Cara Mudah Refresh Laptop dan Komputer agar Tidak Lemot

Kamu dapat mengetahui cara untuk refresh serta kegunaan dan kerugian refresh komputer dan laptop dengan menyimak artikel berikut!

Personal Computer (PC) maupun laptop merupakan salah satu alat utama untuk mengerjakan tugas maupun pekerjaan kita. Kita pun seringkali memerlukan performa laptop yang prima dan cepat untuk menghadapi deadline pekerjaan yang perlu diselesaikan sewaktu-waktu.

Laptop atau komputer kamu seringkali berjalan lambat? Komputer atau laptop yang berjalan lambat biasanya dipengaruhi oleh CPU yang terlalu panas. Beberapa masalah laptop yang lemot dapat diatasi dengan fungsi refresh. Ada beberapa dari kamu yang mungkin belum familier dengan cara me-refresh laptop. 

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk refresh laptop dan komputer kamu agar tidak lemot. Kamu dapat mengetahui cara untuk refresh serta kegunaan dan kerugian refresh komputer dan laptop dengan menyimak artikel berikut!

Cara Refresh Laptop dan Komputer dengan Mouse atau Touchpad

Salah satu cara untuk me-refresh komputer dan laptop adalah dengan mouse atau touchpad. Ketika kamu menggunakan sistem operasi windows 7, 8, dan 10, ini adalah cara untuk refresh laptop dan komputer dengan mudah agar komputer tidak lemot dengan mouse atau touchpad:

  • Pastikan kamu saat ini sedang berada pada halam utama Windows kamu.
  • Tidak perlu untuk membuka aplikasi apapun, kamu hanya perlu klik kanan pada halaman utama atau wallpaper kamu dengan mouse/touchpad
  • Klik pilihan “Refresh” 
Klik refresh agar laptop dan komputer tidak lemot
  • Layar komputer atau laptop kamu akan berkedip sekilas, hal ini menandakan bahwa proses refresh laptop telah selesai.

Cara Refresh Laptop dan Komputer dengan Keyboard

Ilustrasi cara refresh komputer dengan keyboard | Florenz Mendoza Pexels

Selain menggunakan mouse atau touchpad, kamu juga dapat menggunakan keyboard untuk refresh komputer dan laptop kamu.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk me-refresh laptop dan komputer kamu agar tidak lemot menggunakan keyboard adalah dengan menekan F5 pada keyboard kamu! Layar laptop yang kamu gunakan akan berkedip ketika kamu sudah berhasil melakukan refresh.

Walaupun begitu, beberapa tipe laptop perlu untuk menggunakan kombinasi tombol Fn dengan F5 untuk dapat refresh performa mereka. Laptop yang memerlukan kombinasi tersebut biasanya menggunakan F5 sebagai fungsi tombol lain seperti untuk menurunkan tingkat cahaya layar atau untuk mengubah volume perangkat.

Keuntungan yang Didapat dari Refresh Laptop dan Komputer

Ilustrasi Kegunaan refresh komputer dan laptop | Andrew Neel Pexels

Selain memiliki fungsi utama untuk mengatasi laptop atau komputer agar tidak lemot, refresh juga berguna untuk beberapa hal lain, lho. Berikut adalah kegunaan yang dapat kamu peroleh ketika melakukan fungsi refresh pada laptop atau komputer kamu:

  • Memperbaharui dan menampilkan dokumen yang mungkin belum muncul
  • Memberikan solusi atas shortcut yang tidak dapat dibuka
  • Menyesuaikan tampilan ikon desktop yang –mungkin– baru saja diubah tampilannya
  • Memperbaharui icon, berkas, folder, dan shortcut yang tidak tampil pada desktop secara semestinya.

Kerugian yang dapat dialami Ketika Refresh Laptop dan Komputer

Penggunaan fungsi refresh secara berlebihan ternyata juga ternyata dapat memunculkan beberapa kerugian lho terhadap laptop atau komputer kamu. Berikut adalah beberapa hal negatif yang dapat kamu temui ketika telah melakukan refresh terlalu sering:

  • Dapat membuat lag dan freeze pada laptop atau komputer
  • Mampu membebani performa CPU komputer apabila dilakukan terlalu sering
  • Refresh komputer seringkali dapat memecahkan masalah laptop yang lemot. Akan tetapi ketika terlalu sering dilakukan, ternyata kegiatan me-refresh komputer ini mampu membuat kinerja laptop semakin tinggi. Karena kinerja perangkat yang tinggi, laptop akan menjadi lebih cepat panas. Oleh karena itu, lakukan refresh yang secukupnya saja ya!

Nah, itu tadi adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk refresh laptop maupun komputer kamu. Refresh laptop biasanya dilakukan agar komputer tidak terasa berat, namun terlalu sering melakukan refresh ternyata juga bisa membebani kinerja komputer.

Apakah informasi ini membantu kamu? Semoga perangkat kamu tidak mengalami lemot kembali setelah di-refresh ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again