1. DScovery

Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara membuat struktur organisasi di Word dengan cepat dan mudah.

Struktur organisasi mengacu pada sistem formal otoritas, komunikasi, peran, tanggung jawab, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Ini menguraikan bagaimana tugas dibagi, dikoordinasikan, dan dikendalikan, dan mendefinisikan hubungan antara posisi dan departemen yang berbeda.

Membuat struktur organisasi penting karena membantu menetapkan garis wewenang, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang jelas, yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kinerja keseluruhan.

Struktur organisasi yang efektif juga dapat membantu menyelaraskan strategi, tujuan, dan sumber daya perusahaan, dan memungkinkannya beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar dan kebutuhan pelanggan.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Kamu dapat membuat struktur organisasi dengan mudah melalu Microsoft Word. Terdapat 2 (dua) cara yang berbeda yang dapat membantu kamu membuatnya:

Menggunakan Fitur Shape

Kamu dapat menggunakan fitur Shape yang ada di Word. Namun, cara ini akan memakan waktu yang cukup lama jika kamu ingin membuat struktur organisasi yang besar.

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Pilih menu Insert > Shapes > Text Box.
Shape Struktur Organisasi
  • Kamu dapat membuat kotakmu secara manual hingga membentuk kotak atau persegi panjang.
  • Kotak Struktur Organisasi
  • Jika kamu ingin mengubah warna, klik menu Shape Format, lalu kamu dapat mendesain kotak sesuai kebutuhan di Shape Styles.
  • Desain Kotak Struktur Organisasi
  • Beri teks berupa nama dan jabatan pada kotak yang sudah dibuat.
  • Susun struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan.
  • Susunan Struktur Organisasi
  • Untuk menghubungkan kotak, pilih Insert > Shapes > pilih bentuk garis.
  • Bentuk Garis Struktur Organisasi
  • Struktur Organisasi kamu telah jadi.
  • Menggunakan Fitur SmartArt

    More Coverage:

    Jika kamu tidak ingin membuat struktur organisasi secara manual, kamu juga dapat membuatnya dengan cepat melalui fitur SmartArt.

    1. Buka Microsoft Word.
    2. Pilih menu Insert > Klik SmartArt.
    SmartArt Struktur Organisasi
  • Setelah muncul dialog box SmartArt, pilih Hierarchy.
  • Hierarchy Struktur Organisasi
  • Masukkan nama dan jabatan sesuai kebutuhan.
  • Nama dan Jabatan Struktur Organisasi
  • Struktur Organisasi kamu telah jadi.
  • Demikianlah cara membuat struktur organisasi di Word, semoga bermanfaat.

    Are you sure to continue this transaction?
    Yes
    No
    processing your transaction....
    Transaction Failed
    Try Again

    Sign up for our
    newsletter

    Subscribe Newsletter
    Are you sure to continue this transaction?
    Yes
    No
    processing your transaction....
    Transaction Failed
    Try Again