1. DScovery

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Permanen

Jika kamu sudah merasa ketergantungan dengan Instagram, maka itu tandanya kamu harus istirahat sejenak dari Instagram.

Saat ini, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter maupun TikTok sudah menjadi salah satu bagian dari diri kita. Berbagai aktivitas dapat dilakukan dalam media sosial, mulai dari berinteraksi dengan orang lain, berbagi cerita keseharian, hingga berbisnis dan berbelanja online.

Meski media sosial memberikan banyak manfaat bagi kita, namun ada kalanya kita butuh rehat sejenak dari media sosial. Sebab, keberadaan media sosial dapat membuat seseorang untuk bertindak berlebihan agar terlihat menarik, yang tentunya dapat memberikan dampak yang buruk.

Untuk itu, kali ini DailySocial.id akan memberikan cara menonaktifkan akun media sosial, yakni Instagram untuk sementara dan permanen untuk kamu yang ingin istirahat sejenak dari media sosial. Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Kapan Kita Harus Istirahat Sejenak dari Instagram?

Media sosial memang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita, tapi jika dilakukan secara berlebihan, media sosial juga berdampak negatif. Menurut Royal Society of Public Health (RSPH), media sosial seperti Instagram, Snapchat, Facebook dan Twitter dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental.

Satu-satunya cara untuk mengatasi ketergatungan media sosial adalah dengan melakukan istirahat sejenak. Lalu kapan kita harus melakukannya?

1. Merasa Cemas untuk Selalu Update

Salah satu tanda utama kamu perlu istirahat sejenak dari Instagram adalah saat kamu mulai merasa cemas karena tertinggal informasi atau tren terkini. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, hal tersebut akan memengaruhi hormon-hormon tubuhmu yang menyebabkan perubahan suasana hati, sakit kepala, hingga stres dan depresi.

2. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Instagram adalah tempat untuk memamerkan versi terbaik dari diri seseorang. Hampir setiap orang berlomba-lomba untuk melakukan branding diri agar terlihat lebih baik dari orang lain.

Hal tersebut tentu akan menyebabkan orang-orang mulai membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Padahal, apa yang ada dalam Instagram bukanlah cerminan seratus persen dari kehidupan seseorang.

3. Mengganggu Waktu Tidur dan Produktivitas

Apabila dua hal di atas mulai mengganggu keseharianmu, baik waktu tidur dan produktivitasmu, maka inilah tandanya kamu perlu berhenti sejenak dari Instagram. Jika kamu sudah melakukan upaya awal dengan menyimpan smartphone-mu tapi masih belum cukup, maka cobalah untuk menonaktifkan akun Instagram-mu.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Ada dua cara menonaktifkan akun instagram, yakni secara sementara dan permanen. Menonaktifkan akun Instagram secara sementara memungkinkanmu untuk menggunakannya kembali sewaktu-waktu.

  1. Log in akun Instagram menggunakan browser.
  2. Klik ikon Profil di bagian kanan atas.
  3. Klik opsi Edit Profil.
  4. Pilih opsi Nonaktifkan sementara akun saya atau Temporarily disable my account, lalu klik.
  5. Masukkan alasan kenapa kamu ingin menonaktifkan akun.
  6. Masukkan kata sandi akunmu.
  7. Terakhir, klik Temporarily Disable Account atau Nonaktifkan Akun Sementara.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Permanen

Sebelum menonaktifkan akun Instagram secara permanen, perlu diketahui bahwa opsi ini berarti memungkinkan pihak Instagram untuk menghapus akun beserta seluruh informasi dan data-datamu. Akun Instagram yang dihapus secara permanen juga tidak dapat dikembalikan lagi.

  1. Log in akun Instagram-mu melalui browser.
  2. Setelah log in, buka link berikut ini untuk menghapus akun secara permanen: instagram.com/accounts/remove/permanent.
  3. Masukkan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun secara permanen.
  4. Masukkan kata sandi untuk melakukan konfirmasi.
  5. Terakhir, klik tombol Delete Username untuk menonaktifkan akun secara permanen.

Nah, itulah cara menonaktifkan akun Instagram, baik secara sementara maupun permanen. Jika kamu menonaktifkan akunmu secara sementara, kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan cara melakukan log in kembali ke akun Instagram-mu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again