1. DScovery

Cara Membuat Struktur Proposal (Penelitian, Kegiatan, Laporan Magang) beserta Penjelasannya

Penyusunan sebuah proposal bisa berbeda tergantung pada isi dan tujuan pembuatan proposal tersebut. Berikut ini beberapa contoh struktur proposal jenis penelitian, kegiatan hingga laporan magang yang dapat menjadi referensi untukmu!

Proposal adalah sebuah file atau dokumen yang bertujuan untuk menjelaskan rencana kegiatan serta tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan atau program tersebut. Proposal dapat ditemukan dalam beberapa jenis yang berbeda-beda tergantung pada tujuan dan isi proposal.

Beberapa orang masih kurang mengetahui betapa pentingnya sebuah proposal dalam melaksanakan dan mensukseskan sebuah program kegiatan. Berikut ini cara membuat struktur proposal berdasarkan tujuan dan penjelasannya:

Struktur Proposal Penelitian

Struktur proposal penelitian digunakan sebagai upaya menjelaskan alur penelitian yang akan dilakukan. Proposal penelitian juga digunakan untuk menilai apakah rancangan penelitian dapat dilaksanakan atau tidak.

Proposal penelitian yang disediakan tiap perguruan tinggi bisa jadi berbeda berdasarkan isi strukturnya, tetapi pada umumnya proposal penelitian akan membahas poin-poin berikut ini:

  • Pendahuluan

Pendahuluan dalam struktur proposal penelitian membahas mengenai latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat bahkan hipotesis dari penelitian yang akan dilaksanakan. Pendahuluan akan berisi mengenai topik utama yang akan dibahas dan apa yang mendasari pemilihan topik tersebut, untuk bisa menentukan  suatu topik juga harus dilandasi dengan data yang valid bahwa memang benar penelitian yang akan dilakukan memiliki urgensi atau kepentingan. 

  • Tinjauan Pustaka

Struktur proposal penelitian berikutnya adalah tinjauan pustaka, yaitu bagian yang membahas mengenai konsep-konsep dasar yang digunakan untuk memabngun penelitian. Pada bagian ini biasanya seorang peneliti juga akan menjelaskan teori apa yang akan digunakan, serta penelitian-penelitian terdahulu yang bisa digunakan untuk mendukung data yang ditemukan di lapangan.

  • Metodologi

Metodologi adalah struktur proposal penelitian yang membahas mengenai metode apa saja yang digunakan dalam penelitian. Metodologi akan menjelaskan apa objek penelitiannya, siapa subjeknya, bagaimana peneliti menentukan informan atau sumber data, bagaimana cara peneliti mendapatkan data dari informannya tersebut. Metodologi menjadi bagian dari proposal penelitian yang cukup krusial, karena disinilah penentuan data dapat diperoleh. 

Struktur Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah sebuah proposal yang digunakan dalam upaya menjelaskan rancangan kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Proposal kegiatan juga dilakukan untuk mencari sponsor atau media partner untuk mendukung terlaksananya sebuah acara kegiatan.

Proposal kegiatan bisa berbeda tergantung pada kebutuhan dan kepentingan yang akan disampaikan, berikut ini poin=poin penting yang biasanya ada dalam struktur proposal kegiatan:

  • Latar Belakang Kegiatan

Struktur proposal kegiatan yang pertama adalah latar belakang acara, yaitu apa yang mendasari kegiatan tersebut akan dilaksanakan. Tema seperti apa yang diinginkan. Latar belakang acara juga membahas mengenai apa yang menjadikan acara tersebut penting untuk dilakukan.

  • Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Tujuan dan manfaat acara juga menjadi bagian dari struktur proposal kegiatan, bagian ini berisi mengenai penjelasan apa tujuan kegiatan dilaksanakan dan manfaat apa yang akan diberikan jika melaksanakan kegiatan sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Sebagai contoh, sebuah kegiatan webinar dengan tema kesehatan mental memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness para remaja terkait kesehatan mental. Manfaat yang ingin diraih dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan atas kesadaran kesehatan mental, mengurangi stigma negatif mengenai kesehatan mental dan lain sebagainya.

