1. DScovery

Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Saat WFH

Walaupun kerja di rumah bukan berarti tidak bisa berproduktif. Untuk itu kamu perlu tahu cara meningkatkan produktivitas karyawan saat WFH.

Saat ini kerja remote, work from home, atau work from anywhere menjadi pilihan banyak orang karena karena tidak perlu ke kantor setiap hari dan tidak perlu menggunakan seragam bisa membuat kamu leluasa untuk bekerja di mana saja. Namun, lama-lama hal jika kegiatan ini tidak dilakukan dengan benar bisa membuat kamu nggak produktif, loh!

Apalagi dengan adanya gadget, games, atau pekerjaan rumah yang menumpuk bisa membuat pekerjaan kantor terbengkalai, lagi-lagi bukannya produktif yang kamu dapatkan malah harus kejar-kejaran dengan deadline. Nah, gimana sih cara meningkatkan produktivitas diri sendiri?

Daripada kamu bingung mencari cara meningkatkan produktivitas karyawan, yuk, cek ringkasan berikut tentang cara meningkatkan produktivitas karyawan pekerja remote!

Mengapa produktivitas sangat penting?

Meningkatkan produktivitas adalah cara seseorang untuk bisa menghasilkan sesuatu dengan waktu yang efisien. Produktivitas juga menjadi salah satu kriteria yang penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan untuk mencapai kesuksesan sebuah perusahaan, karena karyawan yang produktif tentunya bisa bekerja secara konsisten dan menghasilkan kinerja yang baik bahkan selalu mengalami kenaikan peningkatan.

Selain itu, produktivitas karyawan bisa mempengaruhi perkembangan sebuah perusahaan, karena perusahaan yang berkembang dengan baik biasanya memiliki karyawan yang profesional dan memiliki etos kerja yang tinggi. Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan yang bekerja remote? Ini dia tipsnya!

Cara meningkatkan produktivitas karyawan dan diri sendiri saat WFH

Dikutip dari laman Indeed, berikut cara meningkatkan produktivitas karyawan saat WFH:

1. Melakukan rutinitas pagi

Walaupun, bekerja di rumah bukan berarti kamu tidak wajib bangun siang, bangun pagi dan langsung melaksanakan rutinitas pagi seperti saat kamu akan pergi ke kantor ini bisa membuat kamu lebih siap untuk bekerja.

2. Tetapkan tujuan harian

Bingung apa yang harus dikerjakan hari ini? Tidak ada salahnya kamu menentukan tujuan atau capaian kerja harian, hal ini berguna untuk membuat kamu fokus dengan pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

3. Gunakan teknik manajemen waktu

Melakukan manajemen waktu merupakan penting harus kamu lakukan, karena dengan melakukan teknik manajemen waktu kamu bisa memantau berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk melakukan tugas. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi manajemen waktu agar lebih efisien dan praktis.

4. Menentukan ruang kerja

Melakukan pekerjaan di ruangan kerja yang terpisah di rumah bisa membuat kamu memiliki ruangan yang terbatas, dengan begitu kamu bisa bekerja dengan nyaman tanpa gangguan keluarga lainnya.

5. Istirahat di luar rumah

Walaupun bekerja di dalam rumah, jangan lupa untuk mengambil waktu istirahat untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Kamu bisa melakukan istirahat dengan cara keluar rumah selama 30 menit atau 1 jam, dengan begitu kamu bisa memulihkan tenaga dan menyegarkan pikiran, kadang kala ide kreatif juga bisa muncul.

6. Berkontribusi pada setiap rapat virtual

Bekerja di rumah juga bukan berarti kamu tidak berkontribusi saat rapat virtual rutin, dengan cara berkontribusi setiap rapat ini bisa meningkatkan produktivitas, karena dengan begitu kamu akan memberikan masukan dan menerima umpan balik terhadap masukan yang kamu berikan.

7. Menggunakan aplikasi produktif

Cara meningkatkan produktivitas yang terakhir adalah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, kamu bisa mengunduh aplikasi produktivitas yang dapat mengatur tugas-tugas kamu, dengan begitu kamu bisa mengatur waktu dan juga melacak kinerja kamu pada setiap harinya.

Tidak hanya karyawan saja yang harus meningkatkan produktivitasnya, tetapi sebuah perusahaan juga perlu melakukan produktivitas. Apabila sebuah perusahaan atau organisasi memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, hal ini akan berdampak pada karyawannya.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas perusahaan atau cara meningkatkan produktivitas organisasi? Di bawah ini caranya!

Cara meningkatkan produktivitas perusahaan dan organisasi

1. Membangun lingkungan kerja yang baik

Cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang pertama adalah dengan cara membangun lingkungan kerja yang baik, aman, nyaman, serta kondusif bagi karyawannya. Tentunya jangan lupa untuk selalu memfasilitasi kebutuhan kerja yang memadai juga, dengan begitu bisa membuat kinerja karyawan lebih meningkat.

2. Kelola jam kerja dengan efisien

Perusahaan yang memiliki jam kerja efisien bisa meningkatkan efektivitas kerja karyawan, karena apabila karyawan sering lembur juga bisa membuat mereka kelelahan dan tidak produktif.

3. Berikan pelatihan

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan juga bisa dilakukan dengan cara memberikan pelatihan atau training, karena dengan adanya pelatihan ini membuat karyawan memiliki banyak ilmu yang dapat diterapkan pada perusahaan nantinya.

4. Berikan apresiasi atau reward

Cara meningkatkan produktivitas karyawan sekaligus memberikan motivasi adalah dengan cara memberikan reward atau apresiasi ketika mereka sukses mengerjakan tugas dengan baik, dengan begitu karyawan akan merasa dihargai dan membuat mereka menjadi lebih produktif.

5. Lakukan evaluasi dan pengawasan

Cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang terakhir adalah dengan selalu melakukan pengawasan dan evaluasi, hal ini bisa membuat perusahaan selalu update terkait kinerja karyawannya. Sehingga, apabila ada karyawan dirasa memiliki kinerja yang kurang bisa diarahkan atau diberikan evaluasi.

Nah, itu adalah cara meningkatkan produktivitas karyawan saat bekerja di rumah dan juga cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Jadi, produktivitas yang tinggi juga tidak hanya dimiliki oleh karyawan saja, perusahaan wajib memiliki tingkat produktivitas agar bisa mencapai tujuan bersama. Jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again