28 February 2014

by Bambang Winarso

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Facebook

Facebook memiliki berbagai fitur, salah satunya adalah rekaman pencarian. Apapun yang diketikkan oleh pengguna direkam oleh mereka, tapi bagi sejumlah pengguna fitur ini cukup mengganggu karena merasa seperti diawasi setiap saat. Untungnya, ada cara untuk menghapus riwayat pencarian, seperti apa? Ini dia panduannya.

Kita semua tahun iklan adalah penyambung nafas bagi mayoritas layanan online gratisan, bahkan sekelas Facebook sekalipun. Agar pemasang iklan makin tertarik untuk menghabiskan uang guna slot iklan, situs harus cermat dalam menargetkan iklan ke konsumen. Itu sebabnya Facebook mencoba untuk menangkap setiap aktivitas pengguna, salah satu adalah apa yang dicari oleh pengunjung.

 

Info Menarik: Nokia Meluncurkan Lumia 1320 di Indonesia, Tak Lupa Umumkan Harganya

 

Data insight merupakan semacam arsip yang memuat sekumpulan riwayat aktifitas pengguna, mulai dari asal kunjungan, lama kunjungan, konten yang dibaca, ke mana arah pengunjung setelah keluar dari website dan apa yang dicari.

Data ini berguna bagi Facebook sebagai informasi untuk menampilkan iklan berdasarkan apa yang pengunjung cari dan minati, pada akhirnya akan menjadi aset bagi mereka.

Tanpa berlama-lama lagi, kita langsung saja coba praktekkan cara menghapus riwayat pencarian di Facebook.

  • Silahkan masuk ke akun Facebook Anda dan klik ikon gear di sudut kanan atas lalu klik Activity Log.

  • Di halaman berikutnya perhatikan panel sebelah kiri layar komputer Anda kemudian klik link menu MORE.

 

Info Menarik: Arsanesia Luncurkan Game Terbaru Berjudul “Roly Poly Penguin”

 

  • Selanjutnya temukan menu link Searchdan klik.

  • Sekarang perhatikan di panel sebelah kanan setelah menu Search diklik, Anda akan menemukan sebaris informasi dan riwayat kata kunci, grup, orang dan halaman yang pernah Anda coba temukan melalui kotak pencarian. Jika Anda ingin menghapus salah satunya silahkan klik tombol di sebelah tanda gembok dan klik Remove.

  • Dan jika Anda ingin menghapus semua riwayat pencarian, alihkan pandangan Anda ke bagian atas temukan link menu ClearSearches, maka kemudian semua riwayat tersebut akan dihapus oleh sistem.

 

Bisa jadi, sebagian pengguna tidak ingin Facebook mencatat riwayat pencarian mereka. Meski dari sisi Facebook, pencatatan ini diperuntukkan agar Facebook bisa lebih mengetahui minat dari pengguna mereka.

Trenogoers bisa membaca ulang kebijakan privasi Facebook untuk memilih apa saja yang menurut Anda sesuai dan mana yang tidak ingin dibagikan. Bagi pengguna yang ingin menghapus riwayat pencarian, Anda bisa mengikuti tutorial di atas.

Sumbar gambar header: Facebook via Shutterstock.