1. Entrepreneur

Cara Membuat Qris dengan Aplikasi Toko Netzme

Panduan dan Syarat Pembuatan QRIS pada aplikasi Toko Netzme

Quick Response Code Indonesian Standard atau yang lebih dikenal dengan singkatan QRIS merupakan salah satu inovasi metode pembayaran digital yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran dengan Bank Indonesia.

Pembayaran digital QRIS dikembangkan guna memudahkan transaksi di era digital. Karenanya, semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan QR code sebagai metode pembayaran wajib menerapkan standar QRIS.

Inovasi QRIS di era digital ini tentunya memberikan manfaat kepada banyak pihak, tidak hanya pengguna tetapi juga merchant atau pelaku usaha. Dengan menggunakan QRIS, pelaku bisnis bisa mengoptimalkan peningkatan penjualan karena adanya ragam metode pembayaran, lebih praktis dan efisien karena pembayaran dilakukan sesuai nominal yang disepakati tanpa perlu uang kembalian seperti pembayaran tunai, mengurangi biaya pengelolaan kas manual, terhindar dari adanya kejahatan uang palsu, dan sistem digital membuatnya rapi karena riwayat transaksi tercatat otomatis.

QRIS dapat dibuat salah satunya dengan cara mendaftar online pada Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang terdaftar di Bank Indonesia. PT. Netzme Kreasi Indonesia merupakan salah satu PJSP yang terdaftar di Bank Indonesia sehingga Anda bisa mengajukan QRIS melalui Netzme.

Netzme memiliki dua jenis QRIS, yaitu QRIS Statis dan QRIS Dinamis. QRIS Statis akan diperoleh setelah proses registrasi lebih lanjut ke pihak berwenang selesai. QRIS Statis adalah QR Code yang bersifat tetap yang ditampilkan dalam bentuk sticker atau print-out kepada merchant. Dengan QRIS Statis, merchant hanya perlu memajang atau memberikan QR code tersebut kepada pelanggan. QRIS jenis ini mengharuskan pelanggan untuk melakukan scan, memasukkan nominal pembayaran, memasukkan pin konfirmasi pembayaran dan menerima laporan pembayaran sukses.

Cara Mengajukan Pembuatan QRIS Statis

Credit image by Toko Netzme

Melalui penjelasan pada laman Bank Indonesia, pengajuan QRIS statis untuk merchant melalui PJSP dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Lakukan pendaftaran online di salah satu PJSP penyelenggara QRIS yang berada terdaftar.
  • Lengkapi pendataan usaha sesuai yang diminta oleh PJSP tersebut
  • PJSP akan melakukan proses verifikasi, pembuatan Merchant ID dan pencetakan kode QRIS
  • Setelah dicetak, PJSP akan mengirimkan sticker QRIS kepada merchant dan memberikan edukasi kepada merchant terkait penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran digital

Selain melalui PT. Netzme Kreasi Indonesia, Anda juga bisa mengajukan pembuatan QRIS Statis ke PJSP lain yang terdaftar di Bank Indonesia. Daftar PJSP tersebut dapat dicek pada link berikut  https://www.bi.go.id/PJSPQRIS/default.aspx.

Berbeda dengan QRIS statis, QRIS dinamis adalah QRIS sementara yang dibuat oleh merchant dan hanya bisa digunakan satu kali sesuai kebutuhan transaksi pelanggan. Merchant membuat QRIS jenis ini dengan memasukkan nominal pembayaran pelanggan sekaligus, sehingga pelanggan tidak perlu lagi memasukkan nominal transaksi. Pelanggan hanya perlu melakukan scan dan membayar sesuai nominal yang sudah ditentukan merchant.

Cara Membuat QRIS Dinamis di Toko Netzme

  • Buka Aplikasi Toko Netzme Anda

Credit image by Toko Netzme

  • Klik pada menu bagian QRIS

Credit image by Toko Netzme

  • Klik ikon (+) Create QR

Credit image by Toko Netzme

  • Masukkan nominal belanja yang harus dibayar pelanggan, lalu klik Next

Credit image by Toko Netzme

  • Klik Generate QR Code

Credit image by Toko Netzme

  • Pembuatan QRIS dinamis selesai. Klik Share untuk membagikannya kepada pelanggan yang harus membayar dan klik Save to Gallery jika Anda ingin menyimpannya.

Credit image by Toko Netzme

Dengan QRIS dinamis, pelanggan tidak perlu memasukkan nominal pembayaran lagi karena nominal pembayaran sudah ditentukan dan ditulis oleh penjual.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again