1. DScovery

Cara Mengatasi Hp Panas, Kamu Perlu Coba!

Apakah kamu tahu cara mengatasi hp yang panas? Jika belum maka artikel inilah yang kamu butuhkan sekarang. Yuk cek selengkapnya!

Hp yang panas tidak dapat membuat perangkat bekerja secara optimal. Oleh karena itu kamu perlu tahu cara mengatasinya agar tidak terganggu saat beraktifitas. Menggunakan hp mu terlalu lama tidak hanya mempengaruhi kinerja hp, tetapi juga membuat perangkat kamu lebih cepat panas dan mengurangi ketahanannya.

Pemanasan hp yang cepat adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh pengguna smartphone. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain spesifikasi hp yang kurang valid. Untuk menghindari masalah ini, kamu harus mewaspadai beberapa merk hp yang mudah panas untuk meminimalisir keadaan ini. Kali ini DailySocial.id akan membahas tentang cara mengatasi hp yang panas. Simak ulasannya di bawah ini! 

Gunakan Charger yang Asli

Saat charger hp rusak, tidak sedikit yang membeli charger palsu karena harganya lebih murah dari charger asli. Namun siapa sangka ponsel justru akan cepat panas. Selain itu, menggunakan charger palsu dapat merusak baterai hp lebih cepat.

Selalu gunakan pengisi daya asli untuk menghindari kerusakan ponsel dan masalah panas berlebih. Harganya memang sedikit lebih mahal, namun kualitas charger original hp terjamin. 

Kurangi Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Kurangi penggunaan aplikasi bersamaan. Karena aplikasi yang dibuka bersamaan juga bisa menyebabkan ponsel cepat panas dan baterai ponsel lebih cepat habis. 

Matikan Bluetooth dan GPS Saat Tidak Digunakan

Cara mengatasi ponsel panas selanjutnya adalah dengan mematikan Bluetooth dan GPS saat tidak digunakan. Bluetooth dan GPS adalah dua fitur yang memerlukan koneksi internet dan performa tinggi untuk mengaktifkannya. Mengaktifkan kedua aplikasi ini untuk waktu yang lama dapat menyebabkan ponsel kamu lebih cepat panas. Pastikan untuk menjaga agar ponsel kamu tetap dingin dan menghemat daya baterai dengan mematikan Bluetooth dan GPS saat kamu tidak menggunakannya. 

Hapus File Sampah Secara Bersamaan

Bersihkan file yang tidak perlu di ponsel kamu. Ketika kamu malas membersihkan file sampah ponsel juga bisa mempengaruhi kinerja HP ​​dan bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Ada berbagai jenis file sampah seperti data cache dan cookie yang menumpuk dan menyebabkan kinerja CPU dan RAM hp kurang maksimal. Dalam mode ini, baterai hp lebih cepat panas.

Dan kamu juga dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus file sampah secara teratur dan hati-hati hingga kamu dapat menggunakan ponsel tanpa kepanasan. 

Cek Pengaturan dan Penggunaan WiFi

Salah satu penyebab paling umum dari panas berlebih pada HP adalah pengaturan yang kurang optimal dan penggunaan jaringan internet. Penggunaan WiFi secara terus-menerus dapat menyebabkan ponsel kamu cepat panas. Karena program latar belakang juga berjalan secara otomatis saat WLAN aktif, yang membuat pengoperasian ponsel menjadi sulit.

Kamu dapat mengelola penggunaan WiFi dengan aplikasi Smart Wifi atau Wifi Sleeper. Ini memungkinkan kamu untuk mengontrol kapan WiFi dihidupkan dan kapan dimatikan saat tidak digunakan. Aplikasi ini adalah cara untuk mencegah ponsel dari kepanasan menggunakan WiFi. 

Istirahatkan HP Kamu Setelah Streaming atau Bermain Game

Siapa yang ingin streaming video atau bermain game di ponsel mereka? Waspadai kebiasaan ini. Karena ini juga salah satu penyebab kenapa handphone cepat panas. Streaming dan main game membutuhkan koneksi internet yang kuat dan menggunakan daya HP. Akibatnya, ponsel lebih cepat panas dan baterai lebih cepat habis. Idealnya HP hanya digunakan selama 1-2 jam untuk gaming atau streaming. Setelah itu diamkan ponsel beberapa saat agar GPU HP bekerja normal kembali. Metode ini mendinginkan ponsel Anda dan mencegahnya dari kepanasan. 

Gunakan Aplikasi Hp Cooling

Cara lain yang efektif untuk mencegah ponsel kamu kepanasan saat mengisi daya atau alasan lain adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin ponsel. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mendinginkan ponsel, seperti Cooler Master, Cooling Master dan Device Cooler. Cara ini bisa kamu pilih jika malas melakukan cara manual yang ada di atas.

Ponsel yang cepat panas tidak hanya mempengaruhi kenyamanan, tetapi juga menimbulkan masalah dan kerusakan pada ponsel kamu. Jadi gunakan aplikasi pendingin agar ponsel kamu tidak cepat panas. 

Matikan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Selain itu, penggunaan banyak aplikasi dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Kamu dapat mencegah ponsel cepat panas dan menguras baterai dengan mematikan sementara atau menonaktifkan aplikasi yang jarang kamu gunakan. Alhasil, prosesor bekerja lebih mudah tanpa perlu update lagging dan aplikasi yang jarang digunakan.

Nonaktifkan Widget dan Wallpaper Bergerak

Untuk membuat ponsel lebih menarik, banyak pengguna memasang aplikasi widget. Wallpaper bergerak juga dipasang di latar belakang. Nyatanya, fitur tersebut memperlambat kinerja ponsel kamu. Berurusan dengan telepon panas untuk sementara menonaktifkan widget dan wallpaper hidup. 

Nah itulah beberapa cara mengatasi hp panas agar tidak cepat rusak. Tentu saja, bahaya ponsel yang panas tidak boleh dianggap remeh. Jadi ikuti metode di atas untuk melindungi ponsel kamu, ya! 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again