1. Entrepreneur

Panduan Mengintegrasikan Crewdible dengan Marketplace

Cara menghubungkan layanan gudang Crewdible dengan Marketplace

Bagi pelaku bisnis, efektivitas dalam mengelola operasional perusahaan menjadi salah satu poin penting supaya mereka dapat berfokus pada pengembangan strategi bisnis. Keefektifan tersebut dapat dicapai melalui sistem integrasi.

Sistem integrasi memungkinkan pelaku bisnis untuk menghubungkan beberapa software untuk dapat dikelola secara bersama dalam satu dashboard. Dengan begitu akan memangkas alur koordinasi yang bertele-tele dan waktu yang dimiliki dapat dialokasikan untuk kegiatan bisnis lainnya. Selain itu, pemantauan arus transaksi juga akan lebih mudah dilakukan.

Crewdible, selain menyediakan layanan gudang, juga menyediakan fitur integrasi dengan berbagai marketplace yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Pelaku bisnis dapat mengintegrasikan akun gudang crewdible mereka dengan lebih dari satu marketplace supaya memudahkan pemantauan transaksi dan stok gudang dalam satu dashboard.

Beberapa marketplace yang bisa diintegrasikan dengan crewdible diantaranya Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan JD.ID. Artikel ini akan mengulas cara mengintegrasikan akun Crewdible dengan marketplace.

Cara mengintegrasikan Crewdible dengan Marketplace

  • Buka Crewdible melalui desktop, lalu klik Transaksi

  • Klik Marketplace dan pilih marketplace mana yang ingin kamu integrasikan dengan Crewdible

Credit photo by Crewdible

  • Klik ikon (+) Tambahkan akun lainnya
  • Silakan login atau masukkan nama domain dari marketplace yang ingin kamu integrasikan
  • Jika sudah selesai login maka integrasi telah berhasil dan kamu bisa kembali ke halaman utama Crewdible
  • Terakhir, silakan hubungi customerservice Crewdible untuk melakukan verifikasi akun

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan integrasi marketplace

  • Untuk integrasi dengan Lazada: Pastikan kamu sudah mengaktifkan mapping gudang Crewdible tempat stok berada karena sistem akan secara otomatis mengurangi stok apabila ada transaksi.
  • Untuk integrasi dengan Shopee: Pastikan kamu sudah melakukan pengaturan pengiriman pesanan sebelum penarikan karena transaksi akan terproses otomatis setelah kamu melakukan pengaturan tersebut.
  • Untuk integrasi dengan Tokopedia: Penerimaan pesanan dan penarikan kode booking akan dilakukan oleh sistem secara otomatis baik di dashboard Tokopedia maupun Crewdible.

Setelah melakukan integrasi antara marketplace dengan crewdible, Anda juga perlu melakukan mapping SKU untuk menyamakan SKU marketplace dengan SKU crewdible supaya memudahkan dalam pelacakan transaksi. Simak cara melakukan mappin SKU berikut ini.

Cara melakukan Mapping SKU

  • Buka akun Crewdible melalui desktop
  • Klik Setting, kemudian pilih eCommerce

  • Klik Mapping SKU, lalu pilih marketplace mana yang akan kamu mapping

Satu SKU bisa digunakan untuk produk di beberapa marketplace

  • Klik nama online store kamu
  • Klik Pilih produk

Kamu bisa memilih produk yang akan di mapping. Jangan lupa untuk mengecek dan memastikan bahwa produk yang dipilih sesuai dengan list produk yang ada di marketplace.

Credit photo by Crewdible

  • Klik Submit dan proses mapping selesai

Kamu akan melihat logo marketplace yayng muncul sebagai tanda bahwa mapping SKU berhasil.

Proses integrasi dilakukan untuk memudahkan pelaku bisnis sehingga tidak perlu bolak-balik membuka marketplace dan gudang Crewdible untuk mengecek stok apabila ada transaksi. Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again