1. DScovery

7 Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh, Tak Perlu Dibawa ke Tempat Servis

Layar hp seringkali luput dari perawatan padahal itu sama pentingnya dengan fitur-fitur yang lainnya. Apabila layar hp tidak bisa disentuh maka ada beberapa cara untuk mengatasinya sebelum mencoba untuk dibawa ke tempat servis.

Layar hp yang rusak seperti tidak bisa disentuh tentu mempengaruhi kinerja ponsel Android. Ini karena layar sentuh (touch screen) macet dan pengguna tidak bisa membuka aplikasi.

Touchscreen hp bisa saja rusak. Ada beberapa faktor yang menyebabkan layar hp tidak bisa disentuh seperti biasanya. Misalnya tidak sengaja terjatuh, tercebur ke dalam air hingga tertimpa benda berat. Berikut cara mengatasi layar sentuh atau touchscreen tidak berfungsi di HP Android, mengutip berbagai sumber untuk kamu coba.  

Restart Hp

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan reload (reboot) HP. Biasanya, ini memungkinkan kamu untuk menormalkan proses yang berjalan di sistem. Layar HP yang tidak bisa disentuh kemungkinan karena masalah sistem operasi. Cara restart hp biasanya sana, berikut caranya:

  1. Tekan tombol daya selama beberapa detik.
  1. Kemudian pilih opsi "Restart".
  1. Tunggu HP memuat ulang
  1. Setelah reload, coba operasikan layar sentuh HP. 

Safe Mode

Layar hp bisa saja tidak dapat digunakan seperti biasanya. Ketika situasi seperti itu terjadi, Kamu dapat mem-boot ulang ke Safe Mode.

Safe mode di ponsel Android memungkinkan kamu menggunakan perangkat dengan sistem bawaan. Artinya, aplikasi dan layanan yang diinstal oleh pengguna akan dihapus.

Cara ini bisa dilakukan jika penyebab layar smartphone tidak bisa disentuh adalah aplikasi yang baru saja diunduh, ternyata tidak terpasang dengan benar atau bahkan mengandung malware. Untuk memulai ulang ponsel kamu dalam safe mode maka ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol daya selama beberapa detik.
  1. Pilih opsi "Nonaktifkan".
  1. Setelah mematikan ponsel kamu, tekan lagi tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan. 

Diagnosis Layar

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu pengguna mengetahui mengapa layar hp tidak bisa disentuh. Salah satunya adalah Display Tester yang mendiagnosa sensitivitas layar smartphone secara manual.

Aplikasi Display Tester tersedia dari Play Store dan dapat diinstal sebagai berikut:

  1. Cari aplikasi Display Tester di Google Play Store
  1. Setelah mengunduh aplikasi, instal di perangkat kamu.
  1. Setelah terinstal, buka aplikasi Display Tester. Dari halaman aplikasi utama, pilih Tests > Touch Screen Test.
  1. Kamu dapat sepenuhnya menyentuh semua bagian layar smartphone.
  1. Jika nilai indikator tidak mencapai 100 persen, layar smartphone bisa rusak. 

Keluarkan Kartu SIM dan SD Card

Alasan lain layar ponsel tidak berfungsi adalah kartu SIM atau SD yang rusak. Jika layar sentuh ponsel kamu tidak berfungsi, kamu dapat memperbaikinya dengan mematikan ponsel, melepas kedua kartu, lalu menyalakannya kembali tanpa menggunakan kedua kartu. 

Keringkan Ponsel

Ponsel yang basah akan membuat layar tidak responsif bahkan berhenti bekerja. Cara perawatan yang sederhana adalah dengan mengeringkannya secara menyeluruh. Dalam beberapa kasus, cara ini mungkin memakan waktu beberapa hari.

Tekan Perlahan Setiap Sudut Hp

Cara ini bisa kamu gunakan saat ponsel baru saja terjatuh. Bahannya bisa mengendur jika handphone terbentur. Tekan dengan lembut setiap sudut hp untuk menyatukannya kembali. Jika ini tidak membantu, kamu harus membongkar perangkatnya.  

Periksa Pengisi Daya Baterai

Jika layar sentuh ponsel kamu tidak berfungsi dalam mode pengisian daya, masalahnya mungkin disebabkan oleh pengisi daya yang tidak kompatibel.

Pastikan kamu menggunakan pengisi daya asli dan bukan pengisi daya orang lain. Sekalipun voltase charger sama, arus listrik bisa berbeda-beda, yang akhirnya bisa menimbulkan masalah pada layar sentuh.

Inilah cara mengatasi layar sentuh ponsel yang tidak berfungsi sebelum kamu memastikannya sebelum membawanya ke tempat diservis. Selamat mencoba! 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again