Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat dan Menarik
Surat lamaran kerja yang menarik bagi HRD dapat membuat pelamar dipertimbangkan sebagai calon karyawan potensial
Surat lamaran kerja merupakan surat permohonan resmi untuk bekerja dalam sebuah instansi. Biasanya, surat ini akan disertakan bersama beberapa dokumen lainnya seperti CV dan portofolio maupun beberapa berkas penunjang lainnya.
Tak dapat dipungkiri, surat lamaran pekerjaan menjadi salah satu aspek penting ketika mengajukan lamaran peekrjaan. Maka dari itu, seoran pelamar sudah sepatutnya memahami cara membuat surat lamaran kerja yang tepat demi menarik perhatian HRD untuk dijadikan calon karyawan.
Untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat dan menarik, terdapat beberap ahal yang perlu diperhatikan. Berikut Dailysocial.id akan menjelaskannya padamu!
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Berikut penjelasan sederhana mengenai bagian-bagian penting yang ada dalam surat lamaran kerja.
Tanggal dan Tempat Penulisan Surat
Tanggal dan tempat penulisan surat merupakan bagian pertama dalam surat lamaran kerja. Untuk surat lamaran kerja, penulisannya bisa diposisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas. Hal perlu diingat, dalam penulisan tempat dan tanggal tidak boleh disingkat.
Tujuan Surat
Berikutnya adalah tujuan kepada siapa surat tersebut disampaikan. Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja, terlebih dahulu menuliskan kata-kata yang "yang terhormat" atau dapat disingkat pula menjadi "Yth.".
Pelamar sebaiknya sudah mengetahui dengan jelas nama dan jabatan yang menerima surat lamaran kerja agar terasa lebih personal. Kemudian, tepat di bawah tujuan surat tuliskan pula nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.
Salam Pembuka dan Kata Pengantar
Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan tempat pelamar melamar, kemudian pelamar melanjutkan dengan menulis salam dan kata pengantar.
Disarankan agar kamu menggunakan sapaan universal seperti "Dengan hormat" yang biasa digunakan. Setelah menulis salam pembuka, pelamar kemudian menulis atau menjelaskan informasi pekerjaan yang mereka lamar.
Data Diri
Masuk pada bagian isi, hal pertama yang perlu dijelaskan adalah data diri. Infprmasi yang biasannya ada yaitu nama lengkap, jeniskelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamar surat elektronik (email) dan nomor kontak.
Pengalaman Kerja, Kelebihan atau Keahlian
Setelah itu, pelamar kerja dapat menuliskan pengalaman kerja yang pernah dilaluiny. Jika kamu seorang fresh graduate kamu juga bisa melampirkan keahlian yang kamu miliki. Pada bagian ini sebaiknya pelamar kerja merinci keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
Hal ini dilakukan agar HRD dapat mempertimbangkan apakah keahlian itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain penjelasan singkat mengenai keahlian yang dimiliki, HRD juga bisa saja mengecek sertifikat yang dilampirkan.
Penutup
Bagian terakhir ini pada umumnya berisi mengenai harapan pelamar kerja agar dipertimbangkan debagai calon karyawan dan melangkah ketahap berikutnya yaitu wawancara.
Setelah itu, penulisan bagiab penutup juga dibubuhkan ucapan terima kasih karena penerima surat telah berkenan membaca surat lamaran kerja. Lalu dilengkapi dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja di bawah penutup.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate
Surat Lamaran Kerja BUMN
Itulah penjelasan sederhana mengenai car amembuat surat lamaran kerja. Semoga tips ini dapat membantumu dalam berjuang mencari kerja. Tetap semangat!
Sign up for our
newsletter