1. DScovery

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Berbagai cara untuk mengecek BPJS Ketenagkerjaan dengan muda.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek saldo BPJS. BPJS adalah salah satu asuransi kesehatan yang wajib kamu punya. Salah satu layanan BPJS adalah BPJS ketenagakerjaan, yaitu bentuk perlindungan sosial ekonomi, bagi para pekerja.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terbentuk dari  Undang-Undang No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial yang memiliki tujuan mewujudkan adanya jaminan kebutuhan dasar bagi pekerja dan anggota keluarganya.
Nah, apa saja cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek saldo BPJS? Simak ulasan berikut ini, ya!

Lewat Aplikasi JMO

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adala mengunduh Aplikasi JMAO, lewat App Store atau Play Store.
 
Setelah kamu mengunduh, kamu bisa melakukan registrasi sesuai dengan data aslimu.
 
Kemudian, buka aplikasi JMO.
jaminan hari tua
 
klik pada bagian 'Jaminan Hari Tua', kemudian pilih Klik 'Cek Saldo'.
 
Setelah itu, jangan lupa pilih nomor Kartu Peserta Jamsoste atau KPJ yang ingin kamu lihat saldonya.
 
JMO juga memberikan kelebihan tersendiri, ketika kamu kehilangan kartu, kamu dapat segera mengunduh aplikasi serta melakukan registrasi, sehingga kamu memiliki kartu digital yang dapat kamu gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.
 
Aplikasi ini memiliki nama BPJSTKU awalnya, hingga kemudian bergantu menjadi JMO. Dengan perubahan tersebut, aplikasi JMAO mempunyai fitur dan kegunaan yang lebih lengkap lagi.
 
 
Kamu juga bisa mengecek saldo, lewat Website resmi mereka. Satu hal yang perlu lakukan sebelum mengecek, adalah memastikan apakah kamu sudah mempunyai akun atau belum. Jika belum, kamu bisa membuatnya dahulu.
 

Lewat Website Resmi

 
Kamu juga bisa mengecek saldo, lewat Website resmi mereka. Satu hal yang perlu lakukan sebelum mengecek, adalah memastikan apakah kamu sudah mempunyai akun atau belum.
 
Jika belum, kamu bisa membuatnya dahulu.
Setelahnya, kamu bisa masuk ke akunmu, dan pilih menu 'Lihat Saldo JTI'. Kemudian, kamu akan mendapatkan informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaanmu.

Lewat SMS

Apabila kamu hendak mengecek saldo BPJS menggunakan metode ini, kamu perlu menyiapkan KTP, dan juga NIK.
 
Kamu dapat mengikuti cara ini. pertama kirim SMS dengan format Daftar (spasi) SALDO#nomor KTP#tanggal lahir dengan format DD-MM-YYYY#nomor peserta#email, kemudian kirim SMS tersebut.
 
BPJS akan memberikan informasi mengenai status pasien setelahnya. Kemudian, jika datamu sudah terintegrasi, kamu bisa mengirim kembali SMS  ke 2757 dengan format SALDO (spasi) nomor peserta.
 
Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek saldo BPJS. Silahkan pilih cara yang paling efektif bagimu, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again