1. DScovery

6 Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah, Mudah dan Cepat

Jika kamu memakai headset dan hanya mendengar audio di satu sisi, berarti headset tidak berfungsi dengan baik. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara memperbaiki headset yang mati sebelah.

Headset adalah salah satu aksesoris terpenting untuk HP kamu. Headset sangat berguna untuk digunakan saat beraktivitas diluar, namun akan menjadi mengecewakan jika headset yang kamu gunakan mati sebelah.

Tentunya masalah ini cukup membuat frustasi beberapa orang karena tidak bisa mendengarkan dengan jelas atau bahkan bisa mengganggu apabila headset sisi tertentu menciptakan suara yang bising,

Lantas, adakah cara untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi ini?

Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah

Salah satu masalah paling umum yang dialami orang dengan headset mereka adalah salah satu sisi berhenti berfungsi, atau tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab masalah ini adalah karena kualitas headset atau desainnya. Kamu perlu memeriksa apakah itu rusak atau memang kualitasnya tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki headset yang mati sebelah:

Luruskan Kabel Headset

Kamu dapat meluruskan kabel headset untuk memperbaiki sisi headset yang rusak. Karena jika kabel terlalu banyak ditekuk, ia kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku. Ketika ini terjadi, ada lebih sedikit ruang di antara kabel di dalamnya, yang menyebabkan kabel terlepas di titik sambungan.

Masalah ini biasanya terjadi ketika kamu menggunakan headset untuk waktu yang lama, kabelnya bisa bengkok dan terpuntir, bahkan putus.

Bersihkan Headset

Jika kamu tidak membersihkan headset secara teratur, debu dan kotoran akan menumpuk di dalamnya dan menyebabkan masalah pada headset kamu. Jika ini terjad terlalu lama dan sudah parah, kamu harus membeli baru.

Jadi, pastikan kamu membersihkan bagian dalam headset secara menyeluruh agar tidak ada debu atau kotoran yang tertinggal di dalamnya setelah digunakan. Dan juga bersihkan secara teratur untuk menghindari debu yang menumpuk.

Periksa Kabel Headset

Sering kali ada masalah dengan kabel yang dapat menyebabkan masalah meskipun kamu tidak melihat adanya kerusakan. Jadi, sangat penting untuk selalu memeriksa dan merawat kabel headset kamu.

Misalnya, jika kabel kamu sudah tua dan sering bengkok, hal itu dapat menyebabkan masalah dengan kualitas atau volume suara. Jika tidak berfungsi lagi, coba ganti dengan yang baru dan lihat apakah itu memperbaiki keadaan.

Hubungkan pada Laptop

Menghubungkan headset kamu ke laptop dapat memperbaiki masalah headset yang mati sebelah. Yang kamu butuhkan hanyalah port USB di laptop dan juga koneksi internet yang stabil.

Laptop memiliki speaker internal, jadi saat kamu menyambungkan headset yang rusak ke jack headphone di laptop, audio dari headset akan diputar melalui speaker di laptop alih-alih melalui speaker bawaannya sendiri.

Periksa Setting Audio HP

Jika kamu mengalami masalah dengan headset yang mati atau rusak sebelah, kamu mungkin harus memeriksa pengaturan audio di HP kamu. Karena pengaturan audio dapat mencegah atau memperbaiki banyak masalah umum pada headset.

Kamu dapat memastikannya pada pengaturan audio bahwa perangkat yang benar dipilih sebagai opsi default untuk pemutaran audio. Biasanya akan diberi label "headset" secara otomatis.

Restart HP

Dengan me-restart HP kamu, itu akan mengatur ulang pengaturan hardware dan software ke pengaturan standarnya. Ini termasuk semua pengaturan yang terkait dengan headset kamu, termasuk apakah itu diaktifkan atau tidak.

Sehingga, jika ada masalah dengan headset kamu, seharusnya akan menjadi seperti semula karena semuanya akan diatur ulang.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk mengatasi headset yang mati sebelah, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again