1. DScovery

Cara Mengganti Background Zoom di HP, Mudah dan Tanpa Ribet

Selain di laptop, kamu juga bisa menikmati fitur virtual background Zoom di HP.

Kepopuleran Zoom terus menanjak sejak adanya pandemi COVID-19 lalu. Dengan kepopulerannya ini, Zoom terus mencoba untuk memberikan berbagai fitur baru yang menarik bagi penggunanya.

Salah satu fitur menarik yang sangat berguna adalah fitur virtual background. Dahulu, fitur ini hanya dapat digunakan di PC atau laptop saja. Namun sekarang, kamu juga bisa menggunakan fitur virtual background ini melalui handphone-mu.

Lantas, bagaimana cara mengganti background Zoom di HP? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Menggunakan Virtual Background Zoom

Berbagai Komponen yang Mendukung Virtual Background Zoom / Freepik

1. Rekomendasi Pengaturan untuk Green Screen

Green screen merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hasil terbaik saat menggunakan virtual background. Green screen bukan berarti kamu harus menggunakan background layar berwarna hijau, melainkan kamu juga bisa menggunakan background dengan warna solid, tirai, atau dinding sebagai background belakangmu.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan pakaian yang kamu gunakan agar tidak menyatu dengan warna virtual background-mu. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan ketajaman gambar di sekitar wajah, telinga, dan rambutmu.

2. Rekomendasi Pengaturan Tanpa Green Screen

Tidak usah khawatir meski kamu tidak memiliki green screen sebagai background belakangmu, karena kamu masih bisa mendapatkan hasil yang baik saat menggunakan virtual background.

Caranya adalah dengan memerhatikan kualitas kamera dan pencahayaan yang kamu gunakan. Usahakan pencahayaan yang ada dapat membuat kontras antara wajahmu dengan background yang kamu gunakan.

3. Tentukan Ukuran Gambar Background yang Kamu Gunakan

Selain dua hal di atas, jangan lupa juga untuk memerhatikan ukuran gambar background yang hendak kamu gunakan. Meski sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam hal ini, namun usahakan untuk menggunakan gambar atau foto dengan rasio 16:9 dan format JPG, JPEG atau PNG.

Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP

Sebelum mengganti virtual background Zoom di handphone-mu, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Caranya, buka menu Settings dalam aplikasi Zoom, lalu pilih opsi In Meeting (Advance). Setelah itu, aktifkan toggleVirtual Background untuk dapat menikmati fitur ini.

Jika fitur Virtual Background sudah kamu aktifkan, maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom di handphone-mu.
  2. Pilih ikon titik tiga, lalu pilih menu Virtual Background untuk Android atau Background and Filters untuk iOS.
  3. Setelah itu, pilih virtual background yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih background yang telah disediakan oleh Zoom. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gambar pribadi dengan cara mengunggahnya terlebih dahulu dengan memilih ikon tambah (+).
  4. Sekarang, virtual background-mu sudah terpasang dan bisa digunakan.

Hal-Hal yang Menyebabkan Virtual Background Zoom Tidak Berfungsi di HP

Apabila kamu tidak dapat menemukan fitur Virtual Background pada aplikasi Zoom milikmu, mungkin hal tersebut disebabkan oleh beberapa alasan. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan fitur Virtual Background Zoom tidak dapat berfungsi di handphone-mu.

  1. Versi aplikasi Zoom belum di-update. Untuk dapat menikmati fitur ini, pastikan aplikasi Zoom di HP sudah di-update ke versi 5.3.0 atau yang lebih tinggi.
  2. Spesifikasi HP belum kompatibel. Fitur Virtual Background memerlukan spesifikasi khusus agar bisa digunakan, yakni versi Android minimal harus 8.0, RAM 3 GB dan Graphic Processing Unit (GPU) minimal Snapdragon 835 atau yang setara. Sementara untuk iPhone, tipe yang sudah kompatibel dengan fitur ini adalah iPhone 8 ke atas.
  3. Pastikan HP yang kamu gunakan sudah mendukung fitur ini. Beberapa merk HP yang sudah mendukung fitur ini, yakni smartphone produksi Google, Oppo, Samsung, Xiaomi, Vivo, OnePlus dan Huawei.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara untuk mengganti background Zoom di HP. Jika kamu menemui kendala saat melakukan langkah-langkah tersebut, mungkin kendala tersebut disebabkan oleh beberapa hal di atas. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah mengecek versi aplikasi dan jenis HP yang kamu gunakan terlebih dahulu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again