1. Trikinet

Cara Menggunakan Aplikasi Recuva

Apakah Anda sudah pernah mendengar mengenai aplikasi Recuva? Recuva merupakan salah satu aplikasi yang sudah umum digunakan untuk mengembalikan data-data yang sudah hilang pada perangkat komputer.

Aplikasi ini sendiri sudah mendukung semua ekstensi file. Baik itu file dalam bentuk dokumen, video, foto, compressed file, dan lain sebagainya. Cara menggunakan Recuva untuk keperluan seperti ini tidak membutuhkan pemahaman yang kompleks, hanya perlu waktu untuk memahami bagaimana cara kerjanya saja.

Recuva ini merupakan aplikasi yang dikembangan oleh developer yang sama dengan CCleaner. Berbeda dengan Recuva, CCleaner memiliki fungsi sebagai pembersih memori paling banyak digunakan.

Fitur-fitur Recuva:

Recuva mempunyai beberapa fitur utama, antara lain

  • Dapat mengembalikan file hardisk

Saat Anda sudah terlanjur memformat hardisk dengan tidak sengaja, maka tidak perlu panik. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi Recuva maka Anda bisa mengembalikan file yang sudah terlanjur terformat tersebut.

  • Dapat mengembalikan file e-mail

Selanjutnya, Recuva juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengembalikan Email yang sudah terhapus.

  • Dapat memulihkan dokumen Microsoft Office

Recuva sendiri juga sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat memulihkan dokumen pada Microsoft Office. Dengan begitu, saat Anda sedang menggunakan Microsoft Office kemudian tiba-tiba perangkat yang digunakan mati mendadak, maka Anda masih bisa mengembalikan file yang sudah ditulis tersebut menggunakan aplikasi Recuva.

  • Dapat menghapus file dengan permanen

Satu lagi fitur Recuva yang bisa Anda andalkan adalah dapat menghapus file bahkan secara permanen sekalipun. Saat Anda menggunakan fitur yang satu ini hal tersebut berarti file yang sudah dihapus secara permanen tidak bisa dilakukan recovery atau pemulihan lagi.

Itulah beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada aplikasi Recuva. Tentunya masih ada banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan dengan fungsional. Lantas, seperti apa cara menggunakan aplikasi Recuva? Yuk ketahui lebih lanjut di bawah ini.

  • Pertama, Anda bisa membuka terlebih dahulu Recuva Wizard melalui komputer. Selanjutnya langsung pilih saja jenis file mana yang ingin Anda pulihkan. Baik itu file dalam bentuk dokumen, foto, video, mp3, dan yang lainnya. Jika sudah dipilih maka Anda bisa mengklik menu Next.

  • Selanjutnya, Anda bisa mulai menentukan lokasi penyimpanan yang terhapus untuk mempercepat proses pencarian file yang sudah dihapus sebelumnya.
  • Kemudian apabila Anda sudah yakin bahwa file yang terhapus disimpan pada lokasi tersebut maka langsung saja pilih menu Next. Akan tetapi, apabila Anda Anda tidak yakin sama sekali mengenai lokasi penyimpanan tersebut sebelum terapus maka ada baiknya Anda memilih menu I’m Not Sure saja. Dengan begitu nantinya aplikasi Recuvalah yang akan melakukan penyortiran file pada seluruh lokasi komputer. Namun tetntu saja hal ini memerlukan waktu yang jauh lebih lama.

  • Lalu untuk memulai proses pencarian, Anda bisa mencentang kotak Enable Deep Scan. Setelah itu, Anda bisa memilih menu Start agar aplikasi Recuva bisa langsung memulai pencarian dengan teliti.

  • Jika sudah, Anda masih perlu menunggunya beberapa saat sampai dibagi menjadi tiga aktivitas. Masing-masingnya yakni pencarian file yang terhapus, penganalisaan kerusakan file, serta penganalisisan isi file itu sendiri.

  • Selanjutnya, Anda bisa memilih file yang ingin dikembalikan dengan mencetang kota pada file-file yang tersedia. Kemudian klik kanan dan pilih menu yang bernama Recover Highlited dan akhiri langkah ini dengan cara menekan tombol Recover.

Bagaimana, cara pakai Recuva tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Meskipun bukan aplikasi yang dipakai sehari-hari, mempunyai Recuva di laptop atau PC adalah keputusan yang bijaksana.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again