan pemberian subsidi hanya dari penilaian foto kondisi rumah, tetapi pertimbangkan juga hal lainnya seperti penghasilan orang tua, wilayah tempat tinggal dan jumlah tanggungan keluarga.
  3. Meningkatkan kuota bagi peserta didik yang masuk dalam kategori tidak mampu. 

Sekian informasi dan penjelasan seputar cara membuat penutupan makalah karya ilmiah beserta contohnya, melalui materi yang telah disampaikan kamu dapat mengetahui apa saja struktur yang terdapat dalam sebuah makalah karya ilmiah. Semoga informasi artikel ini dapat membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again