1. Entrepreneur

Cara Mencatat Transaksi Keuangan Usaha di Aplikasi Pembukuan Halokas

Penjelasan terkait cara mencatat transaksi keuangan bisnis secara digital di aplikasi Halokas beserta manfaatnya.

Di tengah tren digitalisasi UMKM saat ini, pelaku usaha tak hanya sekadar perlu menjual dan mempromosikan produknya secara digital. Pelaku usaha juga dapat melakukan digitalisasi pada kegiatan bisnis lainnya, seperti pembukuan.

Pembukuan menjadi hal mendasar yang penting bagi bisnis. Dengan pembukuan, pelaku usaha dapat melihat seluruh catatan transaksi keuangan bisnis, mulai dari pemasukan, pengeluaran, utang piutang, hingga inventori.

Salah satu platform yang dapat mewadahi pelaku usaha dalam melakukan pembukuan secara digital adalah Halokas. Halokas merupakan aplikasi business to business (B2B) yang hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan digitalisasi bisnis yang dihadapi UMKM.

Lantas, bagaimana cara melakukan pembukuan atau pencatatan transaksi keuangan bisnis secara digital di aplikasi Halokas? Berikut ulasannya.

Langkah Mencatat Transaksi Keuangan Usaha di Halokas

Halokas memiliki fitur ‘Pencatatan Usaha’ yang membantu pelaku UMKM melakukan pencatatan keuangan bisnisnya, mulai dari pemasukan dan pengeluaran, hingga utang piutang. Fitur ini juga memungkinkan transaksi QRIS tercatat secara otomatis.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi Halokas di Google Play Store/App Store.

  • Jika belum memiliki akun, silakan daftarkan usaha Anda.
  • Setelah itu, silakan masuk ke halaman utama aplikasi dan klik ‘Mulai Sekarang’.
  • Masuk ke menu ‘Pencatatan Usaha’ di halaman awal.

  • Pilih ‘Transaksi’ untuk mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran usaha. Lalu, simpan transaksi.

  • Pilih ‘Utang Piutang’ untuk mencatat pembayaran utang dan penerimaan piutang usaha. Lalu, klik ‘Simpan’.

  • Pilih ‘Inventori’, lalu klik tambah produk untuk mencatat inventori pemasukan dan pengeluaran usaha. Lalu, simpan produk.

  • Pencatatan transaksi keuangan telah selesai.

Pelaku usaha dapat mengunduh laporan pencatatan usaha dengan format laporan yang dapat disesuaikan. Selain itu, Halokas memiliki fitur jatuh tempo dan pengingat utang otomatis. Dengan begitu, pelaku usaha akan terbantu saat mengelola pembayaran dan penagihan utang piutang bisnis.

Manfaat Pencatatan Keuangan secara Digital

Dari layanan pencatatan keuangan yang dimilikinya, Halokas menawarkan keuntungan bagi pelaku UMKM sebagai pengguna aplikasi. Apa saja keuntungan yang dijanjikan? Berikut beberapa di antaranya:

  • Pembukuan secara digital dapat meminimalisir potensi munculnya kesalahan pada saat mencatat keuangan.
  • Pelaku UMKM dapat mengecek laporan laba rugi dan memonitor pemasukan dan pengeluaran bisnis, sehingga laba rugi usaha langsung terlihat.
  • Mempermudah pelaku UMKM mengelola utang piutang usaha, dengan mengatur waktu jatuh tempo utang piutang dan mengirim pengingat pembayaran utang dengan mudah.
  • Memudahkan pelaku usaha mendata produk dan inventori bisnis, mulai dari nama produk, harga jual dan kategori produk.
  • Data dalam pembukuan bisa diolah menjadi laporan keuangan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi pelaku usaha dalam merancang strategi bisnis dan pemasaran.
  • Memperkecil resiko kerugian bisnis di kemudian hari.
  • UMKM memiliki kemampuan digitalisasi bisnis sehingga dapat bertahan dalam persaingan yang ketat di tengah era digital.

Demikian penjelasan terkait cara mencatat transaksi keuangan bisnis secara digital di aplikasi Halokas beserta manfaatnya.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again