1. DScovery

6 Cara Memperbaiki Flash Disk yang Tidak Terbaca

Pernahkah kamu mengalami flash disk yang tidak dapat terbaca oleh laptop? Simak artikel berikut ini untuk memperbaikinya!

Flash disk adalah jenis penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan data berupa software dan file. Jenis disk ini digunakan untuk menyimpan data di komputer, HP , laptop, dan perangkat lain.

Kelebihan utama dari flash disk adalah kemampuannya untuk menyimpan data dalam jumlah besar dalam ruang yang kecil.

Flash disk berguna bagi siapa saja yang perlu memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain tanpa koneksi internet. Biasanya, seseorang yang bekerja di lapangan atau seseorang yang sedang bepergian dan perlu mengakses file secara offline.

Cara Memperbaiki Flash Disk yang Tidak Terbaca

Flash disk memang sangat populer, tetapi ada beberapa masalah umum saat menggunakannya. Salah satu masalah umum itu adalah setelah memasukkan flash disk ke laptop, flash disk tersebut tidak bisa terbaca sehingga kita tidak bisa mengaksesnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut ini adalah jawabannya.

Restart Flash Disk

Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan ketika laptop kamu kesulitan membaca flash disk adalah mencabutnya dan memasangnya kembali.

Ini karena flash disk memiliki chip kecil yang dapat rusak oleh listrik statis, yang dapat menyebabkan mereka untuk berhenti bekerja. Jika kamu cabut dan pasang kembali flash disk, maka akan mereset datanya dan kemungkinan dapat terbaca kembali.

Hubungkan ke Port USB yang Berbeda

Jika laptop mengalami kesulitan membaca flash disk, salah satu hal pertama yang harus dicoba adalah menghubungkannya ke port lain. Apabila kamu memiliki beberapa port USB, lihat apakah disk tersebut berfungsi dengan yang lain.

Jika tidak bekerja pada port manapun, atau jika masalah hanya muncul setelah menghubungkan flash disk ke port tertentu, maka mungkin ada yang salah dengan port tersebut.

Restart Laptop

Salah satu cara untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca di laptop adalah dengan me-restart laptop kamu.

Masalah ini dapat diatasi dengan me-restart komputer kamu dan kemudian mencoba membacanya lagi. Karena, terkadang kartu memori atau flash disk dapat rusak karena beberapa alasan, dan kemudian kamu perlu memulai ulang untuk memperbaiki masalah ini.

Mematikan Fitur USB Selective Suspend

Salah satu cara yang dapat mengatasi masalah flash disk tidak terbaca pada laptop adalah dengan mematikan fitur USB Selective Suspend.

Ini adalah fitur yang membuat laptop kamu mengurangi konsumsi daya dengan meletakkan perangkat USB Anda ke kondisi daya rendah saat tidak digunakan. Saat kamu mencabut perangkat, perangkat akan aktif kembali dan kembali bekerja seperti biasa.

Cek Melalui Device Manager

Salah satu cara yang dapat mengatasi masalah flash disk tidak terbaca di laptop adalah mengeceknya di device manager. Kamu dapat membukanya dengan menekan Windows + R dan mengetik "devmgmt.msc" ke dalam kotak dialog Run.

Di device manager, kamu akan melihat semua file di flash disk kamu dengan ukuran file yang sesuai. Jika ada file di flash disk kamu yang tidak dapat dibaca, file tersebut juga akan tercantum di sini.

Cek Fisik Flash Disk

Salah satu cara yang dapat mengatasi masalah flash disk tidak terbaca di laptop adalah dengan mengecek flash disk itu sendiri apakah ada bagian yang rusak atau patah.

Masalah paling umum yang menyebabkan situasi ini adalah ketika kamu secara tidak sengaja mendudukinya dan merusaknya. Jika hal ini terjadi pada kamu, maka kamu perlu segera mengganti flash disk tersebut menjadi yang baru.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperbaiki flash disk yang tidak terbaca pada laptop dengan mudah, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again