  • Pelaksanaan Kegiatan

Struktur proposal kegiatan berikutnya adalah pelaksanaan kegiatan, disini membahas mengenai dimana dan kapan kegiatan akan dilaksanakan. Kemudian strategi atau cara agar kegiatan tersebut dapat berhasil diwujudkan, bagian ini juga menjelaskan gambaran umum terkait siapa yang akan mengisi kegiatan tersebut, menentukan target audiens untuk menilai keberhasilan pelaksanaan kegiatan, MC maupun moderator, hingga pada sasaran media partnership, media sosial yang digunakan dan lain sebagainya.

  • Rundown Kegiatan

Rundown kegiatan berisi mengenai susunan jadwal kegiatan dari pembuka hingga penutup kegiatan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah estimasi waktu pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pembuatan rundown kegiatan juga berguna untuk disebarkan kepada peserta, sehingga peserta tahun kapan kegiatan acara akan dimulai dan kapan berakhirnya sebuah acara.

  • Anggaran Dana

Anggaran dana juga menjadi hal penting dalam penyusunan struktur proposal kegiatan, karena dana dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan pelaksanaan kegiatan. Anggaran dana disusun untuk melihat properti apa yang dibutuhkan, berapa banyak dana yang sekiranya dibutuhkan. Anggaran dana juga penting karena dibutuhkan jika seseorang ingin melakukan lobi dan negosiasi terhadap para partnership atau bahkan sponsorship acara kegiatan.

Struktur Proposal Laporan Magang

Struktur proposal laporan magang adalah sebuah proposal yang berisi mengenai hasil dari kegiatan magang yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa. Proposal laporan ini biasany digunakan untuk penilaian dan bukti kepada perguruan tinggi dan instansi terkait, mengenai apa saja yang sudah dipelajari dari kegiatan magang tersebut. Berikut ini struktur penyusunan proposal laporan magang:

  • Pendahuluan

Struktur proposal laporan magang yang pertama adalah pendahuluan, bagian ini biasanya diisi dengan latar belakang, tujuan dan sasaran dari pelaksanaan kegiatan magang tersebut. Latar belakang biasa diisi alasan mengapa peserta melakukan kegiatan magang tersebut, sedangkan tujuan dan sasaran biasanya menyesuaikan juga dengan visi dan misi dari program yang diadakan oleh mitra atau perusahaan. 

  • Profil Mitra Kegiatan Magang

Profil mitra kegiatan magang berisi mengenai sejarah, struktur, visi-misi, hingga pada profil satuan kerja pelaksanaan magang. Peserta magang biasanya mendaftarkan dirinya pada suatu divisi, seperti misalnya divisi marketing, divisi operasional dan lain sebagainya. Divisi ini dapat berbeda tergantung mitra atau perusahaan yang menyelenggarakannya, peserta dapat memilih ingin berkontribusi atau melamar pada fokus divisi apa. 

  • Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiataan adalah bagian dari struktur proposal laporan magang yang membahas mengenai uraian kegiatan apa saja yang dilakukan selama pelaksanaan magang. Pada bagian ini juga berisi mengenai kontribusi apa saja yang diberikan selama periode magang berlangsung, tugas-tugas yang diberikan dan hal baru yang didapatkan selama magang.

Pelaksanaan kegiatan adalah hal yang penting karena menjadi penjelasan berapa banyak benefit dan terstrukturnya program magang yang dilaksanakan oleh suatu mitra atau perusahaan. Hal ini juga dapat membantu untuk menilai koordinasi dan peran perusahaan dalam memberikan kesempatan bagi para peserta magang.

  • Penutup

Struktur proposal laporan magang yang terakhir adalah penutup, yaitu kesimpulan dan saran yang dapat diberikan kepada mitra atau perusahaan tempat pelaksanaan magang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan standar kinerja milik perusahaan, serta memberikan masukan mengenai apa saja yang masih dapat ditingkatkan. Saran yang diberikan dalam proposal laporan magang bisa menjadi bahan evaluasi, bahkan ide untuk strategi penyelenggaraan kegiatan perusahaan berikutnya.

Pada dasarnya semua proposal bertujuan untuk memberikan informasi seputar kegiatan apa yang akan dilaksanakan, serta bagaimana kita sebagai pembuatan proposal dapat mewujudkannya. Struktur proposal pada dasarnya hampir terlihat sama, karena semua proposal berfungsi untuk menggambarkan suatu perencanaan atau hasil kegiatan yang dilaksanakan. Semoga artikel ini dapat membantu dalam penyusunan struktur proposal milikmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again