21 February 2014

by Bambang Winarso

Cara Online Lebih dari Satu Akun Yahoo Messenger Menggunakan Pidgin

Yahoo Messenger bisa dibilang salah satu aplikasi obrolan paling tua dan paling banyak digunakan oleh pemilik toko online.

Trenogoers mungkin ada yang bertanya-tanya, berapa komputer yang dibutuhkan pemilik toko sehingga bisa menyediakan support YM hingga 3 bahkan 5. Tapi sejatinya dengan aplikasi bernama Pidgin, cukup dengan 1 komputer pun Anda bisa online di 5 akun YM sekaligus.

Jangan terkejut, apa yang baru saja saya katakan benar adanya. Tanpa trik yang beresiko Anda bisa online di 5 atau bahkan lebih akun Yahoo Messenger cukup dengan satu komputer. Dan yang paling penting, Anda tak harus membeli komputer baru hanya untuk menyediakan support ke situs Anda.

Tanpa panjang lebar, ayo kita langsung coba cara menggunakan aplikasi Pidgin.

Info Menarik: Cara Membuat QR Code di Firefox dan Chrome

 

  • Selanjutnya instal ke komputer atau notebook Anda, untuk proses instalasi saya rasa tidak perlu dijabarkan lagi karena Anda pastinya sudah paham caranya. Setelah terpasang jalankan Pidgin dan seperti ini tampilannya.

  • Tambahkan akun dengan mengklik Account - Manage Account.

  • Di jendela ini klik tombol Add.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com

  • Tepat di menu tab Basic silahkan pilih Protocol: Yahoo, kemudian isi Username dengan nama pengguna Yahoo Anda dan kata sandi di kotak yang sesuai. Terakhir klik tombol Add.

  • Setelah selesai, lakukan kembali langkah di atas sehingga jumlah akun yang Anda inginkan terpenuhi. Untuk mengatur akun YM, Anda dapat mengklik Account dan nantinya akun-akun yang sudah ditambahkan akan tampil di panel ini.

Aplikasi ini sangat berguna untuk pelaku internet marketing, bahkan saya yang bukan seorang penjual juga menggunakan aplikasi ini. Asiknya, walau menampung banyak akun, Pidgin tetap mampu bekerja sebaik aplikasi asli bawaan Yahoo Messenger. Fitur di dalamnya pun lebih kurang sama dan tergolong mudah digunakan.

Silahkan dicoba dan jika ada kendala, jangan sungkan untuk bertanya.

Sumber gambar header Yahoo.