Foto Bokeh di Smartphone

Cara mengambil foto bokeh dengan smartphone dual camera

Pahami caranya memanfaatkan kecantikan background dan cahaya di sekitar
Foto bokeh tengah digandrungi di media sosial / DailySocial
Foto bokeh tengah digandrungi di media sosial / DailySocial

Foto bokeh menghiasi media sosial. Banyak yang menggandrungi kehadiran gaya foto dengan background blur ini, seiring dengan tren kemunculan smartphone dual camera dengan harga terjangkau, seperti misalnya Xiaomi Mi A1.

Ya, foto bokeh kini bukan hanya milik kamera digital. Kamera smartphone adalah jagoan baru dalam dunia fotografi untuk jepret momen dengan cara yang lebih instan namun tetap berkelas. Bagi kamu sudah memiliki dual camera di smartphone-mu dan ingin mendapatkan bokeh yang memukau, cobalah cara membuat foto bokeh berikut ini.

1. Memilih background

Oke, ketika objek akan difoto, pastinya kita bisa menentukan mana bagian yang menjadi background-nya. Background adalah bagian belakang atau latar dari sebuah gambar. Yang dimaksud memilih background adalah ‘membagi’ secara jelas mana antara background dan foreground.

Caranya adalah dengan memilih background dengan kedalaman gambar yang tinggi (gambarnya jauh dari kamera) dan tidak rumit secara visual. Hal ini untuk memudahkan algoritma di dalam kamera yang bekerja untuk menentukan fokus.

2. Perhatikan jarak objek

“Lebih dekat, lebih baik.” Inilah prinsip yang harus dianut oleh fotografer smartphone untuk mendapatkan bokeh, dalam kaitannya dengan objek. Semakin dekat jarak objek dengan kamera—ditambah dukungan pilihan background yang tepat—semakin baik blur yang akan kamu dapatkan.

Sedikit tambahan, pinggiran objek yang tegas dapat membantu bokeh yang cantik. Rambut yang acak-acakan adalah contoh border yang kurang baik karena dapat merusak blur.

3. Cahaya = yang utama

Bagaimana pun konsep dan gaya fotonya, cahaya adalah elemen esensial dari fotografi. Untuk foto bokeh, pastikan cahaya cukup menerangi subjek dan hindari latar belakang yang lebih ‘nyata’ ketimbang objeknya.

Itulah secara prinsip tips-tips dari cara membuat bokeh dengan dual camera dari smartphone. Jika berbicara teknis, setting-an dari dual camera juga dapat menentukan hasilnya. Misalnya pada dual camera Xiaomi Mi A1 yang menggunakan 12MP lensa wide-angle (dengan ukuran sensor kamera sebesar 1.25μm), dan 12MP lensa telephoto.

Kamu cukup membuka aplikasi kamera di smartphone dengan full metal body ini, tap pada ikon “manusia”, ketika ikon berwarna biru, kunci fokusnya, dan klik untuk mengabadikan momen. Simpel, ‘kan?

Oh iya, tips-tips di atas bisa kamu coba dengan spesifikasi Mi A1 hanya dengan banderol Rp 2.999.000 (dengan memori sebesar 4GB + 64GB) lho!

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Xiaomi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…