1. Entrepreneur

Cara Mudah Mengubah Suara Jadi Teks Tanpa Putus dengan Smartphone Android

Sobat barangkali masih ingat dengan tutorial mengubah suara jadi teks yang Trikinet bahas beberapa wakatu silam. Secara teknis, cara itu sangat bisa dipakai dan cukup mudah. Apalagi Anda tidak harus mengunduh aplikasi ekstra.

Tapi, salah satu kekurangan yang saya juga temukan di cara itu adalah respon mesin yang relatif lamban kemudian ia akan otomatis mati jika tidak ada input suara dalam beberapa detik. Sehingga harus tap layar berulang kali setiap kali ada input suara. Dan itu sangat menyebalkan.

Sampai akhirnya saya menemukan cara lain yang repot sedikit di awal tapi cara kerjanya lebih bisa diandalkan. Yuk kita bahas!

  • Langkah pertama, unduh dan instal aplikasi Voice Notebook di Play Store.
  • Kemudian jalankan aplikasi seperti biasa, lalu ubah dulu bahasa input dengan men-tap kode bahasa di kanan atas (ID-ID).

  • Pilih bahasa yang ingin Anda pergunakan.

  • Sekarang, mulailah mendekat ke sumber suara atau nara sumber atau apapun jenis input yang ingin Anda ubah ke teks, dan tap ikon speaker berwarna hijau di sebelah kanan bawah.

  • Jika sudah, tap tombol pilihan di kanan atas untuk menemukan beberapa langkah lanjutan setelah catatan direkam. Misalnya, menyimpan catatan, mengubah namanya, membuka catatan atau membuat kanvas baru.

  • Tidak cuma itu, di sebelah kiri Anda juga bisa mendapatkan penyesuain lainnya, misalnya mengeskport catatan yang sudah diubah ke teks.

  • Berikutnya, catatan dalam bentuk txt akan disimpan di folder default Document di perangkat Android Anda.

Selanjutnya dokumen yang dieksport atau disimpan bisa dipergunakan sesuai kebutuhan. Sangat mudah, kan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again