1. DScovery

Cara Meningkatkan Keterampilan Kerja, Mahasiswa dan Fresh Graduate Wajib Tahu!

Dewasa ini keterampilan kerja adalah suatu hal yang sangat mempengaruhi hasil kinerja seseorang. Tapi kamu tahu gak sih, ternyata ada cara untuk meningkatkan keterampilan kerja loh! Yuk, cari tahu cara selengkapnya di artikel berikut ini!

Keterampilan adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang saat melaksanakan pekerjaannya dalam bidang tertentu dengan mudah dan cepat. Keterampilan dianggap juga sebagai kemampuan yang dilakukan secara langsung atau aktivitas praktik. Pada dasarnya keterampilan digunakan juga untuk melihat keterampilan kinerja milik seseorang.

Keterampilan dianggap sebagai kemampuan yang dikuasai oleh seseorang sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan. Keterampilan nyatanya dapat dijelaskan dan dikategorikan secara beragam, seperti keterampilan komunikasi, menulis, penggunaan aplikasi microsoft, editing dan lainnya merupakan contoh dari bentuk keterampilan. Lalu sebenarnya apa sih keterampilan kerja itu?

Apa itu Keterampilan Kerja?

Keterampilan adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dilakukan seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas. Keterampilan kerja akan sangat mempengaruhi potensi seseorang akan diberikan pekerjaan atau kepercayaan atas suatu pekerjaan. Dalam dunia kerja keterampilan seorang karyawan akan mempengaruhi kualitas pekerjaan yang dilakukannya. 

Keterampilan kerja dapat dibedakan menjadi tiga hal, yaitu keterampilan mental, keterampilan fisik dan keterampilan sosial. Keterampilan mental membahas mengenai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membuat suatu keputusan penting dalam suatu kondisi tertentu.

Keterampilan fisik adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan dan cara penyelesaiannya. Terakhir keterampilan sosial adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam berhubungan dengan orang lain, keterampilan ini biasanya digunakan untuk dapat mempengaruhi dan menawarkan sesuatu kepada orang lain.

Keterampilan kerja akan sangat mempengaruhi potensi seseorang akan diberikan pekerjaan atau kepercayaan atas suatu pekerjaan. Dalam dunia kerja keterampilan seorang karyawan akan mempengaruhi kualitas pekerjaan yang dilakukannya.

Keterampilan yang dimiliki seseorang tidak muncul dengan sendirinya, tetapi karena adanya proses dan pengalaman yang dilalui seseorang. Berikut ini cara meningkatkan keterampilan kerja terutama bagi kamu para mahasiswa dan fresh graduate!

Cara Meningkatkan Keterampilan Kerja

Keterampilan kerja dalam diri seseorang bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya pengalaman dan latihan, tidak familiar dengan tugas yang diberikan dan lain sebagainya. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan kerja:

  • Fokus pada Kemampuan yang dibutuhkan

Salah satu cara meningkatkan keterampilan kerja para mahasiswa maupun fresh graduate adalah dengan fokus pada kemampuan yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan yang diinginkan. Seorang pegawai perlu mengetahui scope atau lingkup pekerjaan yang dilakukannya, hal ini bertujuan untuk memperdalam materi dan pengetahuan mengenai skill atau kemampuan yang dibutuhkan.

Sebagai contoh biasanya pada saat membuat sebuah lowongan pekerjaan, perusahaan akan menuliskan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menempati posisi tersebut. Seorang mahasiswa atau fresh graduate dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk fokus mengembangkan kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan itu. Setiap posisi pekerjaan memiliki fokus dan tanggung jawab masing-masing, sehingga kita juga perlu mengetahui bentuk pekerjaan seperti apa yang sekiranya akan kita kerjakan.

  • Mengikuti Pelatihan atau Sertifikasi

Cara meningkatkan keterampilan kerja juga bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan atau sertifikasi, hal ini digunakan juga untuk memvalidasi bahwa memang seseorang sudah kompeten di bidang tersebut. Ini bisa menjadi nilai tambah khususnya bagi para fresh graduate, karena secara resmi keterampilan mereka sudah diakui. 

  • Mengembangkan pengetahuan 

Mengembangkan pengetahuan juga menjadi cara meningkatkan keterampilan kerja, karena setiap harinya kebutuhan akan kualifikasi dan kompetensi akan selalu meningkat. Hal ini juga disebabkan persaingan yang akan menjadi semakin ketat, untuk itulah setiap orang tidak hanya fresh graduate tetapi para pekerja tetap juga perlu mengembangkan pengetahuan mereka. Semakin banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, maka akan semakin meningkatkan value keterampilan kerja orang tersebut.

  • Update terhadap Isu Terkini

Keterampilan kerja juga bisa dilakukan dengan selalu update terhadap isu terkini atau kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kebutuhan dan keterampilan kerja seperti apa yang paling banyak dibutuhkan di masa depan. Mengetahui hal-hal baru juga menjadi proses beradaptasi dengan lingkungan baru, keterampilan perlu untuk diasah karena manusia juga akan selalu berkembang. 

Nah, itu dia cara meningkatkan keterampilan kerja yang dapat dilakukan terutama bagi kamu para mahasiswa maupun fresh graduate. Keterampilan bukanlah suatu faktor yang bersifat statis, keterampilan justru bersifat dinamis dan perlu diasah.

Setiap orang akan berkembang seiring bertambahnya pengetahuan dan pengalaman yang dilaluinya, untuk itu tidak perlu khawatir untuk merasa tertinggal dibandingkan orang lain. Semoga informasi yang telah dijelaskan diatas dapat membantumu meningkatkan keterampilan kerja dan menggali lebih banyak potensi diri dalam dirimu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again