1. DScovery

9 Cara Mudah Mengatasi USB Device Not Recognized

Mau mindahin data pakai USB, loh kok gak terdeteksi? Begini cara mengatasinya!

Penggunaan laptop/PC pada masa kini hampir dibutuhkan di seluruh bidang.  Tidak hanya untuk mengetik dan berselancar di internet, banyak orang saat ini membutuhkan port USB untuk berbagai kebutuhan transfer data baik dari PC ke perangkat USB atau sebaliknya.

Namun sayangnya saat menggunakan USB di PC terkadang ada kendala salah satunya USB tidak dikenali. Tidak jarang beberapa orang ragu dalam memecahkan masalah flash drive USB yang tidak terbaca di PC. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini?

Karena itulah DailySocial.id siap membantu kamu dengan beberapa langkah yang dapat di ambil berikut ini!

Unplug Power Supply

Cara pertama untuk memperbaiki USB tidak dikenali adalah dengan mencabut power PC. Hal ini berlaku bagi pengguna PC sebagai pengganti laptop. Pada PC, terdapat perangkat kabel power di bagian belakang CPU. Nah, kamu bisa langsung mencabut kabel untuk mematikan komputer.

Setelah mencabut kabel power, tunggu beberapa saat dan biarkan motherboard komputer "beristirahat" beberapa saat ketika dimatikan. Jika perlu beberapa menit, kamu dapat menyambungkan kembali kabel daya dan mencoba menjalankan PC seperti sebelumnya.

Lepas dan Pasang Kembali USB

Ketika pertama kali mengalami USB tidak terdeteksi, coba lepas dulu USB yang sudah terpasang tersebut. Hal ini agar PC/laptop mendeteksi ulang komponen eksternal yang masuk.

Selain itu, bisa jadi port USB sudah mengalami kerusakan baik itu longgar maupun kotor. Jadi dapat diperhatikan terlebih dahulu port mana yang dapat sesuai untuk mendeteksi USB-mu.

Restart PC/Laptop

Langkah lain yang dapat dilakukan ketika USB tidak terdeteksi adalah melakukan restart pada laptop atau PC-mu. Bisa jadi kinerja laptopmu sudah terlalu berat dampai tidak dapat membaca USB.

Jadi kamu dapat mencoba langkah ini lebih dulu dengan merestart laptop/PC untuk me-refresh perangkatmu. Sebelumnya cabut semua USB yang terpasang pada port USB agar kinerja lebih ringan.

Periksa Kondisi USB

Jika sebelumnya langkah yang dipilih difokuskan pada perangkat laptop/PC, kali ini cobalah perhatikan USBmu. Bisa jadi sebmua langkah sudah digunakan ternyata tidak berpengaruh apapun karena yang menjadi masalah memang kondisi USBnya tersebut.

Hal ini bisa dengan mencoba perangkat lain untuk mendeteksi USB yang ingin digunakan tersebut. Ataupun kamu bisa menggunakan USB lain untuk dipasang ke dalam port USB laptop atau PCmu.

Perbarui Device Driver

Jika beberapa langkah yang dijelaskan di atas tidak dapat menyelesaikan masalahmu, kemungkinan driver perangkat PC/laptop tersebut sudah tidak mutakhir. Pasalnya, jika belum melakukan upgrade, driver perangkat USB otomatis mungkin tidak bekerja secara maksimal. Berikut cara mengupgrade driver perangkat di PC:

  1. Klik Start, lalu cari atau ketik devmgmt.msc.
  2. Selanjutnya, buka menu Device Manager dan klik Universal Bus.
  3. Temukan menu Unknown Device.
  4. Akhirnya Anda bisa langsung memilih Update driver dan selesai.

Matikan Power Management pada USB Root Hub

Ada satu cara efektif lainnya untuk mengatasi permasalahan USB Not Recognized yakni dengan memanfaatkan USB Root Hub. Cara ini bisa dicoba jika kamu yakin jika Port USB dalam kondisi yang baik dan tidak rusak, beginilah langkah-langkahnya:

  1. Klik Start dan ketikan Device Manager.
  2. Kemudian, klik Universal Serial Bus Controllers dan langsung pilih USB Root Hub.
  3. Lalu, pilih menu Power Management dan hapuslah tanda checklist pada bagian Allow computer to turn off this device to save power.
  4. Terakhir,  langsung klik OK yang ada pada bagian bawah.

Lakukan Scan for Hardware Change

Langkah lainnya lagi yaitu dengan melakukan scanning untuk perangkat yang ada di PC atau laptop. Cara melakukan pemindaian ini berguna untuk mengetahui hardware mana saja yang mengalami perubahan dan secara otomatis komputer akan melakukan refresh.

Mungkin saja, perangkat hardware port USB di PC Anda mengalami perubahan sehingga diperlukan scanning terlebih dahulu.

  1. Tekan tombol windows + R secara bersamaan pada keyboard.
  2. Kemudian,  ketikan devmmgmt.msc dan langsung klik OK.
  3. Lalu, Anda bisa pilih menu Action dan klik pada fitur Scan for hardware changes.

Uninstall Hidden Devices

Biasanya, pada PC ada saja perangkat USB yang sudah terinstall namun tidak digunakan kembali. Dengan banyaknya USB yang terinstall ini, biasanya akan disebut Hidden Devices karena sudah tidak digunakan dalam waktu lama.

Jika terlalu banyak Hidden Devices, biasanya akan mengalami crash atau error dan akan membuat USB Not Recognized. Maka dari itulah, diperlukan meng-Uninstall Hidden Devices dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Device Manager dan pilihlah menu View.
  2. Kemudian, klik pada Show hidden devices maka secara otomatis semua hidden devices akan dimunculkan.
  3. Setelah itu klik kanan dan klik pada pilihan Uninstall untuk setiap hidden devices.

Uninstall USB Devices

Jika langkah-langkah di atas sudah di tempuh namun tetap saja hasilnya nihil, maka langkah terakhir yang harus ditempuh adalah meng-uninstall USB Devices untuk diinstal ulang. Berikut langkah meng-uninstall USB Devices:

  1. Klik menu Start dan langsung pilih menu Device Manager.
  2. Setelahnya, Anda bisa klik menu Action.
  3. Pada menu Action, ada beberapa pilihan salah satunya Uninstall Device, Anda bisa langsung klik pilihan tersebut.

Selesai, semua perangkat USB sudah terhapus dan diuninstall dari perangkatmu. Jangan lupa untuk melakukan install USB Devices-nya kembali agar kamu bisa memasang USB lagi, ya.

Begitulah beberapa langkah yang bisa dilakukan seandainya perangkat laptop atau PC-mu tiba-tiba tidak dapat membaca USB. Jangan lupa memperhatikan perawatan port USB karena debu yang masuk ternyata dapat merusak komponen loh.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again