1. Entrepreneur

Cara Mengunggah Karya Pertama di Trakteer.id

Langkah Mudah Mengunggah Karya Pertama di Trakteer.id bagi Kreator

Trakteer.id adalah platform digital yang memungkinkan para kreator untuk memonetisasi karya mereka. Melalui platform ini, para penggemar bisa memberikan apresiasi kepada setiap karya yang disukainya dalam bentuk uang kepada kreator pemilik karya. Kreator bisa mencairkan uang yang didapat dari para penggemarnya.

Artikel ini akan membantu Anda yang baru bergabung sebagai kreator di Trakteer.id untuk mengunggah karya pertama Anda. Karenanya, simak artikel ini sampai akhir ya!

Cara Mengunggah Karya

  • Silakan login dengan memasukkan email dan password Anda, kemudian klik Login

  • Anda akan diarahkan ke halaman dashboard. Untuk mulai mengunggah karya, klik Rewards

  • Tekan (+) Tambah Rewards

  • Anda akan diarahkan ke halaman editor. Anda bisa mulai membuat karya atau rewards untuk para penggemar.
  • Silakan lengkapi detail karya.

Masukkan judul reward, tuliskan cerita, masukkan gambar atau tautan yang dibutuhkan. Anda juga bisa membuat dan mengklasifikan karya dalam kategori tertentu, memasukkan thumbnail, unit, file sebagai rewards bagi penggemar (opsional), eksternal link, dan mengatur rewards menjadi monthly exclusive.

  • Klik tombol Preview untuk melihat kembali karya sebelum diunggah. Jika sudah, klik tombol Publish untuk mengunggah karya atau klik Schedule Publish untuk mengatur jadwal pengunggahan karya. Jika Anda belum ingin mengunggah karya tersebut, Anda bisa menekan tombol Save as Draft.

Tips Berkarya di Trakteer.id

Kenali target audiens

Sebelum mulai mengunggah karya, Anda bisa mencari tahu dan mempelajari minat audiens di Trakteer.id. Ketahui apa yang mereka cari, konten seperti apa yang banyak diminati, dan apakah memungkinkan bagi Anda untuk menjangkau mereka dengan karya Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam mengemas konten yang menarik untuk mereka.

Fokus pada kualitas Karya

Tidak hanya pengemasan karya yang dibuat menarik, Anda juga harus fokus pada kualitas dari karya yang disajikan. Pastikan Anda menghasilkan karya dengan kualitas yang baik dan memiliki nilai tambah tersendiri. Nilai tambah pada karya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar, misalnya karya yang mengandung inspirasi, motivasi, atau solusi. Kualitas karya bisa dijaga mulai dari isi konten, estetika, hingga pengemasan dan promosi. Dengan begitu akan semakin besar peluang penggemar tertarik dengan karya Anda.

Konsistensi dan rutinitas

Buatlah jadwal untuk mengunggah karya di Trakteer.id. Dengan mengetahui jadwal unggah karya, penonton akan menunggu Anda tiap kali mengunggah karya. Konsistensi dalam mengunggah karya akan membuat penggemar setia menunggu karya Anda. Di sisi lain, hal itu juga menunjukkan komitmen Anda sebagai seorang kreator.

Promosi dan jaringan

Untuk bisa menarik banyak penggemar dan memonetisasi karya tidak cukup hanya dengan karya yang berkualitas saja. Anda perlu melakukan promosi atau dengan kata lain memperluas jaringan pemasaran Anda ke berbagai saluran, misalnya media sosial. Bagikan karya Anda di media sosial dan arahkan para pengikut akun Anda untuk mengakses karya Anda di Trakteer.id. Selain itu, Anda juga bisa memperluas jaringan dengan cara berinteraksi dan berkolaborasi dengan sesama kreator.

Perlu diingat bahwa tren selalu mengalami perkembangan setiap waktu. Karenanya, sebagai kreator penting untuk selalu belajar dan beradaptasi. Dengan begitu, Anda selalu bisa mengikuti perkembangan dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again