1. Entrepreneur

Cara yang Tepat untuk Mengukur Brand Awareness

Metode untuk mengukur kesuksesan brand awareness

Brand awareness (kesadaran merek) merupakan salah satu istilah pemasaran yang merujuk pada seberapa jauh orang mengetahui eksistensi produk atau brand Anda. Berapa banyak orang yang tahu brand Anda? berapa banyak orang yang mengenal produk Anda di pasar? berapa banyak orang yang mengenal jenis produk dan layanan Anda?

Brand awareness yang baik menjadi kunci untuk mempromosikan suatu produk, membangun kredibilitas produk yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan penjualan suatu produk. Brand awareness biasanya berkaitan dengan kesadaran mengenai nama brand atau logo, kesadaran jenis produk, dan kesadaran akan value dari suatu brand.

Kesadaran orang terhadap suatu merek atau produk bisa berupa kesadaran positif, tergantung dari bagaimana Anda membentuknya. Brand awareness yang sukses akan membantu konsumen Anda untuk bisa membedakan produk Anda dengan produk kompetitor.

Pada artikel ini, akan dipaparkan lebih detail mengenai metrik yang digunakan untuk mengukur brand awareness dan tips untuk meningkatkan brand awareness. Simak penjelasan selengkapnya.

Mengapa mengukur brand awareness itu penting?

Membangun brand awareness penting agar produk Anda tetap eksis di pasar. Jika konsumen memiliki brand awareness yang baik, mereka akan mempertimbangkan produk Anda saat berbelanja. Terlebih jika brand Anda sukses menjadi top of mind, dimana produk Anda menjadi produk pertama yang muncul di pikiran konsumen sehingga akan mendorong pembelian.

Maka dari itu, mengukur brand awareness menjadi hal yang penting ketika Anda ingin membangun atau meningkatkan brand awareness konsumen Anda. Pengukuran tersebut membutukan metriks yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan dan kemajuannya dari waktu ke waktu serta mengukur seberapa berhasil strategi yang Anda gunakan.

Metode untuk mengukur brand awareness

Melakukan survei brand awareness

Salah satu metode yang bisa digunakan sebagai tolok ukur mengukur kesuksesan brand awareness adalah dengan melakukan survei kesadaran merek.

Tentunya survei harus dilakukan secara berkala supaya dapat melihat perbandingan dan kemajuan kesadaran merek dari waktu ke waktu, hasil survei juga dapat menunjukkan apakah strategi yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness dapat diaplikasikan dengan baik atau membutuhkan perubahan.

Social listening

Metode ini bisa dilakukan melalui platform media sosial untuk mengetahui perubahan kesadaran merek, persepsi, adanya sentimen terhadap brand, atau bagaimana cara publik memandang brand Anda.

Misalnya dengan mengecek jumlah pengikut akun, jumlah yang menyukai konten, frekuensi per tayangan. Pengecekan dapat dilakukan secara berkala dalam waktu tertentu.

Memanfaatkan Google Trends dan Google Analytics

Google Trends akan membantu Anda untuk melihat seberapa sering nama brand atau produk Anda dimasukkan dalam mesin pencarian Google dari waktu ke waktu dibanding brand kompetitor.

Google analytics akan membantu Anda untuk melihat karakter dari pengunjung website Anda, baik jenis kelamin, usia, demografi, maupun perilaku.

Menggunakan bantuan brand tracking software

Anda juga dapat memanfaatkan layanan software berbayar yang bisa memudahkan Anda untuk mengukur brand awareness produk Anda.

Mengukur brand awareness campaign di media sosial Instagram

Pengukuran kesuksesan brand awareness campaign di Instagram hanya dapat dilakukan oleh akun bisnis. Berbeda dengan personal account, akun bisnis memiliki layanan insight yang bisa menunjukkan data berupa jangkauan, impresi, jumlah likes, komentar, share, jumlah kenaikan dan penurunan followers, jumlah klik tautan ke website maupun online store, serta mengukur efektivitas hashtag yang digunakan pada campaign.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again