Cara Pengembalian Barang di Shopee yang Aman dan Efisien
Kini banyak orang yang merasa lebih nyaman berbelanja secara online melalui marketplace. Misalnya berbelanja di Shopee yang sedang populer saat ini. Namun pernahkah Anda menerima barang yang ternyata tidak sesuai dengan produk yang Anda pesan.
Atau misalnya produk yang dipesan ternyata rusak. Sehingga Anda ingin mengembalikannya. Itulah sebabnya Anda harus paham cara pengembalian barang di Shopee.
Penyebab barang rusak atau tidak sesuai dengan pemesanan bisa apa saja. Misalnya saja terjadi kerusakan di perjalanan ketika sedang dikirim dan sebagainya. Tapi bagaimana cara mengembalikan barang tersebut? Simak artikel berikut.
Alasan Barang Pesanan Diretur
Ketika Anda berbelanja di sebuah marketplace biasanya akan ada sistem refund atau pengembalian. Baik refund yang berupa dana ataupun produk. Sama halnya dengan jika Anda berbelanja di Shopee kemudian ingin melakukan pengembalian barang atau meretur barang.
Dalam hal ini tentu ada cara pengembalian barang di Shopee dengan mudah, cepat dan aman. Namun pengembalian barang ini harus dengan alasan yang kuat. Misalnya karena pihak penjual yang salah mengirim produk, penjual yang kewalahan dengan banyaknya pesanan sehingga banyak kesalahan pengiriman, produknya cacat dan tak bisa dilakukan quality check, atau rusak saat proses pengiriman terjadi.
Syarat Mengembalikan Barang di Shopee
Sebelum melakukan pengembalian barang, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda ketahui seperti berikut ini:
- Produk/barang yang dikembalikan hanya untuk yang rusak, cacat, atau salah produk.
- Pengajuan pengembalian ini harus menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual.
- Penjual memiliki hak untuk menolak pengajuan pengembalian barang.
- Harus ada bukti berupa foto produk dan diunggah ke Shopee.
- Pengembalian produk juga masih bisa dilakukan jika Anda belum mengklik Pesanan Diterima.
- Pengembalian barang belum melewati batas waktu garansi yang ditentukan oleh Shopee.
- Dana akan kembali lagi pada Anda setelah pengembalian barang dilakukan.
- Dana yang dikembalikan akan masuk ke Shopee Pay, atau disesuaikan pada metode pembayaran yang dilakukan di awal.
Cara Pengembalian Barang di Shopee
Setelah mematuhi syarat dan ketentuan pengembalian barang di Shopee yang berlaku saat ini, maka Anda bisa melakukan pengembalian barang dengan cara-cara berikut ini:
- Pertama-tama buka akun Shopee Anda.
- Kemudian klik tulisan Saya yang letaknya berada di pojok kanan bawah lalu pilih Pesanan Saya.
- Setelah itu klik Pesanan yang Ingin Dikembalikan.
- Lalu pilih juga Dikirim yang ada pada Halaman Saya. Arahkan pada halaman berikutnya yaitu Rincian Pesanan.
- Klik Ajukan Pengembalian yang posisinya ada di bawah.
- Selanjutnya berikan alasan pengembalian. Berikan penjelasan yang logis dan sesuai dengan yang sebenarnya. Lalu, tap Kirimkan.
Dalam pengembalian barang ini Anda juga harus mencantumkan alasan mengapa barang atau produk yang dibeli harus dikembalikan. Alasannya pun harus lengkap dan relevan, misalnya:
- Tidak menerima pesanan.
- Produk yang dipesan berbeda dengan yang ada di foto.
- Produk yang sudah diterima tidak lengkap.
- Produk yang telah diterima tak berfungsi sebagaimana mestinya.
- Produk cacat.
Jika alasannya sudah dipilih dan Anda memilih yang paling relevan, maka langkah berikutnya adalah mengunggah foto produk sebagai bukti. Sebaiknya unggah foto ketika Anda baru menerima barangnya. Bisa tambahkan juga beberapa informasi pada kolom Keterangan, dengan mencantumkan juga alamat email Anda dan klik Kirimkan.
Sign up for our
newsletter