1. Entrepreneur

Cara Pasang Chat WhatsApp di Toko Online - UMKM Go Digital Series Bagian VIII

Pelayanan menjadi faktor sangat penting dalam mengelola toko online. Sudah menjadi nature-nya orang Indonesia, belum puas kalau belum bertanya langsung ke yang punya produk.

Penambahan fitur layanan chat memberikan kenyamanan kepada pengguna untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin. Sehingga potensi calon konsumen untuk melakukan pembelian semakin terbuka lebar.

Sebelum kita lanjut ke step by step panduannya, perlu saya ingatkan kembali bahwa artikel ini adalah seri ketujuh dari rangkaian panduan UMKM Go Digital. Jadi, untuk memperoleh pemahaman yang utuh, Anda perlu membaca seri-seri yang lain di tautan ini.

  • Step pertama, login ke backend toko online Anda, kemudian klik menu Plugin - Tambah baru.
  • Gunakan kata kunci click to chat untuk menemukan plugin Click to Chat App. Jika sudah ketemu, instal plugin ke web Anda.

  • Setelah terpasang dan aktif, sekarang Anda akan menemukan menu baru di cms bernama Social Chat.
  • Klik sub-menu Social chat - welcome.
  • Selanjutnya, Anda akan menjumpai beberapa menu utama, mulai Welcome, Button, Display hingga Suggestions. Pertama, klik menu Button terlebih dahulu. Lalu, pilih layout, box, bentuk dan juga posisi tombol chatnya. Tidak ada aturan baku, silahkan dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

  • Setelah itu, geser ke menu Display. Sama, Anda boleh memilih opsi-opsi yang tersedia.

  • Lanjut ke menu Woocommerce. Sekarang, isi nomor ponsel dan pesan default yang nantinya akan dikirimkan ke customer service Anda.

  • Simpan perubahan, sekarang di bagian bawah atau di posisi yang Anda pilih, akan muncul tombol chat ke WhatsApp seperti ini. Silahkan dicoba untuk memastikan semua berjalan dengan baik.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again