1. Entrepreneur

Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di TikTok Shop

Tutorial mengaktifkan gratis ongkos kirim XTRA dan Diskon Biaya Pengiriman di TikTok Shop

Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat. Penggunaannya yang mudah, menghemat waktu dan dapat dilakukan di mana saja membuat pelanggan lebih memilih untuk berbelanja secara online.

Banyak juga toko yang akhirnya memutuskan untuk menjual produknya secara online, khususnya small business atau UMKM dengan tujuan meningkatkan penjualan. Banyak cara untuk dapat menjual produk secara online, salah satunya adalah TikTok Shop.

Sebagai pemilik toko di TikTok Shop, Anda tidak boleh melewatkan fitur gratis ongkir (ongkos kirim) agar semakin banyak pelanggan baru maupun lama yang tertarik untuk berbelanja di toko Anda.

TikTok Shop menyediakan fitur gratis ongkir bagi para penjual. Terdapat dua fitur yang disediakan, yaitu Voucher Ongkir Reguler dan XTRA Shipping Voucher.

Voucher Ongkir Reguler dari platform, dipilih berdasarkan platform yang menentukan, sehingga disarankan untuk terus meningkatkan kinerja toko dan kepuasan dalam pembelian produk. Sedangkan XTRA Shipping Voucher, Anda dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui TikTok Shop Seller Center.

Berikut perbedaan Voucher Ongkir Reguler dan XTRA Shipping Voucher.

Perbedaan Voucher Gratis Ongkir Reguler dengan Voucher gratis Ongkir XTRA di TikTok Shop (Credit: TikTok)

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan fitur Diskon Biaya Pengiriman untuk menambah subsidi biaya pengiriman dan menjadikan daya tarik toko Anda. Penggunaan fitur ini, ongkos kirim dibebankan kepada penjual sepenuhnya.

Untuk dapat menikmati fitur ini, Anda harus memenuhi syarat dari TikTok Shop yaitu penjual harus melalui masa percobaan toko. TikTok Shop akan membatasi:

  • jumlah pesanan harian yang dapat diterima penjual
  • Jumlah daftar produk yang dapat diunggah penjual setiap hari.

Jumlah yang dibatasi, bergantung pada masing-masing toko. Penjual dapat secara otomatis lulus dari Percobaan Toko setelah 60 hari kalender.

Kategori lulus dari Percobaan Toko (Credit: TikTok)

Ingin tahu cara mendapatkan gratis ongkos kirim XTRA di TikTok Shop dan cara mengaktifkan diskon biaya pengiriman? Simak tutorial lengkapnya berikut ini!

Cara Mendaftar Gratis Ongkir XTRA Tiktok Shop

  • Buka laman TikTok Shop Seller Center di desktop atau browser.

  • Pilih opsi Promosi, lalu klik Kampanye.

  • Pilih opsi Kampanye Harian.

  • Cari kampanye Program Ongkir TikTok Shop. Lalu, klik Bergabung Sekarang.

  • Anda dapat melihat keuntungan dan juga ketentuan untuk mendaftar di program Gratis Ongkir XTRA. Selanjutnya, klik Daftar.

  • Baca syarat dan ketentuan yang berlaku, jika Anda menyetujui klik Setuju.
  • Toko Anda telah terdaftar dan ditinjau untuk dapat menggunakan voucher Gratis Ongkir XTRA. Anda dapat melihat status pengajuan pada bagian Data Pendaftaran.

Cara Mendaftar Diskon Biaya Pengiriman TikTok Shop

  • Buka laman TikTok Shop Seller Center di desktop atau browser.

  • Pilih opsi Promosi, lalu klik Fitur Promosi.

  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Diskon Biaya Pengiriman, lalu klik Buat.

  • Selanjutnya, isi informasi untuk membuat promosi baru. Anda dapat menentukan periode promosi dan area pengiriman.

  • Selanjutnya, atur Pengaturan Diskon dengan biaya ditanggung oleh penjual. Terdapat Jenis diskon biaya pengiriman dan kriteria promosi.

  • Anda dapat menentukan program gratis ongkir ini berlaku untuk seluruh produk pada toko atau haya produk tertentu saja. Lalu, klik Simpan.

  • Selesai, toko Anda telah terpasang program Gratis Ongkir Reguler. Setelah terpasang, Anda dapat edit dan nonaktifkan program tersebut.

Itulah cara mendaftar gratis ongkos kirim di TikTok Shop. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again